Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harus Tahu, Ini Perbedaan SPBU Pertamina Warna Merah, Biru, dan Hijau

Baca di App
Lihat Foto
STANLY/OTOMANIA dan PERTAMINA
Kolase foto dari kiri ke kanan, SPBU Pasti Prima (warna biru), SPBU Green Energy Station atau GES (warna hijau), dan SPBU Pasti Pas (warna merah).
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) merupakan salah satu rutinitas para pemilik kendaraan bermotor guna memperlancar aktivitas sehari-hari.

Interval pengisiannya bisa beberapa hari sekali, tergantung penggunaan atau kebutuhan masing-masing. Namun untuk pengendara rutin, bisa jadi satu hari sekali.

Saat mengisi BBM di SPBU Pertamina, tak jarang menemui SPBU yang warnanya merah dan biru.

Sementara yang paling baru, SPBU Pertamina kini juga ada yang berwarna hijau, yang baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Video Viral Isi Bensin Cuma Rp 1.000, Memang Boleh? Ini Kata Pertamina

Apa perbedaan SPBU Pertamina warna merah, biru, dan hijau?

Beda SPBU merah, biru, dan hijau

Unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina MOR III (Jawa bagian Barat), Eko Kristiawan mengatakan, SPBU warna biru adalah SPBU Pasti Prima.

Sementara itu, SPBU berwarna merah adalah SPBU Pasti Pas.

Eko menjelaskan, SPBU Pasti Prima merupakan pengembangan dari SPBU Pasti Pas yang sudah ada sejak 2006, terutama dari sisi pelayanan.

"Fasilitas yang disediakan di SPBU berwarna biru lebih lengkap, tidak hanya ada fasilitas standar berupa toilet, tempat ibadah, isi angin, dan minimarket saja," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Minggu (10/10/2021).

Sebagai bentuk pengembangan bisnis Non Fuel Retail (NFR), di tempat pengisian BBM tersebut terdapat kafe, ATM, bengkel, tenant makanan, jasa cuci kendaraan, penjualan pelumas dan elpiji, nitrogen, hingga restoran cepat saji.

Baca juga: Viral, Video Isi BBM di SPBU Speed 1 agar Takaran Sesuai dan Tak Keluar Angin, Benarkah?

 

SPBU warna hijau

Kemudian untuk SPBU berwarna hijau, Eko melanjutkan, adalah Green Energy Station (GES).

Ia mengungkapkan, GES adalah sebuah konsep baru, layanan terintegrasi bagi masyarakat sebagai konsumen di SPBU Pertamina dengan empat konsep utama.

Keempat konsep tersebut, yakni Green, Future, Digital, dan High Tier Fuel.

"Sebagai komitmen Pertamina dalam mendukung Grand Strategi Nasional yang telah ditetapkan Pemerintah khususnya pada program transisi energi dan operasional yang lebih ramah lingkungan," tuturnya.

Baca juga: Benarkah SPBU Stop Layani Pengisian Pertalite untuk Motor 2-Tak? Ini Jawaban Pertamina

Konsep SPBU hijau

Konsep Green, kata Eko, terkait penggunaan Solar Photo Voltaic (PV) atau pembangkit listrik tenaga Surya (PLTS) sebagai salah satu sumber energi mandiri dan ramah lingkungan.

Konsep kedua, yakni Future, menawarkan sebuah layanan baru bernama Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) atau Charging Station dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) atau Battery Swapping Station (BSS).

Lalu konsep ketiga dan keempat yang menurutnya sudah tidak asing lagi, yakni Digital dan High Tier Fuel.

"Digitalisasi dan edukasi berkelanjutan tentang bahan bakar berkualitas, yakni Pertamax Series dan Dex Series sudah menjadi salah satu program utama Subholding Commercial dan Trading," tandas Eko.

Baca juga: Viral Video Aksi Pencurian Barang di Mobil Saat Pengisian BBM Diduga di SPBU Cinere

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi