Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Akun Instagram Tidak Ditemukan atau Hilang

Baca di App
Lihat Foto
Instagram
Tampilan pengguna yang tidak ditemukan di Instagram.
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Pernahkah Anda menemukan keterangan "user not found" saat mencari atau ingin melihat profil seseorang di Instagram?

Tampilan laman "user not found" ini biasanya disertai hilangnya foto profil dan feeds akun tersebut.

Ketika kita menelusuri akun tersebut melalui desktop, maka akan muncul tulisan "Maaf, halaman ini tidak tersedia. Tautan yang Anda ikuti mungkin telah rusak, atau halaman telah dihapus".

Jika kita mencari di Pusat Bantuan Instagram, tidak ada penjelasan spesifik mengenai tampilan tersebut.

Baca juga: Sejarah Instagram dan Cerita Awal Peluncurannya...

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski demikian, ada beberapa penyebab mengapa akun pengguna Instagram tidak ditemukan atau hilang.

1. Akun dinonaktifkan sementara

Instagram merupakan salah satu platform media sosial berbasis foto dan video. Semua orang bisa membagikan pengalaman dan kenangan mereka di dunia maya.

Kenangan dan pengalaman itu tidak selalu berupa hal baik. Beberapa orang memilih menonaktifkan akun karena alasan masing-masing.

Melansir Make Use Of, 23 Juli 2021, menonaktifkan akun untuk sementara bisa membantu seseorang mengalihkan pikiran dari riuhnya media sosial.

Maka, ketika Anda mendapati pemberitahuan "pengguna tidak ditemukan" pada salah satu akun pengguna, bisa jadi mereka sedang menonaktifkan akun mereka.

2. Akun telah dihapus

Alasan lain mengapa Anda mungkin mendapatkan pesan "pengguna tidak ditemukan" adalah bahwa pengguna telah menghapus akun mereka.

Ini bisa jadi karena pengguna sudah cukup menggunakan Instagram, menemukan aplikasi lain untuk digunakan, atau mereka tidak membutuhkannya lagi.

Instagram menampilkan pemberitahuan "pengguna tidak ditemukan" ketika Anda mencoba mengakses halaman profil akun yang dihapus.

Baca juga: Mirip, Ini Beda YouTube Shorts Dibandingkan Instagram Reels dan TikTok

3. Diblokir pihak Instagram

Jika pengguna melanggar pedoman komunitas dan ketentuan pengguna Instagram, misalnya menyebarkan ujaran kebencian, melecehkan pengguna lain, atau terlibat dalam perilaku ilegal, akun bisa diblokir.

Instagram juga akan membatasi akun pengguna yang telah dilaporkan oleh orang lain. Salah satunya, ketika profil orang tersebut dicari di Instragam maka akan muncul "user not found" atau "pengguna tidak ditemukan".

4. Salah ketik nama pengguna

Akun yang hilang atau tidak ditemukan bisa terjadi karena masalah sepele, yakni salah ketik nama pengguna.

Ada lebih dari satu miliar akun yang terdaftar di Instagram. Para penggunanya pun memakai nama unik atau sesuai selera mereka agar tidak ada nama pengguna yang sama.

Jika kita salah mengetik nama pengguna dan tidak dapat menemukan akun tersebut, maka nama itu belum pernah dipakai oleh orang lain.

Ini juga yang menyebabkan Anda menemui tampilan "user not found" saat mencoba mengakses profil pengguna tersebut.

Satu huruf atau satu karakter saja yang salah, maka akun tidak dapat diakses.

Baca juga: Fitur Swipe Up di Instagram Akan Diganti Stiker mulai 30 Agustus

5. Pengguna mengubah nama akunnya

Selain kesalahan ketik, penyebab lain akun Instagram tidak ditemukan adalah karena pengguna mengubah nama akun dan identitas mereka.

Mereka tetap menggunakan akun yang sama, tetapi mengubah identitas mereka. Ini membuat seseorang yang hendak mencari akun tersebut, akan mendapati akun lamanya seolah hilang. Padahal hanya ganti nama.

6. Anda diblokir

Penyebab terakhir mengapa muncul pemberitahuan "user not found" di Instagram saat mencoba mengakses profil pengguna adalah kemungkinan akun telah diblokir.

Biasanya, seseorang memblokir orang lain karena tidak ingin konten atau unggahannya diketahui. Beberapa selebriti juga menggunakan cara ini agar menghindari komentar negatif dari para pengikutnya.

Instagram tidak memberikan penjelasan mendetail saat menampilkan pemberitahuan "pengguna tidak ditemukan", tetapi ini adalah alasan paling umum mengapa Anda tidak bisa melihat profil salah satu akun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi