Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKN Jadwalkan Ulang SKD CPNS akibat Gangguan Internet Telkom Indihome

Baca di App
Lihat Foto
dok Pemkab Landak
Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Landak, Kalimantan Barat (Kalbar) ditunda.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Gangguan jaringan internet Indihome dan Telkomsel berdampak pada pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di sejumlah titik lokasi ujian.

Karena gangguan internet tersebut, pelaksanaan tes SKD CPNS harus dijadwalkan ulang.

Seperti diketahui, jaringan internet Indihome dan Telkomsel mengalami gangguan mulai Minggu (19/9/2021) hingga Senin (20/9/2021) sebelum akhirnya berangsur normal.

Baca juga: 5 Fakta Indihome dan Telkomsel Gangguan: Penyebab hingga Dampaknya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

42 tilok terkendala

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama mengatakan, BKN akan menjadwalkan ulang pelaksanaan SKD tanggal 20-21 September 2021.

Satya mengatakan, gangguan jaringan internet Indihome dan Telkomsel serta ISP Telkom Group secara keseluruhan, telah menyebabkan pelaksanaan SKD CPNS di sejumlah titik lokasi (tilok) mengalami kendala.

"Yang terkendala 42 Tilok. Beberapa sudah teratasi kemarin," kata Satya saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (21/9/2021).

Dijadwalkan ulang

Melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Satya mengatakan, salah satu Tilok yang mengalami kendala dan harus melakukan penjadwalan ulang adalah Tilok Mandiri BKN Balikpapan untuk Kejaksaan Agung dan Kementerian Pertanian.

Ia menyebutkan, kedua instansi tersebut dapat mempublikasikan kembali jadwal ulang sesuai waktu yang diberikan BKN.

"Sementara itu, bagi Tilok Mandiri Instansi Daerah dapat segera bersurat ke BKN agar dilakukan penjadwalan ulang setelah berkoordinasi dengan Kepala Kantor Regional BKN setempat," ujar Satya.

Baca juga: Ada Keluhan Jaringan Bermasalah Saat SKD CPNS 2021, Begini Kata BKN

 

Langkah antisipasi

Satya mengatakan, untuk mengantisipasi gangguan serupa, panitia instansi di Tilok Mandiri Instansi diharapkan dapat menyiapkan provider internet lain.

Provider internet tersebut dapat digunakan sewaktu-waktu jika provider utama mengalami gangguan.

Ia menyebutkan, antisipasi ini sudah diimplementasikan di sejumlah Tilok Mandiri BKN yang tersebar di 13 kota.

"BKN juga akan terus melakukan monitoring dan koordinasi terkait progres pemulihan jaringan yang dilakukan pihak PT Telkom Group," kata Satya.

Baca juga: Aturan Terbaru Masuk Bioskop di Daerah PPKM Level 3 dan 2

Gangguan internet bikin peserta stres

Dampak gangguan jaringan internet Indihome dan Telkomsel membuat sejumlah peserta SKD CPNS di berbagai daerah stres dan tertekan.

Diberitakan Kompas.com, Selasa (21/9/2021) salah satu pelaksanaan SKD CPNS yang terdampak gangguan internet Telkom Group adalah di di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Senin (20/9/2021).

Beberapa peserta di lokasi ujian itu mengungkapkan jika gangguan internet membuat durasi untuk mengerjakan soal terbuang, karena koneksi internet yang lambat.

"Kesal gara-gara jaringannya bermasalah. Seharusnya 100 soal tuh terisi semua," ujar Lestari (23) peserta SKD CPNS yang berharap lolos dan diterima di bagian perawat.

Ia mengatakan, saat mulai mengerjakan soal SKD, tiba-tiba server down atau jaringan pada server putus. Ia harus bersusah payah untuk login berkali-kali.

"Jadi setiap satu soal loading dulu lama, terus keluar lagi, loading lagi lama. Jadi enggak fokus gara-gara (gangguan jaringan) itu tadi," kata Lestari.

Akibat gangguan itu, Lestari merasa kesal sebab jatah waktu mengerjakan soal SKD CPNS menjadi berkurang, karena durasi terus berjalan.

"Kita disuruh tekan F5 kalau loading-nya lama. Jadi itu mengganggu konsentrasi," ujar Lestari. 

Baca juga: Cara Mencairkan BLT UMKM di Bank Tanpa Antre

 

Sementara itu, Derajat, seorang peserta lainnya juga mengaku merasakan kendala yang sama saat mengikuti ujian SKD CPNS 2021 di Kabupaten Bogor.

"Kendalanya jaringan eror, nge-lag terus. Makanya setiap milih jawaban itu enggak bisa langsung ke soal selanjutnya," kata Derajat.

Hambatan dalam tes seleksi CPNS tahun ini membuat Derajat stres karena dikejar waktu. Walau demikian, ia bersyukur soal-soal ujian SKD terisi semua.

"Stresnya meningkat karena gangguan jaringan ini, apalagi kita dikejar waktunya juga kan. Jadi ya gimana lagi. Cara mengatasi ya sabar sajalah, yang penting terisi semua soal ujiannya," kata Derajat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi