Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Jokowi, Ini Tokoh Muslim Indonesia Paling Berpengaruh di Dunia 2022

Baca di App
Lihat Foto
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpidato dalam KTT Perubahan Iklim COP26.
|
Editor: Rendika Ferri Kurniawan

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) masuk dalam jajaran tokoh muslim paling berpengaruh tahun 2022 di seluruh dunia.

Situs The Muslim 500, meliris kurasi tahunannya yang menyoroti tokoh-tokoh musim di seluruh dunia.

Dalam rilis terbarunya, ada sejumlah tokoh dari Indonesia dalam jajaran The Muslim 500: The World's 500 Most Influential Muslims 2022.

Berdasarkan data yang diunduh dalam laman Themuslim500.com diketahui Presiden Jokowi berhasil menempati posisi ke-13 dari 50 besar tokoh paling berpengaruh di dunia. Adapun 450 tokoh lainnya, diurutkan berdasarkan bidang masing-masing, seperti politik, seni, sastra, ilmu pengetahuan, pengaruh ajaran, bahkan mantan teroris.

Selain Jokowi, ini tokoh muslim paling berpengaruh 2022 dari Indonesia:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Profil Jenderal Andika Perkasa, Calon Tunggal Panglima TNI yang Ditunjuk Jokowi

Said Aqil Siradj

Selain Jokowi, ada nama Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj di posisi ke-19.

Said Aqil Siradj adalah pemimpin organisasi Muslim independen terbesar di Indonesia dan organisasi Islam paling berpengaruh di dunia, yakni Nahdlatul Ulama (NU).

Dengan basis keanggotaan yang menjangkau pedesaan, NU membedakan dirinya dari organisasi Islam lain di Indonesia. NU memoposisikan dirinya sebagai organisasi Islam tradisional, dengan menekankan pendidikan dan keterlibatan politik berdasarkan prinsip-prinsip Islam.

NU telah memberikan kontribusi kepada masyarakat di bidang pembangunan pendidikan, kesehatan, dan pengentasan kemiskinan.

Baca juga: Jokowi Masuk Jajaran Tokoh Muslim Paling Berpengaruh Tahun 2022

Habib Luthfi Bin Yahya

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Habib Luthfi Bin Yahya juga masuk dalam 50 besar tokoh muslim berpengaruh, dengan berada di posisi ke-32.

Habib bin Luthfi saat ini merupakan Ketua Asosiasi Tarekat Sufi yang Diakui, Ketua MUI Jawa Tengah, serta pemimpin spiritual Ba Tarekat Alawi di Indonesia.

Habib Luthfi pertama kali belajar di bawah bimbingan guru Ba Alawi di Indonesia. Dia kemudian melakukan perjalanan ke Mekah dan Madinah untuk pendidikan lebih lanjut.

Ia pun menerima otorisasi (ijazah) di semua bidang pembelajaran tradisional termasuk hadits, dan tasawuf. Otorisasinya untuk menjadi guru spiritual berasal dari lebih dari satu tarekat (persaudaraan spiritual).

Baca juga: Sisi Lain Tri Mumpuni, Ilmuwan sekaligus Ibu yang Menjadi Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia

Kyai Haji Achmad Mustofa Bisri

Kyai Haji Achmad Mustofa Bisri juga masuk dalam 500 tokoh muslim paling berpengaruh. Ia dikenal sebagai penyair, novelis, pelukis, dan intelektual muslim.

Alumni Universitas Al Azhar ini adalah mantan Ketua Umum NU. Ia juga berperan dalam perkembangan sosial dan politik NU selama 30 tahun terakhir. Dia mengepalai Pondok Pesantren Latuth Tholibin di Rembang, Jawa Tengah.

Peran Mustofa Bisri dalam menggabungkan spiritualitas dalam karya seni dan sastranya dikagumi secara luas di Indonesia.

 

Khofifah Indar Parawansa

Gubernur Timur ke-14, Khofifah Indar Parawansa ini juga masuk dalam daftar. Dia disebut memiliki pendukung kuat yang mengkampanyekan persatuan antaragama dan juga memimpin kampanye untuk memberantas pengangguran dengan menawarkan pekerjaan alternatif.

Khofifah juga merupakan Ketua Umum Muslimat, sebuah kelompok perempuan yang berafiliasi dengan NU.

Prabowo

Letjen Prabowo Subianto diangkat sebagai Menteri Pertahanan pada 2019. Dia disebut sebagai tokoh muslim berpengaruh dalam bidang politik di Indonesia.

Prabowo mencalonkan diri sebagai wakil presiden di 2009, dan presiden pada 2014 dan 2019, di mana ia dikalahkan dua kali oleh Jokowi.

Baca juga: Daftar 50 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh Dunia 2021

Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri adalah mantan wakil presiden periode 1999-2001. Pada periode kepemimpinan berikutnya, yakni pada 2001-2004, Megawati berhasil menjabat sebagai presiden.

Ia pun menjadi presiden perempuan pertama Indonesia, yang penduduknya mayoritas Muslim.

Hingga kini, Megawati masih menjabat sebagai Ketua Umim PDI-P dan masih aktif dalam kancah dunia poliitk.

Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)

Abdullah Gymnastiar atau lebih dikenal sebagai Aa Gym sudah lama menjadi penceramah atau pengkhotbah paling populer di Indonesia.

Dengan gayanya modern, segar, menyenangkan, Aa Gym membangun pengikutnya dan menarik perhatian sorotan media.

Pada 2006 Aa Gym mengumumkan pernikahan poligami dan mendapat reaksi besar dari berbagai pihak. Ini menjadi pukulan baginya.

Quraisy Shihab

Quraish Shihab adalah pakar Al-Qur'an Indonesia. Ia adalah penafsir yang secara teratur berkhotbah di televisi nasional dan berbagai platform.

Ia dikenal sebagai ulama progresif yang mengajar Tafsir Alquran menggunakan konteks dan bahasa yang sederhana.

Quraish Shihab juga menulis banyak buku Islam, termasuk Tafsir Al Misbah.

Dia sempat menjabat sebagai Menteri Indonesia Departemen Agama pada 1998 dan juga sempat manjabat sebagai Ketua MUI pada 1984. Shihab juga pernah menjabat sebagai direktur Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, pada 1992-1998.

Atas prestasinya, dia dianugerahi medali oleh Perdana Menteri Mesir Mostafa Madbouly pada 2020.

Haidar Bagir

Haidar Bagir adalah pendiri dan direktur Mizan, perusahaan penerbitan besar yang secara signifikan membentuk perkembangan wacana keislaman di Indonesia.

Bagir telah mendirikan dan mengajar di banyak lembaga pendidikan. Dia juga banyak menulis tentang tasawuf.

Tri Mumpuni

Tri Mumpuni menghabiskan 15 tahun memperjuangkan hak masyarakat pedesaan di Indonesia melalui inovasinya di bidang kelistrikan, dengan mengembangkan pembangkit listrik mikrohidro.

Perempuan ini memberdayakan listrik di lebih dari 60 lokasi terpencil di Indonesia yang mendapat penghargaan Award for Community Power di Ashden Awards 2012.

Tri Mempuni juga merupakan Direktur Eksekutif IBEKA, sebuah organisasi nirlaba yang mempromosikan pembangunan masyarakat dan penyediaan energi lokal, terutama hydroelectricity, dan juga ketersediaan air bersih.

Dia memelopori model kemitraan swasta masyarakat untuk membangun usaha kecil pembangkit listrik yang dimiliki secara merata oleh masyarakat di desa terpencil.

Asma Nadia

Asma Nadia adalah sastrawan perempuan Indonesia yang produktif. Dia menulis lebih dari 56 buku, termasuk cerita pendek, novel, dan nonfiksi tentang topik-topik seperti perbaikan diri, menanamkan sakinah dalam keluarga, pola asuh, dan motivasi.

Beberapa karyanya juga sempat dialihwahanakan dalam bentuk film.

Nadia mendirikan Komunitas I Can Write yang bertujuan untuk membantu penulis muda dalam berkarya. Dia juga membuka 262 perpustakaan di seluruh Indonesia untuk anak-anak kurang mampu.

Helvy Tiana Rosa

Helvy Tiana Rosa merupakan sastrawan yang telah menulis lebih dari 60 buku dalam berbagai genre.

Karya-karyanya telah diterjemahkan ke beberapa bahasa dan sebagian telah dibuat menjadi
film.

Selama karir menulisnya yang terhitung lebih dari 30 tahun, Helvy telah memenangkan 50 penghargaan nasional dan internasional dalam literasi dan pemberdayaan perempuan.

Helvy juga mendirikan komunitas penulis yang disebut Forum Lingkar Pena (FLP) pada 1997 yang telah tersebar ke lebih dari 200 kota di Indonesia dan luar negeri.

Sulis

Sulistyowati yang lebih dikenal sebagai Sulis merupakan penyanyi lagu rohani. Perempuan kelahiran tahun 1990 ini merupakan anak didik dari penyanyi nasyid terkenal, Haddad Alwi.

Di usianya yang masih sembilan tahun, Sulis merilis album pertama bersama gurunya, Haddad Alwi, berjudul Cinta Rasul Vol. 1.

Sulis berperan dalam mempopulerkan lagu-lagu religi dan islami di Indonesia. Kepopulerannya terus berlanjut hingga Sulis meluncurkan enam album lainnya dalam seri Cinta Rasul.

Hajjah Maria Ulfah

Hajjah Maria Ulfah diakui secara internasional sebagai penghafal Al-Qur'an, dan merupakan wanita pertama yang memenangkan kompetisi tajwid Al-Qur'an tingkat internasional.

Dia juga merupakan pimpinan Central Institute untuk Pengembangan Bacaan Al-qur'an. Saat ini, dia menjabat sebagai direktur departemen perempuan di Institut Ilmu Al-Qur'an di Jakarta.

Goenawan Mohamad

Goenawan Mohamad adalah seorang penulis, editor, aktivis dan jurnalis yang masuk dalam daftar tokoh mulism paling berpengaruh.

Dia adalah pendiri dan mantan pemimpin redaksi majalah Tempo. Kritiknya terhadap rezim orde Baru berimbas ditutupnya produksi majalah itu secara paksa, hingga dua kali.

Abu Bakar Bashir

Abu Bakar Bashir atau dikenal sebagai Abdus Somad tokoh Islam di Indonesia yang memimpin Majelis Mujahidin Indonesia (MMI).

Dia dijatuhi hukuman 15 tahun penjara pada persidangan ketiganya, tepatnya pada Juni 2011 atas tuduhan merencanakan dan mendorong operasi teroris.

Pada Agustus 2014, dia secara terbuka berjanji setia kepada Abu Bakar Al-Baghdadi, pemimpin da'ish atas deklarasi khilafahnya.

Pada tahun 2021, Bashir dibebaskan dari penjara dan dimasukkan ke dalam program deradikalisasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi