Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pestisida Alami untuk Membasmi Hama Semut Tanaman Indoor

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/Photologic 288p
Untuk semut yang menyerbu tanaman indoor, basmi saja dengan pestisida alami dari bahan-bahan dapur yang aman.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Hama semut bisa menyerbu tanaman di rumah Anda, baik tanaman yang ditanam di pekarangan atau yang ditanam di pot dan diletakkan di dalam rumah.

Hama semut bisa datang mengikuti jejak dari kotoran dari kutu daun atau hama tanaman lainnya yang meninggalkan senyawa bercita rasa manis.

Ketika semut menemukan sumber makanannya ini, maka kawanan semut pekerja lain akan langsung datang ikut menyerbu dan menganggu pertumbuhan tanaman.

Selain menganggu tumbuh kembang tanaman hias yang ada, hama semut juga bisa mengotori rumah. Kawanan semut dari tanaman bisa menyerbut bagian di dalam rumah lainnya, seperti kabinet dapur atau meja makan.

Untuk membasmi hama semut yang ada di dalam tanaman indoor ini Anda harus berhati-hati. Hendaknya gunakan pestisida alami yang lebih aman, karena tanaman ada di dalam ruang-ruang rumah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghimpun data dari Indian Express,  berikut ini pestisida alami yang bisa Anda racik untuk digunakan membasmi hama semut di tanaman indoor Anda:

Baca juga: Ciri-ciri Tanaman yang Diserang Hama Ulat

1. Kulit lemon atau jeruk

Semut tak menyukai wangi lemon dan jeruk. Jadi ketika tanaman hias Anda diserbu hama semut, basmi segera dengan menggunakan kulit lemon atau sari lemon.

Anda bisa meletakkan kulit jeruk di sekitar tanaman, di atas media tanam tanaman. Atau memasukkan perasan lemon ke dalam mangkuk dan memercikkannya ke daun dan batang tanaman yang diserbu semut.

2. Rebusan lemon

Jika kawanan semut sangat banyak maka Anda membutuhkan cairan yang lebih banyak untuk bisa mengusirnya.

Didihkan air, beri kulit jeruk juga perasan lemon. Dinginkan, saring dan masukkan ke dalam botol semprot.

Kemudian gunakan larutan tersebut untuk menyemprot tanaman, baik daun dan batangnya, agar hama semut tak lagi datang.

Baca juga: 5 Tanaman yang Ditakuti Rayap

3. Larutan sabun

Hama semut juga akan pergi jika terkena larutan sabun, baik sabun mandi cair atau sabun pencuci piring.

Masukkan beberapa sendok sabun cair ke dalam sebotol air hangat. Jika Anda memiliki minyak esensial beraroma mint, Anda bisa pula memasukkannya ke dalam larutan.

Di malam hari, semprotkan larutan yang ada ke batang dan daun tanaman yang diserang hama semut. Juga ke sekitar pot tempat tanaman tumbuh. 

Biarkan semalaman, baru paginya semprot lagi tanaman dengan air bersih untuk membersihkan larutan sabun yang ada.

4. Rempah-rempah

Jika Anda tak ingin membahayakan tanaman dengan berbagai larutan mengandung asam dan sabun, Anda bisa menaburkan rempah-rempah yang beraroma pedas menyengat ke sekitar tanaman.

Anda bisa menaburkan kayu manis, cengkih, kopi, juga bubuk cabai di sekitar pot agar hama semut tak lagi datang menyerbu.

Hama semut bisa semakin banyak jika Anda tak membasminya dengan segera. Jadi begitu melihat ada satu dua ekor semut merayapi tanaman Anda, segera basmi dengan keempat cara di atas agar kawanan semut lain tak menyusul datang.

Baca juga: 6 Tanda Tanaman Akan Mati

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi