Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Jantung Sedunia: Sejarah, Tema, hingga Cara Buat Poster Dukungan

Baca di App
Lihat Foto
Ilustrasi jantung
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day diperingati setiap tanggal 29 September.

Tujuan peringatan Hari Jantung Sedunia adalah untuk memberi tahu orang-orang di seluruh dunia bahwa penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke, adalah penyebab kematian utama di dunia.

Peringatan ini juga menyoroti tindakan yang dapat dilakukan individu untuk mencegah dan mengendalikan penyakit jantung. 

Mengutip Hindustan Times, Selasa (28/9/2021), Hari Jantung Sedunia pertama kali dicanangkan pada 1999 oleh World Heart Federation (WHF) bekerjasama dengan World Health Organization (WHO).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide acara tahunan itu dicetuskan oleh Antoni Bayes de Luna, presiden WHF dari 1997-2011.

Baca juga: Hari Jantung Sedunia, Simak Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini

Penyakit kardiovaskular: 18,6 juta kematian per tahun

Menurut Federasi Jantung Dunia (World Heart Federation), Hari Jantung Sedunia penting karena penyakit kardiovaskular (CVD) menjadi pembunuh nomor satu di dunia, yaitu 18,6 juta kematian per tahun.

Penyebab munculnya penyakit kardiovaskular antara lain merokok, diabetes, tekanan darah tinggi, dan obesitas, hingga polusi udara.

Selain itu bisa juga disebabkan kondisi yang kurang umum seperti penyakit Chagas dan amiloidosis jantung.

Selain itu dengan diperingatinya Hari Jantung Sedunia, dunia dapat menyoroti tindakan yang dapat dilakukan individu untuk mencegah dan mengontrol CVD.

Perlu adanya edukasi bahwa dengan mengendalikan faktor risiko seperti penggunaan tembakau, pola makan yang tidak sehat dan aktivitas fisik, setidaknya 80 persen kematian dini akibat penyakit jantung dan stroke dapat dihindari.

Baca juga: 13 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Tanpa Bantuan Obat

 

Tema Hari Jantung Sedunia 2021

Seperti peringatan lainnya, Hari Jantung Sedunia juga memiliki tema tahunan. Adapun tema Hari Jantung Sedunia 2021 adalah "Use Heart to Connect” (Gunakan Hati untuk Terhubung).

Diungkapkan dalam laman World Heart Federation, karena adanya krisis perawatan yang dialami dunia saat ini, maka perlu cara yang berbeda dan inovatif untuk menghubungkan orang dengan kesehatan jantung, terutama di area dan komunitas sumber daya yang lebih rendah.

Tujuan World Heart Federation adalah memanfaatkan kekuatan kesehatan digital untuk meningkatkan kesadaran, pencegahan, dan pengelolaan CVD secara global. 

World Heart Federation mengajak untuk menggunakan pengetahuan, kasih sayang, dan pengaruh Anda untuk memastikan Anda, orang yang Anda cintai, dan komunitas tempat Anda menjadi bagian memiliki kesempatan terbaik untuk menjalani kehidupan yang sehat bagi jantung.

Baca juga: Penyebab Orang Indonesia Berisiko Terkena Penyakit Jantung Selama Pandemi

Kunci mencegah penyakit jantung

1. Ekuitas

Memungkinkan dan memberdayakan semua orang, di mana saja, baik tua dan muda, pria, wanita dan anak-anak, pasien, petugas kesehatan masyarakat, dokter untuk menggunakan alat digital untuk pencegahan, diagnosis, dan perawatan kondisi terkait jantung yang lebih baik.

2. Pencegahan

World Heart Federation mengajak untuk menjaga jantung dengan makan makanan yang sehat, katakan tidak pada tembakau, serta banyak berolahraga.

Selain itu menggunakan aplikasi ponsel dapat membantu memotivasi seseorang dan tetap berada di jalur yang benar.

Jika seseorang memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya, seperti penyakit jantung, gagal jantung, diabetes, tekanan darah tinggi atau obesitas, jangan biarkan Covid-19 menghentikan dia untuk melakukan pemeriksaan rutin.

3. Komunitas

Ada 520 juta orang di seluruh dunia yang hidup dengan CVD yang telah terkena dampak Covid-19 secara tidak proporsional pada tahun lalu.

Karena meningkatnya kerentanan terhadap Covid-19 yang lebih parah, populasi tersebut telah diberitahu bahwa mereka rentan, berisiko, dan harus dilindungi.

 

Link poster ucapan Hari Jantung Sedunia

Jaringan digital memiliki kekuatan untuk menghubungkan pasien dengan keluarga, teman, pasien lain, dokter, dan perawat.

Tidak seorang pun harus merasa sendirian, pandemi atau tidak, jadi gunakan teknologi untuk mengatasi isolasi dan kesenjangan dalam perawatan.

Anda bisa ikut serta berpartisipasi di media sosial untuk menyuarakan Hari Jantung Sedunia.

Caranya bisa mengakses laman World Heart Federation untuk membuat poster kreasi Anda: https://world-heart-federation.org/world-heart-day/get-involved/create-and-share/ 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi