Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Minum Air Es, Air Soda, Makan Mentimun, dan Keramas Saat Haid Bisa Picu Kanker Rahim

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Ilustrasi Hoaks
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Beredar informasi di media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa minum air es, air soda, mentimun, dan melakukan keramas saat haid bisa memicu kanker rahim.

Informasi itu mengeklaim bahwa jika hal-hal di atas dilakukan secara terus-menerus, dapat memicu kista dan kanker rahim setelah 5-10 tahun.

Berdasarkan konfirmasi Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi tersebut tidak benar alias hoaks. Informasi tersebut juga merupakan hoaks yang berulang yang telah beredar sekitar 3 tahun lalu.

Narasi yang beredar

Informasi yang menyebutkan bahwa minum air es, air soda, mentimun, dan keramas saat haid bisa memicu kanker rahim dibagikan oleh akun Facebook ini, ini, ini, dan ini.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut narasi selengkapnya:

"ASAL USUL KANKER Di RAHIM !!!
Sharing untuk para wanita
1. "Jangan Minum air Es,air soda,dan kelapa Saat Haid"
2. "Jangan keramas karena pori kepala sedang terbuka pd saat haid krn bisa menyebabkan sakit kepala (kena angin kepala)" "sangat berbahaya efek ini bisa di rasakan saat muda dan saat tua"
3."Jangan makan mentimun saat sdng haid karena getah yg ada pada mentimun bs menyebabkan haid tersisa di dinding rahim."
4. "Selain itu saat sdng haid" "Tubuh tdk boleh terbentur, terjatuh dan terpukul oleh benda keras terutama bagian perut karena bisa menyebabkan muntah darah, rahim bisa terluka"
.
Riset membuktikan, minum es saat haid bisa menyebabkan darah haid tersisa di dinding rahim, setelah 5-10 thn dapat menyebabkan "KISTA & KANKER RAHIM". Tolong info ini disebarkan ke banyak wanita baik ibu, istri, anak putri kita, maupun teman wanita, ini. menunjukkan bahwa kita peduli sama mereka,Sayangi wanitamu. Indahnya Berbagi...Jgn putus dikamu ya..
semoga bermanfaat bagi para wanita.
.
SUMBER: LPKI
(LEMBAGA PENYULUHAN KANKER INDONESIA)"

Konfirmasi Kompas.com

Informasi yang menyebutkan bahwa minum air es, air soda, mentimun, dan melakukan keramas saat haid bisa memicu kanker rahim merupakan hoaks berulang yang sudah dibantah.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr Harry Parathon, SpOG membantah bahwa minum air es, air soda, mentimun, dan keramas saat haid tidak menyebabkan kanker rahim.

"Itu rumor yang sering terdengar. Semua tidak ada hubungannya," kata Harry seperti diberitakan Kompas.com, 23 Oktober 2020.

Harry menjelaskan, kanker terdiri dari rahim dan mulut rahim. Kanker mulut rahim atau serviks disebabkan oleh virus, yakni human papillomavirus (HPV).

Sementara, kanker rahim bisa diakibatkan oleh kehamilan abnormal atau hamil anggur.

Dokter Pendamping Pasien Kanker RS Kanker Dharmais, Jakarta, dr Maria Shanty juga mengatakan, hingga saat ini penyebab pasti dari kanker rahim masih belum diketahui.

Namun, menurut Shanty, kanker rahim dapat dipicu sejumlah faktor risiko.

"Faktor tersebut salah satunya adalah obesitas dan ketidakseimbangan hormon wanita setelah menopause," kata Shanty, seperti diberitakan Kompas.com, 29 Juli 2020.

Shanty menjelaskan, masalah seperti keramas saat sedang haid tidak akan berdampak apa pun pada saat ini dan nanti.

"Soal mentimun juga tidak ada bukti klinis yang bisa menerangkan pernyataan tersebut," ujar Shanty.

Sementara itu, dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Pondok Indah dan RSCM, dr. Fitriyadi Kusuma juga membantah bila melakukan beberapa hal seperti yang dinarasikan dapat menyebabkan kanker rahim.

Dia menjelaskan, air es masuk ke dalam tubuh akan langsung mencair dan sama panasnya dengan tubuh.

"Air soda bisa menyebabkan penyempitan vasokonstriksi kalau diminum dalam jumlah banyak dan biasa mengandung gula yang tinggi," kata Fitriyadi, seperti diberitakan Kompas.com, 29 Juli 2021.

Soal keramas saat haid, Fitriyadi juga tidak melarangnya karena bukan suatu hal yang berbahaya bagi tubuh.

Demikian pula dengan makan mentimun saat haid, tidak akan menyebabkan sisa haid berada atau menempel di dinding rahim.

"Keramas juga enggak apa-apa. Mentimun sampai lambung kan juga sudah dinetralkan," ujarnya.

Kesimpulan

Berdasarkan konfirmasi Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi yang menyebutkan bahwa minum air es, air soda, mentimun, dan keramas saat haid bisa memicu kanker rahim adalah tidak benar alias hoaks.

Informasi tersebut merupakan hoaks berulang yang sudah dibantah.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi menjelaskan bahwa kanker mulut rahim atau serviks disebabkan oleh virus, yakni human papillomavirus (HPV).

Sementara, kanker rahim bisa diakibatkan oleh kehamilan abnormal atau hamil anggur.

Kanker rahim juga dapat dipicu faktor risiko lainnya, seperti obesitas dan ketidakseimbangan hormon wanita setelah menopause.

Tak hanya itu, keramas saat haid bukan suatu hal yang berbahaya bagi tubuh.

Makan mentimun saat haid juga tidak akan menyebabkan sisa haid berada atau menempel di dinding rahim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi