Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencegah Mimpi Buruk Datang

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/Shane Hfvfun
Mimpi buruk yang terjadi terlalu sering bisa menganggu pola tidur dan memicu stres.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Mimpi buruk bisa terjadi kepada siapa saja dan di rentang usia berapa saja.

Mimpi buruk adalah hal yang normal jika hanya terjadi sekali dua kali saja dalam rentang satu bulan.

Namun jika mimpi buruk terjadi sangat sering sehingga menganggu pola tidur dan membuat Anda stres, maka bisa jadi itu adalah gangguan mimpi buruk serius yang perlu penanganan khusus.

Nightmare disorder atau gangguan mimpi buruk bisa terjadi karena banyak faktor. Bisa karena gangguan kesehatan yang menyerang fisik maupun psikologis, atau gangguan yang diturunkan lewat genetika.

Gangguan mimpi buruk harus segera diatasi dan dicari solusinya agar pola tidur malam Anda tak terganggu dan Anda bisa beraktivitas rutin dengan tubuh yang tetap segar dan prima.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Hati-hati, Mimpi Buruk Bisa Jadi Penanda Ada Masalah dalam Diri

Solusi medis mengatasi mimpi buruk

Melansir dari Mayo Clinic, selama gangguan mimpi buruk tak menganggu kesehatan Anda, maka gangguan ini tak membutuhkan solusi medis.

Namun jika mimpi buruk terjadi sangat sering dan mengganggu rutinitas harian Anda, maka Anda perlu berlari ke dokter spesialis.

Penanganan medis untuk gangguan mimpi buruk bisa berupa obat-obatan yang disesuaikan dengan penyebab dan efek samping dari gangguan mimpi buruk yang ada. 

Jika gangguan tidur berkaitan dengan kesehatan mental, seperti anxiety atau depresi, maka Anda akan dirujuk ke spesialis psikologi.

Baca juga: 8 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menganggu Kesehatan Mental

Cara alami mengatasi mimpi buruk

Jika mimpi buruk yang datang tak terlalu merisaukan, Anda bisa melakukan cara dan terapi alami ini untuk mencegah mimpi buruk datang terlalu sering menghampiri tidur Anda.

1. Lakukan rutinitas sebelum tidur

Bangun kegiatan menenangkan yang sama setiap kali Anda akan menuju tidur. Rutinitas ini bisa berupa membaca buku, mendengarkan musik, atau mandi dengan air hangat.

Kegiatan rutin ini bisa menyiapkan otak dan saraf menuju tenang sebelum mata Anda akhirnya terpejam. 

2. Menceritakan mimpi buruk yang terjadi

Jika buah hati Anda yang mengalami mimpi buruk, segera tenangkan mereka begitu mereka terbangun dari tidurnya yang terganggu.

Kemudian ajak anak untuk menceritakan kembali apa yang muncul di mimpi buruknya. Siapa yang datang dan menakuti, kejadian apa yang terasa seram, dan lain sebagainya.

Lantas katakan kepada anak bahwa mimpi buruk itu tidak nyata dan tidak bisa menyakiti mereka.

Baca juga: Begini Cara Mengurangi Kebiasaan Mendengkur

3. Bangun ulang cerita 

Setelah buah hati bercerita tentang mimpi buruknya, ajak mereka untuk membangun akhir cerita yang bahagia.

Bisa dengan mengajak si monster berbicara, atau menggambar ulang monster di atas selembar kertas. Terkadang, kreatifitas bisa menjadi obat.

4. Jauhkan diri dari stres

Jika Anda tengah stres, segera ambil solusi untuk mengurai masalah yang ada. Anda bisa berbicara dengan psikolog, atau berbagi beban dengan teman dekat.

5. Bangun lingkungan tidur yang nyaman

Atur kamar tidur senyaman mungkin sesuai dengan keinginan Anda. Atur suhu kamar, lampu, dan kelengkapan kasur agar tidur bisa terasa menenangkan.

Untuk kamar tidur anak, bisa dilengkapi dengan boneka dan berbagai permainan favorit anak untuk bisa membuat anak merasa tenang dan aman.

Baca juga: Mandi Malam Sebelum Tidur, Sebaiknya Menggunakan Air Panas atau Air Dingin?

6. Sediakan cemilan

Turunnya glukosa dalam darah ketika kita tidur sangat bisa memicu mimpi buruk.

Melansir dari Good Housekeeping, ketika Anda terus merasa kelaparan sepanjang hari, maka besar kemungkinan mimpi buruk akan menyerang di malam harinya.

Jadi beberapa saat sebelum tidur, kudaplah makanan ringan seperti telur rebus atau sepotong daging dan keju. Hindari karbohidrat, karena hanya akan membuat mimpi buruk semakin parah. 

7. Hindari hal-hal yang menakutkan

Hindari melihat, mendengar, atau membahas hal-hal yang menakutkan beberapa jam sebelum tidur.

Menonton film horor atau membaca buku-buku misteri bisa membuat otak Anda tegang sepanjang malam hingga ketika Anda sudah memasuki fase tidur.

Tujuh hal di atas adalah cara-cara alami yang bisa digunakan meredakan dan mencegah mimpi buruk datang kepada Anda maupun kepada buah hati Anda.

Baca juga: Tips Tidur Nyenyak untuk Para Lansia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi