Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TREN] Mulai Oktober Naik Kereta dan Pesawat Bisa Tanpa Aplikasi PeduliLindungi

Baca di App
Lihat Foto
screenshoot
Kumpulan berita Populer Tren 28 September 2021

KOMPAS.com - Mulai bulan Oktober, syarat naik kereta dan pesawat bisa tanpa aplikasi PeduliLindungi.

Hal itu setelah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan manjadikan fitur pada aplikasi PeduliLindungi dapat diakses pada aplikasi lain.

Sehingga masyarakat tidak harus menggunakan PeduliLindungi tetapi bisa mendapatkan fitur-fitur yang ada di PeduliLindungi pada aplikasi lain tersebut.

Berita perihal syarat naik kereta dan pesawat tanpa aplikasi PeduliLindungi menjadi yang banyak mendapat perhatian pembaca.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selengkapnya, berikut berita Populer Tren sepanjang Selasa (27/9/2021) hingga Rabu (28/9/2021).

1. Syarat naik kereta dan pesawat tanpa PeduliLindungi

Mulai Oktober 2021, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan manjadikan fitur pada aplikasi PeduliLindungi dapat diakses pada aplikasi lain.

Chief Digital Transformation Office Kemenkes Setiaji mengatakan, saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah platform digital, seperti Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket, Dana, Cinema XXI, dan Link Aja, bahkan aplikasi dari Pemerintah DKI Jakarta, yakni Jaki.

Sehingga masyarakat tidak harus menggunakan PeduliLindungi tetapi bisa mendapatkan fitur-fitur yang ada di PeduliLindungi pada aplikasi tersebut.

"Ini akan launching pada bulan Oktober ini. Ada proses di mana kami memerlukan beberapa model untuk bisa diakses oleh setiap orang," katanya dikutip dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, Jumat (24/9/2021).

Selengkapnya bisa disimak di sini:

Mulai Oktober Tanpa Aplikasi PeduliLindungi, Apa Saja Syarat Naik Kereta Api dan Pesawat?

 

2. Makan banyak tetap kurus, kok bisa?

Ada sejumlah orang yang makan dengan rakus tapi tubuhnya tetap kurus. Mengapa bisa begitu?

Kathleen Melanson, profesor ahlis nutrisi dan olahan pangan dari Universitas Rhode Island Amerika Serikat, mengatakan bahwa tak ada jawaban ilmiah pasti untuk pertanyaan tersebut.

"Hal ini menyangkut banyak faktor, dari genetika, faktor nutrisi, juga faktor pola hidup yang semuanya terkait dalam hal ini," paparnya.

Berikut ini beberapa faktor yang bisa membuat seseorang nampak terus kurus meski tak pernah terlihat membatasi makan sama sekali:

Mengapa Beberapa Orang Tetap Kurus meski Selalu Terlihat Makan dengan Rakus?

3. Pengumuman seleksi PPPK Guru 1 Oktober?

Beredar informasi hasil seleksi kompetensi tahap 1 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 untuk formasi guru akan diumumkan Jumat, 1 Oktober 2021.

Informasi tersebut beredar di media sosial Facebook.

Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud Ristek Nunuk Suryani menegaskan, pihaknya belum memutuskan kapan pengumuman hasil seleksi kompetensi tahap 1 PPPK Guru akan dilakukan.

Sebab sampai saat ini masih dilakukan pembahasan dengan panitia seleksi nasional (Panselnas).

"Belum ada keputusan kapan hasil seleksi (tahap) 1 diumumkan. Karena masih dalam pembahasan dengan panselnas," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (28/9/2021).

Info lengkapnya dapat disimak di sini:

Benarkah Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Tahap 1 PPPK Guru Diumumkan 1 Oktober?

 

4. Channel IndiHome dibuka gratis?

Vice President Marketing Management Telkom E Kurniawan mengatakan, Telkom memberikan ganti rugi berupa pembukaan semua channel yang ada di IndiHome TV.

Pembukaan semua channel tersebut merupakan bagian dari kompensasi atas kerugian gangguan jaringan fiber optik yang dialami pelanggan IndiHome pada Minggu (19/9/2021).

IndiHome TV merupakan layanan televisi berbayar milik Telkom Indonesia yang harganya paketnya menyesuaikan dengan jumlah channel yang dipilih pelanggan.

Adapun pembukaan semua channel atau all channel Indihome TV itu diberikan mulai 26 September hingga 15 Oktober 2021.

Berita selengkapnya dapat dibaca di sini:

Channel IndiHome yang Bagus-bagus Dibuka

5. Aplikasi yang bisa akses PeduliLindungi

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menjadikan fitur pada aplikasi PeduliLindungi agar bisa diakses platform digital atau aplikasi mulai Oktober 2021.

Chief Digital Transformation Office Kemenkes Setiaji mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai platform digital untuk menambahkan fitur PeduliLindungi di aplikasi mereka.

Aplikasi tersebut yaitu Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket.com, DANA, Cinema, XXI, LinkAja, Jaki, Livin' by Mandiri, dan GOERS.

Namun berdasarkan pantauan Kompas.com pada Senin (27/9/2021), PeduliLindungi belum tersedia di menu beberapa aplikasi tersebut.

Selengkapnya dapat disimak di sini:

Daftar 11 Aplikasi yang Bisa Akses PeduliLindungi Mulai Oktober

 
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Editor: Rizal Setyo Nugroho
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi