Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Menghitung Penghasilan dari Tiktok

Baca di App
Lihat Foto
businessinsider.com
Ilustrasi TikTok
|
Editor: Artika Rachmi Farmita

KOMPAS.com - TikTok tak hanya menjadi aplikasi yang populer bagi berbagai kalangan tanpa mengenal usia, namun juga dapat menghasilkan uang dari rumah.

Padahal di awal kemunculannya TikTok sempat dicemooh bahkan sempat diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika karena dianggap mengandung konten negatif dan meresahkan.

Kini, jumlah pengguna aplikasi besutan ByteDance asal China tersebut sudah bisa disandingkan dengan aplikasi media sosial lainnya seperti Twitter, Facebook, dan Instagram.

Selain untuk membuat kreasi sendiri dan dipamerkan ke orang lain, TikTok juga bisa menjadi tempat untuk mencari uang.

Nah sebagaimana aplikasi medsos lain, TikTok juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang bagi pemakainya. Bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok dan berapa follower agar bisa dapat uang di TikTok?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: China Batasi Pengguna Anak Main TikTok, Hanya 40 Menit Sehari

Tips menghasilkan uang dari TikTok

Meraup Rupiah dari TikTok tidak bisa dilakukan dalam waktu semalam. Meski aplikasi ini digunakan sebagai hiburan, Anda tetap perlu berkomitmen dan mengupayakannya secara serius.

Dikutip dari Forbes, berikut beberapa tips menghasilkan uang di TikTok:

1. Bangun branding atau merek 

Buat merek bisa berarti bagaimana membuat Anda dikenal dengan mudah. Di dunia pemasaran (marketing), merek yang berkesan adalah dasar dari bisnis apa pun yang menghasilkan uang.

Buatlah akun TikTok yang memiliki target pasar yang jelas. Tentukan siapa pengguna TikTok yang akan disasar dan berpotensi menyukai konten yang dibuat, baik dari jenis video yang akan Anda posting dan konsisten mengunggahnya.

Tentukan sedari awal apakah tema video yang diunggah.

2. Buat konten yang disukai banyak orang

Seperti semua platform media sosial, Anda hanya harus membuat konten sebagus mungkin. Konten Anda harus segar, menarik, unik, dan diperbarui. Ini berarti banyak video baru, setiap hari.

Konten yang menarik akan mudah menarik pengikut. Tak hanya itu, konten yang menarik pengguna TikTok bahkan kelak bisa memberi dampak sosial secara luas. 

3. Perbanyak follower

Dapatkan pengikut atau follower sebanyak mungkin. Menarik sebanyak-banyaknya follower sangat bergantung pada kualitas konten atau faktor lain, seperti mendapatkan momen bertepatan dengan viralnya video yang diunggah.

Cara terbaik untuk mendapatkan pengikut adalah dengan memahami apa yang ingin dilihat pasar target Anda, dan mengunggah konten berkualitas kepada mereka beberapa kali sehari.

Baca juga: Tahapan Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Kisaran penghasilan yang bisa didapatkan dari TikTok

Pada dasarnya, ada dua cara mudah bagi siapa saja untuk mendapatkan uang di TikTok.

Cara pertama yang paling umum disebut influencer marketing, yakni mempromosikan berbagai merek atau produk di video Anda.

Memiliki video iklan bersponsor akan menghasilkan lebih banyak penjualan untuk merek atau produk.

Cara kedua adalah dengan mengiklankan atau menjual produk atau layanan Anda sendiri di video TikTok. Misalnya mengiklankan bisnis make up atau kursus online Anda.

Kedua cara tersebut pasti membutuhkan daya tarik yang kuat pada video Anda. Untuk mencapainya, Anda akan membutuhkan banyak pengikut, komentar, suka, dan viewers sebelum profil Anda menarik cukup banyak pihak.

Biasanya dibutuhkan lebih dari 100.000 pengikut dan ratusan komentar pada setiap video.

Sementara dari jumlah uang, penghasilan dari setiap profil dan industri berbeda-beda. Anda dapat menghasilkan mulai dari 50.000 USD hingga 150.000 USD (sekitar Rp 700 juta sampai Rp 2 miliar untuk kurs 1 USD = Rp 14.255) per satu kemitraan merek jika Anda memiliki profil akun TikTok yang sangat bagus.

Ini juga sangat bergantung dari ceruk pasar (niche) profil Anda, lokasi, target audiens merek, engagement profil, dan sebagainya.

Cara menghitung penghasilan dari Tiktok

Anda bisa menghitung estimasi penghasilan TikTok dengan beberapa aplikasi atau alat yang tersedia di internet. Sebagian penyedia jasa akan meminta Anda mendaftar atau membayar untuk fasilitas perhitungan lebih akurat.

Perhitungan berdasarkan alat ini baru sebatas taksiran alias perkiraan perhitungan dari software yang mereka buat. Berikut caranya:

Baca juga: 5 Cara Menghasilkan Uang dari Tiktok untuk Pemula

Exolyt

Exolyt adalah salah satu alat atau software untuk statistik TikTok, analitik, dan untuk melacak profil TikTok apa pun.

Jika Anda baru akan memulai membangun profil, Anda bisa mencoba menghitung perkiraan penghasilan artis atau akun TikTok yang sudah mapan sebagai gambaran.

1. Pilih nama akun artis TikTok yang ingin Anda ketahui
2. Kunjungi laman Exolyt yang merupakan salah satu analis media sosial TikTok
3. Masukkan nama akun artis atau pengguna TikTok tersebut pada kalkulator uang Exolyt
4. Klik hitung penghasilan TikTok
5. Pilih "yes" pada notif persetujuan layanan
6. Angka estimasi penghasilan akan muncul

Sebagai contoh, Anda ingin mengetahui kira-kira berapa besaran penghasilan dari TikTok yang didapatkan seleb Ria Ricis. Dari perhitungan menggunakan Exolyt, didapatkan rentang angka USD 1.520,74-USD 3.801,86 (sekitar Rp 21 juta-Rp 54 juta untuk kurs 1 USD=Rp 14.200).

Pada dasarnya, alat analitik ini efektif digunakan untuk melacak seberapa besar engagement dari akun TikTok yang Anda bangun. Dari data-data yang diberikan, Anda dapat menentukan langkah selanjutnya agar profil TikTok Anda semakin meyakinkan pihak yang ingin menawarkan kerja sama.

Selamat mencoba.

Sumber: Forbes, Exolyt, Kompas.com (Penulis: Muhammad Idris)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi