Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Kini Izinkan 100.000 Jemaah Umrah Setiap Hari, Apa Syaratnya?

Baca di App
Lihat Foto
AFP
Jamaah Muslim berdoa di sekitar Ka'bah di kompleks Masjidil Haram, tempat suci umat Islam, di kota suci Mekah di Arab Saudi pada 1 November 2020, ketika pihak berwenang memperluas ziarah umrah sepanjang tahun untuk menampung lebih banyak jemaah sambil melonggarkan pembatasan pandemi coronavirus COVID-19 . - Pihak berwenang Saudi sebelumnya telah mengumumkan bahwa tahap ketiga dari perluasan doa mulai dari 1 November akan mengizinkan pengunjung dari luar negeri. Batas jemaah umrah kemudian akan dinaikkan menjadi 20.000, dengan total 60.000 jemaah diperbolehkan.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Mulai hari ini, Jumat (1/10/2021), Arab Saudi menambah kapasitas jemaah umrah dan shalat di Masjidil Haram, Mekkah.

Sebanyak 100.000 jemaah akan diizinkan melakukan umrah setiap hari dan 60.000 untuk jemaah shalat di masjid, dikutip dari Saudi Gazeete.

Pengumuman itu bertepatan dengan keputusan untuk mengizinkan jemaah haji domestik di atas usia 70 tahun.

Baca juga: Saat WHO dan UNICEF Desak Indonesia Segera Gelar Sekolah Tatap Muka...

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Izin untuk jemaah di atas 70 tahun ini merupakan yang pertama sejak merebaknya pandemi Covid-19.

Pembukaan kembali umrah untuk peziarah dari negara lain telah dimulai sejak 10 Agustus, ketika Arab Saudi terus melonggarkan pembatasan.

Dengan ini, semua umat Islam dari usia 12 tahun ke atas dapat melakukan umrah dengan syarat sudah mendapatkan vaksin Covid-19.

Baca juga: Indonesia Termasuk Negara yang Tidak Diperbolehkan Masuk Arab Saudi, Bagaimana dengan Jadwal Umrah?

Jemaah umrah harus sudah divaksin lengkap

Jemaah berusia 12-18 tahun dan di atas 70 tahun yang akan menunaikan umrah harus sudah divaksin lengkap.

Namun, ada pengecualian bagi jemaah dari kelompok usia lain untuk melakukan umrah dan shalat di Masjidil Haram, meski baru disuntik satu dosis vaksin atau mereka yang sembuh dari infeksi Covid-19.

Kementerian mencatat, peningkatan kapasitas jemaah akan dilakukan secara ketat sesuai dengan langkah-langkah pencegahan dan protokol pencegahan untuk membendung penyebaran virus corona.

Baca juga: Saat WHO Pantau Varian Virus Corona Baru Bernama Mu...

Jemaah dapat mengurus izin melakukan umrah dan shalat di Masjidil Haram melalui aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna.

Sementara itu, CEO Dewan Haji Inggris Rashid Mogradia yang melaksanakan umrah bulan ini menceritakan pengalamannya yang mengharukan.

"Arab Saudi telah melakukan pekerjaan luar biasa dalam mengendalikan penyebaran virus corona," kata Mogradia, dikutip dari Arab News.

"Kita dapat melihat bahwa tindakan pencegahan yang telah diambil Arab Saudi telah membuahkan hasil sekarang dan ada cahaya di ujung terowongan," sambungnya.

Baca juga: Soal Penularan Covid-19 di Sekolah, Menkes: Itu Bukan Klaster

Peningkatan lalu lintas umrah

Dengan pembukaan ini, Mogradia menyebut adanya peningkatan lalu lintas umrah dan perusahaan travel di Inggris telah memulai perjalanan umrahnya.

Ia pun mendorong Muslim Inggris lainnya untuk melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk melakukan umrah dan menjamin adanya tindakan pencegahan Covid-19 secara ketat.

"Ini termasuk maskapai nasional Saudia yang saya tumpangi. Mereka melakukan pekerjaan yang fantastis dalam memastikan kursi dibersihkan dan semua orang mendapat paket keselamatan yang terdiri dari hand sanitizer, tisu, dan masker," jelas dia.

"Cukup menggembirakan dan menghangatkan hati melihat lebih banyak jemaah umrah dan tawaf dibandingkan pengalaman saya pada November 2020 yang terasa seperti saya satu-satunya di sana," tutupnya.

Baca juga: Syarat dan Ketentuan Umrah di Masa Pandemi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi