Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Kebakaran Tangki Pertamina Cilacap, BMKG Ungkap Adanya Sambaran Petir

Baca di App
Lihat Foto
Thinkstock
Ilustrasi sambaran petir
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Penyebab insiden kebakaran tangki yang terjadi pada kilang minyak milik Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (13/11/2021) masih dalam penyelidikan.

Sejumlah warganet menduga, penyebab kebakaran lantaran tangki berisi produk Pertalite itu tersambar petir.

"Kilang minyak pertamina cilacap kebakaran malam ini. Diduga tersambar petir," tulis akun Twitter @sudut_ruanganIX.

"Guys, mohon doanya. kilang minyak Pertamina Deket rumah ku kebakaran kesambar petir," tulis akun twitter @yoonglist_.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Kronologi Kebakaran Tangki di Kilang Pertamina Cilacap

Analisis BMKG soal cuaca sewaktu kebakaran tangki Pertamina

Lantas, benarkah penyebab kebakaran berasal dari sambaran petir, dan bagaimana kondisi cuaca saat kebakaran terjadi?

Menurut keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (14/11/2021), berdasarkan analisis data dari alat monitoring kelistrikan udara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang terdapat di Stasiun Geofisika Banjarnegara, terdeteksi dua peristiwa sambaran petir terdekat dengan kilang minyak RU IV Cilacap yang terbakar.

Untuk sambaran petir pertama:

Sementara untuk sambaran petir kedua:

Baca juga: Ramai Kilang Pertamina di Cilacap Kebakaran, Ini Penjelasan Kapolres

Analisis pertumbuhan awan

Selain itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga menganalisis mengenai pertumbuhan awan di wilayah Kabupaten Cilacap pada waktu insiden kebakaran atau Sabtu (13/11/2021).

Dari data citra satelit dan radar cuaca diidentifikasi bahwa pada Sabtu (13/11/2021) pukul 17.00-21.00 WIB terdapat pertumbuhan awan konvektif di wilayah Kabupaten Cilacap dengan suhu puncak awan mencapai kisaran -62,5 hingga -75,1 derajat Celsius.

Artinya, adanya pertumbuhan awan konvektif dengan jenis Cumulonimbus yang memiliki karakteristik meyebabkan terjadinya potensi hujan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai potensi kilat/petir dan angin kencang.

Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap melakukan pengukuran curah hujan, dan dihasilkan bahwa telah terjadi hujan dengan intensitas mencapai 47 mm selama periode pukul 16.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Baca juga: Viral Video Mobil Tangki Gas Elpiji Bocor di Jalan, Bagaimana Ceritanya?

Peringatan dini cuaca ekstrem

Sebelumnya, BMKG wilayah Jawa Tengah telah mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca ekstrem (potensi hujan lebat disertai kilat/petir/angin kencang) untuk wilayah Propinsi Jawa Tengah pada 13 November 2021 sebagai berikut:

  1. Peringatan dini berbasis dampak (IBF) yang dikeluarkan pada 12 November 2021.
  2. Prakiraan cuaca Jawa Tengah yang berlaku pukul 07.00-19.00 WIB yang dikeluarkan pada 13 November 2021 yang dikeluarkan jam 07.00 WIB.
  3. Prakiraan cuaca 24 jam yang dikeluarkan pada 13 November 2021, pada pukul 07.00 WIB hingga 14 November 2021 jam 07.00 WIB.
  4. Prospek cuaca 3-6 jam ke depan yang dikeluarkan pada 13 November 2021 jam 10.00 WIB.
  5. Peringatan dini cuaca ekstrem provinsi Jawa Tengah yang dikeluarkan pada 13 November sejak 12.05 WIB dan berakhir pada pukul 22.00 WIB.

Peringatan dini cuaca ekstrem disertai kilat/petir yang berlaku pada Sabtu (13/11/2021) telah dikeluarkan oleh BMKG sebanyak 5 kali sejak pukul 12.05 WIB hingga periode akhir peringatan dini pada pukul 22.00 WIB.

Baca juga: Saat Sintang Akan Selamanya dalam Ancaman Banjir...

Imbauan BMKG

Adanya cuaca ekstrem belakangan ini, BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk:

  1. Terus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya cuaca ekstrem, antara lain hujan lebat, hujan es, hujan lebat disertai kilat dan petir, kilat/petir, angin kencang, puting beliung dan seterusnya.
  2. Ketika terjadi hujan disertai kilat/petir hindari lokasi tanah lapang atau pesawahan, hindari berteduh di bawah pohon atau bangunan tidak permanen di area yang lapang.
  3. Lakukan pemotongan ranting/dahan pohon yang mudah patah/roboh ketika terjadi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang.
  4. Dalam rangka mitigasi terhadap bahaya/ancaman sambaran petir disarankan untuk bangunan rumah, bangunan elektronik/komputasi dan bangunan obyek vital nasional, serta bangunan lainya yang sensitif terhadap sambaran petir agar dipasang Sistem Penangkal Petir Terpadu dan Sistem Grounding yang memadai.
  5. Selalu update informasi peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG yang dapat diakses dari berbagai kanal informasi BMKG seperti:
    • Website BMKG https://www.bmkg.go.id, untuk prakiraan cuaca hingga level Kecamatan.
    • Akun media sosial @infobmkg.
    • Aplikasi iOS dan android "Info BMKG".
    • Call center 196 BMKG.
    • Atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

 Baca juga: Tangki Pertamina di Kilang Cilacap Terbakar, Penyebab Masih Belum Diketahui

Sebagaimana diberitakan, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, pihaknya ikut mengamati insiden kebakaran tangki minyak di Cilacap semalam melalui Pertamina Integrated Command Center (PICC).

Ia mengungkapkan, api pertama yang sempat direkam oleh warga sekitar itu sudah berhasil dipadamkan Sabtu (13/11/2021) pada pukul 23.05 WIB. Namun, terjadi suatu kendala yang menyebabkan form terbuka dan muncul api kedua.

"Dari semalam jam 23.05 WIB itu api sudah bisa dipadamkan sekitar 80 menit, namun kemudian form terbuka dan ada api kedua dan dilakukan fire fighting hingga pagi hari," ujar Nicke dalam konferensi pers secara virtual, Minggu (14/11/2021).

Kendati demikian, saat ini api sudah dapat dipadamkan total.

Baca juga: Viral, Video Lokomotif KA Keluarkan Kobaran Api, Apa yang Terjadi?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi