Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Meneteskan Air Jeruk Nipis ke Mata untuk Mengurangi Minus

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Ilustrasi Hoaks
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa meneteskan air jeruk nipis langsung ke mata bisa mengurangi minus pada mata.

Meneteskan air jeruk nipis ke mata diklaim dapat membuat pandangan jernih, mata sehat, dan tidak perlu menggunakan kacamata lagi.

Berdasarkan konfirmasi Tim Cek Fakta Kompas.com, klaim tersebut tidak benar alias hoaks.

Meneteskan langsung air jeruk nipis ke mata berbahaya dan berpotensi menimbulkan iritasi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Narasi yang beredar

Video yang mengeklaim meneteskan air jeruk nipis langsung ke mata bermanfaat mengurangi minus mata dibagikan oleh akun Facebook ini.

"Rekan-rekan, ini lemon ikan yang sering kita pakai untuk masakan, termasuk jeruk nipis, tapi ini adalah obat. Obat mata yang sangat mujarab," kata seorang pria dalam video itu.

"Untuk diteteskan di mata agar supaya matanya tetap terang, sehat, dan dijamin dia tidak akan menggunakan kacamata lagi," katanya lagi.

Lihat Foto
Screenshot
Tangkapan layar video meneteskan air jeruk nipis ke mata. Meneteskan air jeruk nipis langsung ke mata diklaim dapat mengurangi minus mata.
Konfirmasi Kompas.com

Ketua Kelompok Staf Medis Vitreoretina Pusat Mata Nasional RS Cicendo Bandung, dr.Grimaldi Ihsan,SpM(K) mengatakan, klaim meneteskan air jeruk nipis langsung ke mata dapat mengurangi minus mata adalah hoaks dan berpotensi berbahaya.

"Enggak betul kalau ditetes di mata kita, yang ada bisa bikin iritasi mata," kata Grimaldi saat dihubungi Kompas.com, Senin (11/10/2021).

Ia mengingatkan, tindakan tersebut juga berpotensi menimbulkan infeksi jika air jeruk nipis yang diteteskan ke mata tidak bersih atau terkontaminasi.

"Bahkan kalau tidak bersih bisa berpotensi infeksi," ujar dia.

Grimaldi mengatakan, secara umum jeruk nipis memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan.

"Namun bagi mengurangi minus belum ada penelitian yang mendukung," ujar dia.

Menurut Grimaldi, saat ini belum ada obat/makanan yang terbukti secara klinis dapat langsung menurunkan mata minus atau gangguan kacamata lainnya.

Penyebab mata minus

Grimaldi menjelaskan, mata minus terjadi karena variasi bentuk bola mata. Misalnya, bola mata yang lebih panjang dapat mengakibatkan mata minus.

"Faktor risiko akibat genetik juga dapat menyebabkan mata minus," kata Grimaldi.

Selain itu, ia mengatakan, paparan terhadap gadget juga meningkatkan risiko bertambahnya minus pada mata.

"Saat ini untuk membantu menstabilkan mata minus dapat dilakukan dengan penggunaan kacamata dengan rutin, dan mengurangi paparan terhadap gadget yang terlalu lama," ujar dia.

Kesimpulan

Berdasarkan konfirmasi Tim Cek Fakta Kompas.com, dapat disimpulkan bahwa klaim meneteskan air jeruk nipis ke mata bermanfaat mengurangi minus mata adalah hoaks.

Menurut dokter spesialis mata, tindakan tersebut justru dapat menyebabkan iritasi pada mata dan berpotensi menimbulkan infeksi jika air jeruk nipis yang diteteskan ke mata tidak bersih atau terkontaminasi.

Saat ini belum ada obat/makanan yang terbukti secara klinis dapat langsung menurunkan mata minus atau gangguan kacamata lainnya.

Cara untuk membantu menstabilkan mata minus dapat dilakukan dengan penggunaan kacamata secara rutin, dan mengurangi paparan terhadap gadget yang terlalu lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi