Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Drakor dengan Karakter Villain sebagai Tokoh Utama

Baca di App
Lihat Foto
IMDb
Drama Korea Mouse yang dapat disaksikan di Viu
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Karakter villain, antihero, atau penjahat semakin digandrungi industri film setelah kesuksesan "Joker" (2019), film yang menceritakan kisah di balik karakter jahat musuh Batman.

Industri film mulai mengungkap sudut pandang dari karakter-karakter dalam film komersial, yang awalnya muncul sebagai tokoh sampingan dan antagonis.

Misalnya, seperti film "Venom" yang merupakan anihero dari Spiderman, "Cruella" tokoh jahat di "101 Dalmatians", "Loki", dan lain sebagainya.

Ternyata, ada deretan drama Korea (drakor) yang juga mengangkat karakter villain.

Sebagai peringatan, deskripsi deretan drakor dengan tokoh utama villain ini akan mengandung bocoran atau spoiler. Hal ini karena beberapa sutradara mengungkap alur sesungguhnya dari tokoh villain di momen-momen akhir.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagi pencinta drakor yang tertarik dengan genre ini, berikut 6 drakor dengan karakter villain sebagai tokoh utama:

1. Mouse (2021)

Drama yang tayang perdana pada Maret 2021 ini bergenre kriminal dan thriller.

Drakor ini menceritakan tentang upaya penangkapan pelaku pembunuhan berantai atau psikopat.

Detektif Go Moo Chi (Lee Hee Joon) mencurahkan seluruh tenaganya untuk mengungkap kebenaran di balik kasus pembunuhan berantai.

Bersama seorang petugas polisi bernama Jeon Ba Reum (Lee Seung Gi), mereka berusaha menangkap Sung Yo Han (Kwon Hwa Won) yang diduga sebagai psikopat.

Yo Han ditembak oleh Moo Chi saat melakukan pengejaran. Setelah dinyatakan tewas, ternyata Yo Han tidak bersalah. Sebaliknya, dia justru berusaha mengungkap identitas sebenarnya dari pembunuh berantai.

Di akhir cerita, kebenaran terungkap. Jeon Ba Reum adalah psikopat sebenarnya. Di balik aksinya bersama Moo Chi, Ba Reum membunuh banyak orang termasuk kakak kandung Moo Chi dan nenek yang dekat dengannya.

2. Extracurricular (2020)

Kisah dalam drakor "Extracurricular" terbilang sangat gelap karena menceritakan 4 karakter utama siswa sekolah yang terjebak dalam pusaran tindakan kriminal.

Serial Netflix ini mengisahkan tokoh utama seorang siswa SMA bernama Oh Ji Soo (Kim Dong Hee). Dengan memanfaatkan kepintaran dan kecanggihan teknologi, Oh Ji menjalankan prostitusi online.

Ia menjadi mucikari yang menjanjikan keamanan pada pelacur yang memakai jasa aplikasinya.

Bersama asistennya, Mr Lee (Choi Min Soo) yang memiliki kemampuan bela diri yang baik, Oh Ji berperan sebagai tokoh di belakang layar dan membuat julukan "Uncle".

Di sekolah, tanpa sengaja teman sekelasnya bernama Baek Gyu Ri (Park Joo Hyun) berhasil mengungkap identitas asli Oh Ji. Alih-alih melaporkan tindakan Oh Ji, Baek Gyu Ri malah tertarik untuk menjalankan bisnis ini bersamanya.

Meski berasal dari keluarga kaya dan sosok perempuan idola di sekolahnya, ternyata Baek Gyu Ri menyimpan sejumlah masalah psikologis.

Mereka berdua akan terlibat dengan Seo Min Hee (Jung Da Bin), salah satu pekerja seks yang sebenarnya satu sekolah. Serta Gwak Gi Tae (Nam Yoon Soo), anak nakal dan populer di sekolah, yang terlibat geng motor dan perkelahian dengan gengster.

Keseluruhan drama mengisahkan sudut pandang remaja dalam menghadapi kesulitan hidup dan tindakan kriminal.

3. Strangers From Hell (2019)

Drakor "Strangers From Hell" merupakan drama bergenre psikologi-thriller yang terinspirasi dari komik yang terbit di Webtoon.

Kisahnya tentang Yoon Jong Woo (Im Si Wan) yang baru saja mendapat pekerjaan di Seoul. Ia terpaksa tinggal di kos-kosan murah bernama Eden Gosiwon.

Di kosan yang sempit dan kumuh itu, dia harus berbagi dapur dan kamar mandi dengan penghuni lainnya. Semakin hari, ia semakin curiga dengan tingkah laku tetangga kamar, bahkan ibu kosnya.

Salah satunya Seo Moon Jo (Lee Dong Wook), tetangga sebelahnya yang berprofesi sebagai dokter gigi.

Di lingkungan Eden Gosiwon tersebut ada kejadian misterus seperti ditemukannya banyak mayat kucing, serta beberapa mayat tanpa gigi.

Di tengah stres akibat pekerjaan dan trauma semasa wajib militer, Jong Woo semakin stres karena teror para penghuni kos dan kecurigaannya terhadap si dokter gigi.

Pada akhir episode, polisi berhasil membekuk para penghuni Eden Gosiwon yang terlibat dalam pembunuhan, kanibalisme, dan penyiksaan. Sementara, Jong Woo berakhir di rumah sakit jiwa.

Akan tetapi, Jong Woo sebenarnya terlibat dengan pembunuhan tersebut. Ia mengalami gangguan psikologi, ia selama ini mengejar dirinya sendiri.

4. The Smile Has Left Your Eyes (2018)

Melansir Viu, drama Korea "The Smile Has Left Your Eyes" terinspirasi dari serial televisi Jepang berjudul "Hundred Million Stars from the Sky".

Drama ini berkisah tentang Kim Moo Young (Seo In-guk), seorang pria misterius dengan masa lalu yang kompleks dan Yoo Jin Kang (Jung So-min), seorang wanita yang memiliki luka hati cukup dalam.

Kisah cinta mereka terhalang oleh Yoo Jin Gook (Park Sung Woong), seorang detektif yang sedang melakukan penyelidikan kasus pembunuhan.

Moo Young terpaksa berurusan dengan polisi karena tuduhan pembunuhan. Min Young memang sempat menyangka bahwa Jin Kang adalah adiknya yang hilang, setelah ada seseorang yang sengaja menyebar kabar bohong itu.

Dia bahkan sampai membunuh orang tersebut untuk menutupi kebenaran di balik kasus rumit ini. Namun, kenyataannya mereka bukan adik kakak. Min Young yang telanjur manjadi pembunuh, menyesali perbuatannya.

Setelah serangkaian penyelidikan, akhirnya terungkap bahwa Jin Kook membunuh ayah Moo Young. Sementara, pembunuh ibu Jin Kang adalah ayahnya sendiri.

Orangtua Jin Kang adalah anggota aliran sesat, ibunya terlibat dalam aliran sesat tersebut dan mencuri uang. Ayah Jin Kang membunuh istrinya sendiri.

Kedua tokoh utama ini berusaha sedemikian rupa untuk menutupi kasus pembunuhan tersebut.

5. Kill It (2018)

Melansir Kompas.com, 11 Januari 2021, drakor Kill It mengisahkan kehidupan Kim Soo Hyun (Jang Ki Yong), seorang pembunuh bayaran professional yang berkedok sebagai dokter hewan.

Dia kehilangan ingatan masa kecilnya dan kemudian dirawat oleh pembunuh bayaran dan mendapat nama alias Pebel.

Soo Hyun tumbuh sebagai pembunuh bayaran yang sering disewa baik oleh individu, maupun organisasi yang bersedia memberinya uang dalam jumlah besar.

Suatu hari, seorang klien memintanya untuk membunuh seseorang. Sebagai imbalan, klien tersebut akan memberi informasi tentang masa lalu Soo Hyun yang penuh konspirasi.

Di tengah misinya, dia bertemu dengan detektif Do Hyun Jin (Nana) yang merupakan mantan balerina.

Hyun Jin mencurigai Soo Hyun sebagai pembunuh, ia kemudian menyelidiki identitas serta masa lalu Soo Hyun. Tanpa diduga, ia justru menemukan fakta mengejutkan yang berkaitan dengan masa lalunya sendiri.

6. Your Honor (2018)

Drakor ini menceritakan saudara kembar identik Han Soo Ho dan Han Kang Ho.

Melansir Asian Wiki, Kang Ho (Yoon Si Yoon) merupakan seorang kriminal dengan tuduhan berbagai tindak kejahatan. Dia keluar-masuk penjara sampai lima kali.

Suatu hari, kembarannya yang berprofesi sebagai hakim, Soo Ho, tiba-tiba menghilang dalam suatu kasus penculikan.

Kang Ho secara diam-diam mengambil alih posisi saudara kembarnya sebagai hakim.

Namun, saat menjalankan tugasnya sebagai hakim ia tergiur oleh uang suap yang ditawarkan pengusaha terkenal. Ia tertarik dengan uang suap itu agar merusak karier saudara kembarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi