Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Doodle Hari Ini: Ismail Marzuki, Maestro Musik Indonesia

Baca di App
Lihat Foto
Google
Google Doodle Ismail Marzuki.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Dalam rangka Hari Pahlawan 2021 yang jatuh pada Rabu (10/11/2021), Google Doodle mengenang komponis besar Tanah Air, Ismail Marzuki.

Hari ini, 53 tahun lalu, tepatnya pada 10 November 1968, Pemerintah Indonesia menghormati warisannya dengan meresmikan Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (TIM).

Dilansir dari laman Google Doodle, TIM berfungsi sebagai pusat pelestarian warisan budaya Indonesia dan inovasi kreatif dalam seni rupa, musik, teater, tari, dan film.

Ilustrasi Ismail Marzuki yang tampil di Google Doodle hari ini merupakan karya seorang seniman tamu yang berbasis di Indonesia, Ykha Amelz.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ykha merayakannya karena banyak lagu patriotik yang membuat Ismail Marzuki menjadi pahlawan nasional selama gerakan kemerdekaan bangsa.

Baca juga: Usmar Ismail dan 3 Tokoh yang Mendapatkan Gelar Pahlawan Nasional 2021

Profil Ismail Marzuki

Ismail Marzuki lahir di Kwitang, Jakarta Pusat, Indonesia, pada 11 Mei 1914, ketika wilayah itu berada di bawah kekuasaan kolonial Belanda.

Meskipun profesi musisi tidak umum pada saat dia kecil, Ismail Marzuki tumbuh dengan rajin berlatih musik hingga lima jam sehari.

Latihan keras itu membuatnya menguasai delapan instrumen, yakni harmonika, mandolin, gitar, ukulele, biola, akordeon, saksofon, dan piano.

Pada usia 17 tahun, ia menggubah lagu pertama dari ratusan lagu yang akan ia hasilkan sepanjang kariernya.

Lagu-lagu Ismail Marzuki

Lagu-lagu yang diciptakan Ismail Marzuki selalu bertemakan perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan nada melankolis sekaligus mewakili ketahanan bangsa melalui melodi yang diingat hingga saat ini.

Dia juga mampu mengisi hati orang Indonesia yang dengan bangga menyiarkan lagu-lagunya selama bertahun-tahun di Radio Republik Indonesia (RRI), di mana sembilan di antaranya menjadi lagu kebangsaan.

Baca juga: 9 Lagu Lebaran Populer, dari Ismail Marzuki, Ungu, hingga Gigi

 

Lagu "Gugur Bunga" hingga "Indonesia Pusaka"

Pada 1955, Ismail Marzuki mengambil alih sebagai pemimpin Orkestra Studio Jakarta yang bergengsi dan menggubah lagu "Pemilihan Umum", tema musik pemilihan umum pertama di Indonesia.

Lagu-lagu ciptaan Ismail Marzuki di antaranya "Gugur Bunga", "Halo Halo Bandung", "Indonesia Pusaka", "Rayuan Pulau Kelapa", "Bandung Selatan di Waktu Malam", "O Kopral Jono", "Sepasang Mata Bola", "Selendang Sutra", dan "Gagah Perwira", serta masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk menghormati kontribusi budayanya, Pemerintah Indonesia menobatkan Ismail Marzuki sebagai Pahlawan Nasional pada 2004.

Baca juga: Mengenang Ismail Marzuki, Maestro Musik Indonesia yang Meninggal di Pangkuan Sang Istri...

Masyarakat yang ingin mengenal dan mempelajari lebih lanjut tentang Ismail Marzuki bisa mengunjungi TIM yang berlokasi di Jalan Cikini Raya 73, Jakarta Pusat.

TIM banyak memamerkan koleksi pribadinya, termasuk lagu-lagu tulisan tangan dan beberapa dari banyak instrumennya.

Tampilnya Ismail Marzuki di Google Doodle juga sebagai ungkapan terima kasih karena telah menulis banyak soundtrack untuk kemerdekaan Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi