Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Agar Kucing Tidak Buang Air Sembarangan

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/Krakenimages.com
Ilustrasi kucing tabby, kucing belang dengan bergaris-garis. Peneliti ungkap pola belang pada kucing sudah terbentuk sejak masih embrio.
|
Editor: Maulana Ramadhan

KOMPAS.com - Kucing kerap diidentikkan sebagai hewan yang suka buang air sembarangan. Hal ini wajar mengingat banyak kucing liar yang sering buang air di sembarang tempat.

Selain itu kotoran kucing yang ditinggalkan juga mengganggu karena menimbulkan bau tidak sedap.

Namun, apakah itu berarti kucing selalu buang air sembarangan? Ternyata tidak. Ada cara yang bisa dilakukan agar kucing tidak buang air sembarangan.

Jika Anda memiliki kucing peliharaan, cara mengatasi kucing buang air sembarangan berikut ini patut diikuti.

Baca juga: Tips Mengatasi Kucing yang Buang Air Sembarangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir dari berita Kompas.com (9/9/2021) yang mengutip Instagram @dokterhewankucom, setidaknya ada 6 cara mencegah kucing buang air sembarangan, yakni sebagai berikut:

1. Sediakan kotak pasir (litter box) khusus untuk satu kucing

Cara yang pertama adalah dengan menyediakan kotak pasir (litter box) untuk kucing. Namun, jika Anda memelihara lebih dari satu kucing, sebaiknya sediakan satu kotak pasir untuk satu kucing. Hal ini bertujuan agar kucing lebih nyaman ketika buang air.

2. Letakkan kotak pasir di tempat yang tenang

Tidak hanya menyediakannya, kotak pasir juga perlu ditempatkan di tempat yang tepat. Letakkan kotak pasir untuk kucing di tempat yang tenang.

Hindari menempatkan kotak pasir di tempat yang terlalu ramai karena dapat mengganggu kenyamanan kucing.

Selain itu, sebaiknya kotak pasir diletakkan pada tempat yang mudah dilihat atau sering disinggahi kucing seperti di kandang, ruang khusus kucing, atau di tempat bermain kucing.

3. Selalu bersihkan kotak pasir kucing

Masih berhubungan dengan kotak pasir kucing. Pastikan selalu bersihkan kotak pasir kucing secara rutin agar tetap higienis dan tidak berbau.

Sebab, kotak pasir kucing yang kotor dapat membuat kucing tidak nyaman. Selain itu, pasir pada kotak pasir juga perlu dicuci setiap satu atau dua minggu sekali menggunakan sabun dan air hangat, lalu dikeringkan.

Baca juga: 5 Cara Mengobati Kucing Diare

 

4. Letakkan kotak pasir di beberapa tempat

Selain di dekat kandang, cobalah letakkan kotak pasir di berbagai tempat di area rumah yang mudah dijangkau atau sering disinggahi kucing. Tapi ingat, pilih tempat yang tenang dan yang terlalu ramai.

5. Gunakan jenis pasir yang sama

Penggunaan pasir juga perlu diperhatikan. Sebaiknya, gunakan jenis pasir yang sama yang biasa disukai kucing. Anda tidak perlu terlalu sering mengganti jenis pasir kucing karena belum tentu jenis pasir yang berbeda cocok dengan kucing.

Pasir untuk kotak pasir sangat beragam jenisnya, tetapi tidak semua kucing cocok dengan semua jenis pasir yang ada.

Biasanya, kucing lebih menyukai jenis pasir yang tidak beraroma wangi serta jenis pasir yang menggumpal. Pasir yang demikian membuat feses dan urine kucing tidak akan menempel pada tubuhnya serta pasir masih tetap kering.

Baca juga: Simak, Ini 6 Tanda Kucing Akan Mati yang Perlu Diketahui

6. Sediakan kotak pasir berukuran besar

Cara selanjutnya ialah menyediakan kotak pasir berukuran besar. Mengapa demikian? Hal itu karena pertumbuhan tubuh kucing, terutama anak kucing, sangat cepat.

Kotak pasir berukuran besar dapat membuat kucing masuk ke kotak dengan leluasa serta membuat kucing lebih nyaman untuk buang air.

(Sumber:Kompas/Abdul Haris Maulana | Editor: Esra Dopita Maret)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi