Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Rumah di Italia Dijual dengan Harga 1 Euro atau Rp 16.567, Ini Alasannya

Baca di App
Lihat Foto
Courtesy Paulo Di Bacco via CNN
Rumah seharga 1 Euro di Italia
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Ratusan rumah lawas di Pratola Peligna, sebuah komune dan kota di Provinsi L'Aquila di wilayah Abruzzo, Italia dijual dengan harga sangat murah yaitu hanya 1 Euro atau sekitar Rp 16.567.

Penjualan rumah senilai 1 Euro itu dilakukan karena populasi penduduk kota tersebut mengalami kemerosotan tajam.

Dampaknya, rumah-rumah tersebut menjadi terbengkalai dan tidak terawat. 

Melihat kondisi tersebut, pemerintah kota setempat membuat proyek yang disebut "Rumah dengan harga 1 Euro di Pratola Peligna".

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harapannya terjadi peningkatan populasi dan penyelamatan aset-aset rumah tak terawat tersebut. 

Baca juga: Demi Mempertahankan Populasi, Rumah-rumah Sicilia Ini Dijual Seharga 1 Euro!

Tentang Pratola Peligna

Pratola Peligna adalah sebuah daerah di sebelah timur Ibu Kota Italia Roma. Wilayah itu terdiri atas desa-desa yang indah, memiliki akses ke lereng ski, dan memiliki pemandangan yang luar biasa.

Letaknya di Pegunungan Apennine, dekat dengan beberapa jalur ski terbaik Italia.

Wilayahnya yang terpencil dengan nuansa abad pertengahan dipenuhi dengan properti terbengkalai.

Pemerintah berharap kehidupan baru segera tumbuh di daerah tersebut dengan adanya program rumah 1 Euro tersebut. 

Baca juga: Tren Jual Beli Rumah Tua Seharga 1 Euro di Italia Makin Meningkat

 

Populasi penduduk menurun

Pada 1930-an, ada sekitar 13.000 penduduk di wilayah Pratola Peligna yang memiliki luas 28,67 km persegi itu. 

Namun dari data sensus terakhir, wilayah tersebut hanya dihuni sekitar 7.553 penduduk.

Banyak rumah ditinggalkan karena penghuninya berpindah untuk mencari masa depan yang lebih cerah di tempat lain.

Usangnya rumah-rumah di daerah itu telah diperparah oleh beberapa gempa bumi, termasuk gempa bumi yang kuat pada 2009 yang menghancurkan kota terdekat L'Aquila.

"Kami telah mengerjakannya selama bertahun-tahun, mengidentifikasi rumah yang cocok untuk skema yang belum terlibat dalam rekonstruksi pascagempa," kata anggota dewan lokal Paolo Di Bacco kepada CNN Travel.

Baca juga: Siapa yang Membangun Piramida Mesir?

 

 

Syarat pembelian rumah 1 Euro 

Dari hasil dari pemetaan pemerintah setempat, dari sekitar 630 bangunan kosong, sebanyak 250 rumah bisa dijual seharga satu Euro.

Meskipun dihargai 1 Euro, namun terdapat sejumlah syarat bagi calon pembeli untuk dapat memiliki properti di wilayah tersebut. 

Pembeli diharuskan menyerahkan rencana rinci renovasi bangunan tersebut dalam waktu enam bulan, atau mereka akan didenda sebanyak 10.000 Euro atau sekitar Rp 165 juta. 

Syarat ini lebih ringan dibandingkan daerah lainnya, karena Pratola Peligna tidak mengharuskan pembeli membayar deposit hingga 5.000 Euro (Rp 83 juta) untuk menjamin para pembeli akan merenovasi rumah baru mereka.

Pembeli juga diwajibkan melakukan renovasi maksimal tiga tahun setelah membeli rumah tersebut. 

"Tujuan kami adalah membuat rumah-rumah itu bersinar lagi dan memulihkan keindahan pusat lama, bahkan jika itu mungkin memakan waktu cukup lama," kata Di Bacco. 

Syarat tersebut diberikan pemerintah setempat untuk memastikan pembeli benar-benar menindaklanjuti komitmen mereka dan tidak hanya membeli seharga satu Euro dan kemudian menghilang. 

Sebelumnya pemerintah telah berhadapan dengan orang asing yang hanya membeli rumah dengan harga murah, tapi kemudian pergi meninggalkannya begitu saja. 

Jika Anda tertarik untuk membeli properti di Pratola Peligna dapat melihat informasi rincinya di situs www.comune.pratolapeligna.aq.it

Baca juga: Sejarah Honda Lahir 24 September 1948

 

Kondisi bangunan di Pratola Peligna

Rumah batu Pratola Peligna yang terbengkalai berdesakan di distrik bersejarahnya, yang dikenal sebagai Schiavonia. Gang-gangnya hanya cukup lebar untuk gerobak kedelai.

Beberapa properti berada dalam kondisi yang baik, dengan dekorasi batu yang rumit dan portal arkade yang mewah. Beberapa bahkan lengkap. Tapi kebanyakan hanya reruntuhan perumahan dengan barang-barang yang ditinggalkan.

Semua rumah relatif kecil, yaitu sekitar 70 meter persegi dengan dua lantai. Beberapa memiliki balkon besi tempa, ruang bawah tanah, dan tangga yang mengarah ke pintu depan.

Di masa lalu, tempat tinggal dibangun dengan cara ini jika hujan salju lebat dan menghalangi akses ke rumah.

Sebagian besar bangunan seharga satu Euro memiliki dua pintu masuk terpisah, yaitu satu pintu masuk utama dan satu lagi di bagian bawah jalan menuju ruang penyimpanan bawah tanah.

Rumah yang lebih besar bahkan memiliki loteng dan teras di mana ibu rumah tangga biasa mencuci seprai dan sereal kering dan kacang-kacangan.

Beberapa bangunan, yang dulunya milik borjuasi pedesaan, masih dihiasi dengan lambang dinding serta pintu kayu yang dicat.

Baca juga: Tren Jual Beli Rumah Tua Seharga 1 Euro di Italia Makin Meningkat

Rumah bobrok yang tertutup lumut lainnya memiliki lubang di atap dan jendela kosong.

Area Pratola Peligna yang diduduki adalah labirin rumah-rumah baru berwarna pastel yang terhubung dengan yang lebih tua melalui jaringan lorong-lorong melengkung.

Kota ini menghadap ke lembah murni yang dilintasi sungai dan dikelilingi oleh lereng ski dan hutan, yang pernah diserbu oleh bajak laut.

Fosil prasejarah telah ditemukan di daerah itu, termasuk kerangka mamut.

Selain itu ada rute trekking berliku ke hutan belantara Taman Nasional Majella, yang masih dijelajahi oleh serigala dan beruang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi