Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Pantau Dua Siklon Tropis, Ini Dampaknya untuk Indonesia!

Baca di App
Lihat Foto
Ilustrasi siklon tropis
Penulis: Mela Arnani
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau adanya siklon tropis yang tumbuh di belahan bumi utara Indonesia.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG A. Fachri Radjab mengatakan, saat ini terdapat dua siklon tropis yang terpantau di belahan bumi utara, yaitu siklon tropis Lionrock dan siklon tropis Kompasu.

Siklon tropis Lionrock, yang tumbuh sejak 8 Oktober 2021, berada di Laut Cina Selatan sebelah selatan Cina, tepatnya di 18.0 LU, 110.9 BT dengan kecepatan angin maksimum mencapai 35 knots (65 km/jam) dan tekanan udara minimum di pusatnya mencapai 994 hPa.

Sedangkan siklon tropis Kompasu, terbentuk di sekitar wilayah Samudra Pasifik Barat sebelah timur Filipina, tepatnya di 13.8 LU, 131.5 BT dengan kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 35 knots (65 km/jam) dan tekanan udara di pusatnya mencapai 998 hPa.

"Siklon tropis Lionrock bergerak perlahan ke arah utara menjauhi wilayah Indonesia dan diprakirakan intensitasnya akan meningkat dalam 24 jam kedepan," ujar Fachri melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Sabtu (9/10/2021).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adapun siklon tropis Kompasu bergerak ke arah timur menjauhi wilayah Indonesia, dengan perkiraan intensitasnya juga akan meningkat dalam 24 jam ke depan.

Baca juga: Siklon, Badai, dan Topan, Apa Bedanya?

Dampak siklon tropis

Fachri memaparkan, siklon Tropis Lionrock dan siklon tropis Kompasu dalam 24 jam ke depan dapat memberikan dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca di Indonesia.

Dampaknya dapat berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan gelombang laut yang naik.

Untuk hujan sedang hingga lebat, berpeluang terjadi di wilayah Aceh, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara.

Sementara, untuk gelombang laut dengan ketinggian 2,5-4 m berpotensi terjadi di Laut Natuna Utara, Laut Natuna, Laut Sulawesi dan Samudra Pasifik utara Halmahera.

Adapun gelombang laut dengan ketinggian 1,25-2,5 meter dapat terjadi di beberapa wilayah perairan berikut:

Selain dampak tidak langsung dari kedua siklon tropis tersebut, lanjut Fachri, cuaca di wilayah Indonesia juga dipengaruhi oleh kondisi atmosfer yang cukup basah dan tingkat konvektivitas yang tinggi.

Akibat kondisi ini, berpeluang terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, bahkan disertai kilat/petir/angin kencang hingga 15 Oktober mendatang.

Baca juga: BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem Masuki Masa Pancaroba

 

Daftar wilayah

Sebanyak 25 provinsi di Indonesia berpotensi mengalami hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir/angin kencang, pada 9-15 Oktober 2021, di wilayah berikut:

  1. Aceh
  2. Sumatra Utara
  3. Riau
  4. Kepulauan Riau
  5. Sumatera Barat
  6. Bengkulu
  7. Jambi
  8. Sumatera Selatan
  9. Lampung
  10. Kepulauan Bangka Belitung
  11. Banten
  12. Jawa Barat
  13. Nusa Tenggara Timur
  14. Kalimantan Utara
  15. Kalimantan Timur
  16. Kalimantan Tengah
  17. Kalimantan Selatan
  18. Sulawesi Tengah
  19. Sulawesi Barat
  20. Sulawesi Selatan
  21. Sulawesi Tenggara
  22. Maluku Utara
  23. Maluku
  24. Papua Barat
  25. Papua

Informasi lebih lanjut bisa didapatkan dengan mengakses laman resmi bmkg.go.id, akun media sosial resmi BMKG, aplikasi Info BMKG, call center 196 BMKG, atau mendatangi kantor BMKG terdekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi