Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Pupuk NPK dan Kandungannya

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/SOORACHET KHEAWHOM
Ilustrasi memberi pupuk NPK pada tanaman.
|
Editor: Maulana Ramadhan

KOMPAS.com - Pupuk NPK adalah salah satu jenis pupuk yang cukup familiar dan banyak digunakan oleh masyarakat, utamanya untuk tanaman hias.

Pupuk NPK mengandung beberapa jenis unsur hara makro dan mikro. NPK sendiri merupakan singkatan di mana pupuk tersebut memiliki kandungan unsur hara Nitrogen (N), Phosphat (P) dan Kalium (K), sehingga digabungkan menjadi NPK.

Ketiga unsur tersebut membuat pupuk NPK bisa mengoptimalkan. Penjelasannya yakni, unsur nitrogen membantu pertumbuhan vegetatif, terutama daun.

Baca juga: Ketahui, Jenis-jenis Pupuk NPK dan Kandungannya

Sementara itu, unsur fosfor pada pupuk NPK membantu pertumbuhan akar dan tunas tanaman. Lalu kalium bisa membantu pembungaan dan pembuahan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umumnya, pupuk NPK setidaknya memiliki 5 unsur hara yang terdiri dari 3 unsur hara makro yaitu N, P, dan K serta 2 unsur hara mikro.

Saat ini Pupuk NPK memiliki beberapa jenis dari beberapa merek yang beredar di pasaran. Dilansir dari berita Kompas.com (26/1/2021), berikut ini beberapa jenis pupuk NPK yang beserta kandungannya yang banyak ditemukan di pasaran.

Pupuk ini memiliki bentuk butiran granul berwarna biru pudar yang biasanya dikemas dalam kemasan plastik.

Pupuk NPK Mutiara mengandung 5 unsur hara yakni 16 persen nitrogen, 16 persen P2 o5 atau fosfat, 16 persen K2O atau kalium, 0,5 persen MgO atau magnesium dan 6 persen CaO atau kalsium.

Bisa dibilang pupuk NPK Mutiara 16-16-16 adalah pupuk yang paling sering ditemukan di kalangan pengoleksi tanaman hias. Pupuk ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman dengan cepat.

Dikutip dari Pak Tani Digital, pupuk NPK ini merupakan produk dari Rusia yang berkualitas tinggi yang berguna meningkatkan pertumbuhan tunas, menghijaukan daun, serta hasil panen meningkat.

Pupuk ini mengandung unsur hara diantaranya adalah nitrogen sebanyak 16 persen dari Nitrat Nitrogen sebanyak 6,4 persen dan Amonium Nitrogen sebanyak 9,6 persen.

Kemudian ada kandungan phospate, sebanyak 16 persen, potassium Oxide sebanyak 16 persen, Calcium Oxide 5 persen, Magnesium Oxide 1 persen.

Seperti halnya pupuk NPK Mutiara 16-16-16, pupuk ini juga cukup banyak digunakan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Pupuk Aglonema agar Subur dan Daunnya Lebat

Pupuk yang satu ini adalah pupuk majemuk yang memiliki banyak variasi berdasarkan permintaan serta kebutuhan tanaman.

NPK Pelangi merupakan salah satu produk pupuk majemuk NPK dari Pupuk Kaltim. NPK Pelangi 16-16-16 diprioritaskan untuk segmen tanaman hortikultura, namun bisa juga diaplikasikan untuk semua jenis tanaman.

  • Pupuk NPK Phonska 15-15-15

Pupuk NPK Phonska memiliki harga yang lebih terjangkau dari jenis pupuk lainnya. Hal itu karena pupuk merek ini merupakan salah satu pupuk yang disubsidi oleh pemerintah.

Namun NPK Phonska tidak dijual bebas dan didistribusikan secara tertutup, sehingga hanya dijual ke petani yang tergabung dalam kelompok tani yang telah terdaftar.

Komposisi kandungan hara pupuk NPK Phonska antara lain nitrogen 15 persen, fosfat 15 persen, kalium 15 persen dan sulfur 10 persen.

NPK Phonska 15-15-15 berbentuk butiran atau granul berwarna merah jambu atau merah bata serta berukuran 1-4 milimeter yang bersifat higroskopis atau mudah larut, sehingga mudah diserap oleh akar tanaman.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Alami untuk Anggrek

  • Pupuk NPK Phonska Plus 15-15-15

Meskipun memiliki namanya mirip, pupuk NPK Phonska Plus berbeda dengan pupuk NPK sebelumnya. Pupuk ini berbentu butiran granul berwarna putih yang dapat larut dengan mudah di dalam air.

  • Pupuk NPK 30-6-8

Pupuk NPK yang satu ini merupakan salah satu produk pupuk majemuk NPK dari Pupuk Kujang dengan kandungan unsur hara nitrogen 30 persen, fosfat 6 persen dan kalium 8 persen.

(Sumber:Kompas.com/Abdul Haris Maulana | Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi