Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bidang Karier yang Diprediksi Jadi Tren pada 2022

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Shutterstock/Somchai_Stock
Ilustrasi perawatan di rumah sakit
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 berdampak pada pekerjaan banyak orang. Ada yang terpaksa harus berhenti, ada yang masih bisa berjalan.

Banyak kantor beradaptasi dengan melakukan work from home (WFH). Akan tetapi, ada juga yang tidak bisa bertahan meski telah melakukan berbagai penyesuaian.

Berikut ini bidang pekerjaan yang diprediksi akan menjadi tren tahun depan, dikutip dari Forbes, 8 November 2021:

1. Healthcare

Pandemi Covid-19 yang tampaknya belum akan usai ini berdampak besar pada kesehatan masyarakat di dunia.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebutuhan akan tenaga perawat pada 2027 diprediksi mencapai 500.000.

Untuk bekerja di bidang ini, Anda membutuhkan gelar sarjana atau lisensi.

2. Information Technology (IT)

Bidang IT telah menjadi bidang yang paling bertumbuh selama bertahun-tahun. Bedanya, kini terdapat peningkatan fokus pada pekerjaan jarak jauh.

Selain itu, bidang ini juga mengembangkan smartphone untuk memenuhi meningkatnya permintaan perangkat lunak dan aplikasi.

Meskipun bidang ini secara tradisional membutuhkan gelar sarjana sains, perusahaan sekarang merekrut orang-orang yang belajar coding online.

Jika Anda berpikir tentang perubahan karier dan berorientasi pada teknologi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengambil beberapa kelas coding.

Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS) The Occupational Outlook Handbook (OOH) memperkirakan bahwa pada akhir dekade ini, bidang pengembangan perangkat lunak akan tumbuh sebesar 22 persen, yang berarti lebih dari 300.000 pekerjaan baru.

Pekerjaan di bidang ini juga cocok bagi Anda yang introvert.

3. Supply Chain Management

Panic buying yang dimulai pada awal pandemi Covid-19 mengubah metode pengiriman tepat waktu yang telah lama diandalkan oleh banyak pengecer.

Pekerjaan di bidang ini meliputi Agen Pembelian, Analis Logistik, dan Manajer Distribusi. Selain itu, insinyur industri juga banyak dibutuhkan dalam bidang ini.

Jadi, jika Anda ahli dengan matematika, statistik, dan prinsip-prinsip teknik dan suka membuat sistem bekerja lebih efisien, ini bisa menjadi bidang yang tepat untuk Anda.

4. Manajemen keuangan

Karier di bidang ini diperkirakan akan tumbuh sebesar 15 persen selama dekade berikutnya.

Manajer keuangan dipekerjakan untuk memeriksa pengeluaran dan pendapatan perusahaan sambil mencari cara untuk memaksimalkan profitabilitas.

Ada perusahaan yang membutuhkan gelar MBA, ada juga yang hanya sarjana. Seperti Fortune 500, misalnya, sering mencari kandidat yang memiliki gelar MBA.

5. Aktuaria dan ahli statistik

Aktuaris menikmati tingkat pertumbuhan hampir 20 persen pada akhir dekade. Jika Anda menyukai data dan statistik, ini bisa menjadi bidang pertumbuhan tinggi yang sempurna.

Sebagian besar bekerja untuk perusahaan asuransi. Anda dituntut mampu mengevaluasi risiko untuk bekerja di bidang ini.

Aktuaris sering memiliki gelar dalam ilmu aktuaria dan telah lulus serangkaian ujian lisensi.

Ahli statistik memenuhi peran serupa bagi perusahaan dengan menganalisis data dan memproyeksikan penjualan, keuntungan, dan hambatan pertumbuhan di masa depan.

Data Scientists, yang membantu perusahaan memanfaatkan informasi dengan lebih baik, menikmati proyeksi pertumbuhan lapangan kerja sebesar 30 persen pada tahun 2030.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi