Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Penyebab Tanaman Anggrek Tidak Berbunga

Baca di App
Lihat Foto
PIXABAY/HANS BRAXMEIER
Ilustrasi bunga anggrek Cymbidium.
|
Editor: Muhamad Syahrial

KOMPAS.com - Anggrek masih menjadi salah satu tanaman bunga favorit bagi para pecinta tanaman hias. Warna dan bentuk bunganya yang cantik mampu memesona siapapun yang melihatnya.

Meski begitu, tak semua orang bisa merawat tanaman ini dengan baik. Perawatan yang salah dapat membuat anggrek tidak berbunga.

Dilansir dari The Spruce melalui KOMPAS.com, berikut ini 7 penyebab anggrek tidak berbunga:

1. Anggrek jarang disiram

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggrek dapat tidak berbunga jika jarang disiram atau kekurangan air. Jika tanaman anggrek terlalu kering, daun akan menarik air dari kuncup yang sedang tumbuh sebagai upaya bertahan hidup.

2. Anggrek terlalu banyak disiram

Anggrek tidak berbunga bisa karena terlalu banyak disiram. Selain itu, bunga anggrek yang akan mekar pun dapat gagal berbunga jika menerima terlalu banyak air.

Baca juga: Jadi Obat Tradisional, Ini Khasiat Bunga Telang untuk Kesehatan

Siram anggrek saat media tanamnya mulai mengering. Jangan biarkan akarnya terlalu basah atau terlalu lama terendam air. Sesuaikan jadwal penyiraman dengan media tanam, ukuran pot, dan lingkungan tanaman.

Tanda lain yang menunjukkan anggrek terlalu sedikit atau banyak menerima air adalah daunnya berubah menjadi keriput.

3. Perhatikan akar anggrek

Saat pot mulai rusak, akar anggrek bisa mati karena kekurangan oksigen. Akan tetapi, beberapa jenis anggrek tidak suka bila akarnya terganggu, sehingga tidak berbunga selama enam bulan hingga satu tahun setelah penggantian pot.

Oleh sebab itu, perhatikan akar anggrek ketimbang daunnya. Jika akarnya berwarna kecokelatan atau kepadatan media tanamnya menyerupai tanah kebun, itu berarti saatnya mengganti pot.

Selain itu, jika terdapat satu atau dua akar anggrek yang merambat ke tepi pot, itu juga tanda untuk mengganti pot atau membagi tanaman anggrek ke dalam beberapa pot untuk mempertahankan kekuatan mekarnya.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Soal Bunga Mawar

4. Anggrek membutuhkan pemupukan yang tepat

Anggrek memang termasuk tanaman yang tidak membutuhkan banyak nutrisi atau pupuk. Akan tetapi, anggrek yang hidup dalam campuran media tanam anorganik yang steril mungkin perlu tambahan nutrisi agar tumbuh dengan baik.

Gunakan pupuk yang tepat untuk membuat anggrek berbunga lebat. Jenis pupuk terbaik untuk anggrek adalah pupuk bebas urea yang mengandung nitrogen.

5. Anggrek membutuhkan suhu bervariasi

Anggrek adalah tanaman tropis sehingga lebih menyukai suhu hangat. Anggrek perlu mengalami perbedaan suhu untuk memicu bunganya mekar.

Tempatkan anggrek di tempat dengan suhu 10 derajat lebih dingin pada malam hari dibandingkan suhu siang hari selama dua minggu saat menjelang bunga mekar.

6. Anggrek kelebihan cahaya

Selain kekurangan cahaya, anggrek tidak berbunga juga dapat terjadi akibat kelebihan cahaya. Selain itu, anggrek yang diletakkan di bawah paparan sinar matahari langsung dapat membuat daunnya terbakar.

Baca juga: 5 Kesalahan dalam Menanam Mawar, Membuat Bunga Gagal Mekar

Jika menggunakan lampu untuk anggrek yang diletakkan di dalam ruangan, gunakan pengatur waktu untuk membatasi paparan cahaya yang diterima oleh tanaman.

7. Anggrek kekurangan cahaya

Penyebab tanaman anggrek tidak berbunga yang pertama adalah kekurangan cahaya. Varietas anggrek populer seperti cattleya, dendrobium, dan cymbidium tumbuh dengan baik dengan kondisi cahaya terang namun tidak langsung.

Jika anggrek tidak diletakkan di luar ruangan, pertimbangkan intensitas cahaya untuk anggrek agar tetap dapat berbunga.

(Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Sumber: KOMPAS.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi