Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membasmi Semut yang Bersarang di Dalam Mobil

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/Jacob Spence
Remahan makanan bisa mengundang semut masuk ke dalam mobil.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Semut yang terperangkap di dalam mobil kemudian membuat sarang di sana adalah bencana.

Bayangkan Anda tengah berkendara, dan kawanan semut merambati kabin mobil kemudian kaki juga kedua tangan Anda.

Semut bisa masuk ke dalam mobil lewat berbagai cara. Bisa jadi, mobil Anda terparkir di bawah pohon yang menjadi sarang semut. Kemudian beberapa semut masuk melalui lubang kecil yang menuju kabin mobil.

Atau, ada makanan-makanan manis yang tersimpan atau tercecer di dalam mobil. Makanan-makanan penuh zat gula ini adalah pemikat semut pekerja untuk datang dan menyerbu mencari sumber makanan untuk kawanannya.

Begitu semut mendapat sumber makanan, semut akan meninggalkan jejak yang akan diikuti oleh semut pekerja lainnya. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Jangan Diletakkan Dekat Jendela, Tanaman Ini Mengundang Semut

Kerugian akibat semut

Kecuali semut api yang bisa menggigit, semut biasa yang lazim didapatkan di dapur menyerbu gula dan makanan memang tak menimbulkan bahaya. Ia tak menggigit dan meninggalkan iritasi pada kulit.

Meski begitu, kawanan semut yang menyerbu mobil dan membuat sarang bisa merusak instalasi di dalam kabin mobil.

Ketika membuat sarang, semut bisa melubangi karpet mobil atau dinding kabin yang terbuat dari kayu dan lapisan kulit, juga merusak kabel.

Jadi jika Anda melihat satu dua ekor semut di dalam mobil, Anda harus segera membersihkan mobil agar kabin dan mesin mobil tak dijadikan sarang semut.

Baca juga: Cara Ampuh Mengusir Semut dengan Bahan Alami

Cara membasmi semut

Untuk membasmi semut di dalam mobil, Anda harus teliti dan hati-hati. Berikut ini langkah yang harus Anda lakukan, dilansir dari berbagai sumber:

1. Bersihkan kabin dari remah makanan

Dicukil dari The Sunday Times Driving, untuk membasmi semut dan membuat semut tak lagi masuk ke dalam mobil, Anda harus membersihkan kabin mobil dari sisa-sisa makanan dan minuman yang mengandung gula.

Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan remah-remah makanan. Gunakan lap yang sudah dibasahi air untuk mengelap jok mobil yang terkena tetesan jus dan segala minuman manis.

Anda bisa pula membersihkan jok dan dinding kabin dengan air yang dicampur cairan pembersih beraroma menyengat, bisa aroma mint atau lemon. Semut membenci aroma-aroma ini.

Baca juga: Agar Tetap Higienis, Ini Cara Membersihkan Kulkas dari Semut

2. Semprot dengan cairan pembersih

Setelah karpet dan jok bersih dari remah makanan, semprot kolong tempat duduk, bagasi, juga ruang mesin dengan pembersih atau parfum yang beraroma kuat.

Aroma ini akan menutup feromon, jejak aroma yang ditinggalkan oleh para semut pekerja. Ketika feromon hilang, maka kawanan semut akan kehilangan peta kembali ke dalam mobil.

Cairan pembersih ini bisa Anda buat sendiri dengan bahan-bahan alami. Yang pertama, adalah larutan dari air sabun dan garam. Campurkan 3 sendok makan sabun pencuci piring, dua gelas air dan tiga sendok makan garam.

Campuran kedua, adalah larutan yang mengandung minyak esensial jeruk atau orange. Cara membuatnya, larutkan sabun pencuci piring dan beberapa tetes minyak esensial ke dalam dua gelas air.

Minyak esensial beraroma orange ini efektif membunuh semut. Aroma kuatnya bisa merusak saluran pernapasan semut.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Mengusir Bau Rokok dari Dalam Mobil

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi