Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cepat Melunakkan Mentega Beku

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Untuk mendapatkan adonan roti terbaik, Anda harus melembutkan dulu mentega beku hingga bersuhu ruang.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Mentega adalah bahan utama pembuatan roti atau kue. Agar awet, mentega sering disimpan di dalam lemari pendingin sehingga teksturnya menjadi keras karena beku.

Untuk diolah menjadi aneka kudapan, atau digunakan menjadi olesan roti, mentega harus dalam kondisi suhu ruang sehingga memiliki tekstur yang lembut dan mudah diiris.

Nah, ketika mentega masih dalam kondisi beku dan Anda mengidamkan kudapan tersaji dalam waktu cepat, maka Anda harus melunakkan atau melembutkan mentega dengan langkah-langkah tertentu.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan antara Mentega dan Margarin

Mengapa mentega harus dalam suhu ruang

Kebanyakan kue dan roti membutuhkan adonan yang ringan dan creamy, sehingga nantinya tersaji kue yang bertekstur lembut.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk memperoleh adonan ini, Anda harus mencampur lemak dan gula dan mengaduknya hingga tercampur rata menjadi adonan yang mengikat udara. Ketika adonan mengikat udara maka adonan bisa bertekstur ringan, lembut dan mengembang.

Dilansir dari Washington Post, ketika Anda menggunakan mentega yang beku dan keras, maka adonan tak bisa mengikat gelembung udara. 

Akibatnya, adonan akan terbentuk padat, tidak ringan dan mengembang sempurna. Hal ini akan membuat properti pengembang adonan seperti baking soda tak bisa bekerja maksimal.

Karena baking soda hanya akan memproses gelembung udara yang sudah ada di adonan awal, dan tak bisa membuat gelembung udara sendiri.

Menurut Stella Parks, penulis buku resep ternama, suhu mentega harus dalam suhu ruang. Jika terlalu panas pun, mentega juga tak bisa maksimal mengikat gelembung udara.

Baca juga: Cara Simpan Mentega Sesuai Kegunaannya

Cara melunakkan mentega beku

Untuk melunakkan mentega beku, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Meletakkannya dalam suhu ruang

Yang pertama, Anda bisa mengeluarkan mentega dari kulkas dan meletakkannya di meja dapur.

Cara termudah ini bisa Anda pilih jika Anda memiliki banyak waktu untuk menyiapkan sajian.

Karena dengan cara alami ini, mentega butuh waktu bermenit-menit untuk bisa mencapai suhu ruang dan kembali bertekstur lunak.

Jika Anda ingin mempercepat waktunya, Anda bisa meletakkan mentega di dekat benda-benda bersuhu panas, seperti di dekat oven atau di atas lemari pendingin.

2. Masukkan microwave

Untuk melembutkan mentega secara cepat, Anda juga bisa memasukkannya ke dalam microwave.

Masukkan mentega yang masih di dalam kemasannya ke dalam microwave, panaskan selama 10 detik, kemudian balik posisi mentega dan panaskan kembali selama 7 detik.

Gunakan pula suhu yang paling rendah, agar mentega tak menjadi terlalu lunak atau malah mencair.

Baca juga: Agar Awet Lama, Ini Cara Tepat Menyimpan Roti

3. Potong atau iris dalam ukuran kecil

Dicukil dari The Kitchn, Anda juga bisa mempercepat proses melunakkan mentega dengan cara memotongnya dalam irisan-irisan kecil.

Karena mentega yang masih dalam bentuk kotak yang tebal akan membutuhkan waktu sangat lama untuk bisa kembali lunak dalam suhu ruang. Bagian dalam mentega akan tetap membeku meski bagian luar mentega sudah lunak.

Ketika Anda sudah memotongnya kecil-kecil, Anda bisa meletakkannya di dekat sumber panas seperti kompor atau microwave.

Atau, potong kecil mentega, masukkan ke dalam plastik ziplock, dan pipihkan dengan gilingan kayu. Dalam kondisi tipis dan pipih, mentega akan cepat melunak dan kembali bersuhu normal.

4. Dinginkan dengan air panas

Didihkan air, letakkan di mangkuk metal. Kemudian ambil mangkuk yang berukuran lebih kecil, letakkan di atas mangkuk yang berisi air panas.

Letakkan mentega di mangkuk teratas, biarkan mentega terkena suhu panas dari air yang ada di bawahnya.

Keempat cara di atas bisa Anda gunakan untuk melembutkan mentega beku. Hati-hati dalam pengaturan waktunya, agar mentega tak menjadi leleh apalagi cair sehingga tak bisa digunakan mengikat udara dalam adonan roti.  

Baca juga: Cara Simpan Mentega Sesuai Kegunaannya

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi