Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indihome Ganggguan, Ini 2 Kompensasi yang Dijanjikan ke Pelanggan

Baca di App
Lihat Foto
Doc. Telkom Indonesia
Ilustrasi Indihome: Cara daftar Indihome, cara bayar Indihome dan call center Indihome
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Pihak PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) akan memberikan kompensasi kepada pelanggan IndiHome yang terdampak gangguan jaringan internet. 

Terkait kompensasi gangguan Indihome, Telkom akan memberikan pengunduran batas pembayaran hingga 25 September 2021 dan kebijakan bebas denda.

Sebelumnya internet Indihome mengalami gangguan sejak dilaporkan Minggu (19/9/2021) petang.

Gangguan internet mulai dikeluhkan sejak Minggu (19/9/2021) sekitar pukul 17.33 WIB, dan dilaporkan berlanjut hingga Senin (20/9/2021) pagi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari pantauan Kompas.com di situs downdetector, sejumlah warganet masih melaporkan adanya gangguan pada jaringan internetnya. 

Baca juga: 5 Fakta Indihome dan Telkomsel Gangguan: Penyebab hingga Dampaknya

Penyebab gangguan

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza mengungkapkan penyebab gangguan jaringan Indihome dan Telkomsel pada 19 September 2021 adalah gangguan sistem komunikasi kabel laut Jasuka (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak pada 19 September 2021 mulai sekitar pukul 17.33 WIB.

Gangguan tersebut berdampak pada penurunan kualitas layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia.

“Mohon maaf atas kejadian ini. Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini,” kata dia.

Secara resmi, Indihome telah menyampaikan penjelasan mengenai gangguan yang terjadi melalui sejumlah akun media sosialnya, termasuk Twitter @indihomecare.

“Pelanggan Yth. Sehubungan dengan adanya gangguan pada jaringan Kami, saat ini Kami tengah melakukan perbaikan agar layanan IndiHome bisa beroperasi dengan normal kembali,” tulis akun tersebut dalam sebuah unggahannya, Senin (20/9/2021).

Baca juga: Viral, Video Ikan Hiu Gigit Kabel Bawah Laut Sebabkan Indihome dan Telkomsel Gangguan, Benarkah?

 

Wilayah yang melaporan gangguan

Adapun wilayah yang merasakan gangguan meliputi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Pemilik akun Felix Arta menyebutkan di situs downdetector bahwa dirinya tidak dapat login steam dan game online. 

"Ga bisa login steam atau game online tp sosmed yt lancar," kata dia yang juga dibalas akun Despi Najiba. 

Sementara akun Agsa gaming berharap Indihome memberikan kompensasi dari gangguan jaringan internet yang terjadi. 

"Seharus nya pihak telkom group( indihone ) memberikan gratis tagihan pada bulan ini. Karna jaringan nya down. Soal nya kasihan kepada yg udah bayar tapi malah jaringan nya down," ujar dia. 

Baca juga: BKN Jadwalkan Ulang SKD CPNS akibat Gangguan Internet Telkom Indihome

Kompensasi ke pelanggan

Dikutip dari Kompas.com (23/9/2021), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mengaku akan memberikan kompensasi kepada pelanggan IndiHome yang terdampak gangguan.

Vice President Marketing Management Telkom E. Kurniawan mengatakan, pada prinsipnya Telkom akan memberi kompensasi sebagaimana tertuang dalam kontrak saat awal berlangganan sesuai dengan segmen pelanggan IndiHome.

"Bagi pelanggan IndiHome yang terdampak, tentu kami akan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan pada kontrak berlangganan masing-masing pelanggan," ujar Kurniawan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/9/2021).

Apa saja kompensasi pelanggan Indihome yang terdampak? 

 

Kurniawan menambahkan, kenyamanan pelanggan IndiHome adalah prioritas utama. Untuk itu, pihaknya terus memperbaiki layanan yang sempat terganggu tersebut.

Terkait kompensasi, Telkom akan memberikan pengunduran batas pembayaran dan kebijakan bebas denda. 

 

"Selain itu juga terkait dengan pembayaran tagihan IndiHome, Telkom akan memberlakukan kebijakan bebas denda dan pengunduran batas akhir pembayaran hingga 25 September 2021," kata dia.

Pihaknya menyebut, Telkom tentu tidak menginginkan terjadinya gangguan kabel laut yang mengakibatkan penurunan kualitas yang dirasakan pelanggan.

Kami telah mengalihkan routing layanan ke network lainnya dan saat ini fokus untuk mempercepat perbaikan kabel laut JaSuKa serta memberikan win win solution bagi pelanggan.

Baca juga: Pengguna IndiHome Masih Keluhkan Internet Bermasalah

 

Update perbaikan jaringan 

Pihak Telkomsel (Telkom Group) menyebutkan bahwa akses layanan internet Telkomsel sudah pulih dan dapat diakses dengan normal

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, akses layanan internet Telkomsel di seluruh wilayah yang terdampak gangguan telah pulih dan dapat diakses dengan normal.

"Percepatan pemulihan yang dilakukan merupakan wujud komitmen Telkomsel bersama TelkomGroup dan seluruh pihak yang berkepentingan dalam memastikan pemenuhan kenyamanan pelanggan," kata dia melalui keterngan tertulis, Kamis (23/9/2021).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi