Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Nelayan Natuna Dibayangi Kapal Kuwait hingga Nelayan Yaman

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Ilustrasi hoaks
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Sebuah unggahan tangkapan layar artikel Republika yang berjudul "Nelayan Natuna Dibayangi Kapal Kuwait Hingga Nelayan Yaman", beredar di media sosial.

Dalam keterangan foto tangkapan layar yang dibagikan, pengunggah menampik anggapan bahwa kapal China yang membuat takut nelayan Indonesia.

Dari penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi yang tertera pada tangkapan layar tersebut adalah hoaks. Judul artikel Republika dalam foto itu telah dimanipulasi atau diedit.

Narasi yang beredar

Tangkapan layar artikel Republika itu diunggah oleh akun ini di Facebook pada 25 September 2021.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut tangkapan layar unggahan tersebut.

Penelusuran Kompas.com

Untuk mengonfirmasinya, Tim Cek Fakta Kompas.com melakukan penelusuran dengan menggunakan mesin pencarian Google.

Dengan menuliskan judul "Nelayan Natuna Dibayangi Kapal Kuwait Hingga Nelayan Yaman", tak ada satu pun artikel Republika yang menuliskan judul tersebut.

Dari pencarian, ditemukan satu artikel Republika yang memiliki judul yang mirip, yaitu "Nelayan Natuna Dibayangi Kapal China Hingga Nelayan Vietnam".

Artikel tersebut memiliki jam tayang dan foto yang sama persis dengan tangkapan layar yang beredar.

Dalam artikel itu, Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad meminta TNI Angkatan Laut untuk memperketat pengamanan di perairan Natuna.

Sebab, kapal-kapal perang China dan nelayan Vietnam semakin berani memasuki kawasan perairan Natuna.

Dengan demikian, tangkapan layar artikel Republika yang dibagikan di media sosial itu telah mengalami suntingan dan merupakan hasil manipulasi.

Selain itu, kemungkinan kapal Kuwait dan Yaman memasuki perairan Natuna hampir dipastikan mustahil. Sebab, jarak antara kedua negara tersebut dengan Indonesia sangat  jauh.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, dapat disimpulkan bahwa tangkapan layar artikel Republika dengan judul "Nelayan Natuna Dibayangi Kapal Kuwait Hingga Nelayan Yaman" adalah hoaks.

Tangkapan layar tersebut telah dimanipulasi dari judul artikel aslinya, sehingga menimbulkan salah arti dan menyesatkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi