Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Microsoft Luncurkan Xbox

Baca di App
Lihat Foto
techradar.com
Konsol Xbox buatan Microsoft
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Microsoft, perusahaan yang dikenal sebagai pengembang sistem operasi Windows, resmi memasuki pasar konsol gaming pada hari ini 20 tahun lalu.

Melansir History, Microsoft meluncurkan konsol gim pertama mereka, Xbox, pada 15 November 2001.

CEO Microsoft pada saat itu, Bill Gates, memutuskan untuk terjun ke pasar video game karena khawatir konsol gim akan menjadi kompetitor serius bagi personal computer (PC).

Saat Xbox diluncurkan, pasar video game didominasi oleh dua perusahaan asal Jepang, Sony dan Nintendo.

Keduanya tidak memiliki pesaing, terutama dari perusahaan Amerika, sejak Atari menghentikan penjualan konsol Jaguar mereka pada 1996.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meskipun Xbox tidak langsung menjadi raja dalam perang konsol gim, namun kehadirannya memberikan tekanan cukup serius bagi Sony dan Nintendo.

Microsoft pun menjadi salah satu pemain tetap di pasar konsol gim, dan secara konsisten meluncurkan generasi penerus dari Xbox, yakni Xbox 360, Xbox One, dan terbaru Xbox Series X|S.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Gunung Nevado Del Ruiz Meletus, 20.000 Orang Tewas

Menggunakan teknologi PC

Microsoft mendesain Xbox sebagai konsol gim pertama yang menggunakan teknologi serupa PC, seperti penggunaan hard disk drive internal, yang membuat gamer tidak perlu lagi membeli memory card untuk menyimpan data gim mereka.

Ketika itu, Xbox berhadapan langsung dengan Playstation 2 besutan Sony, yang diposisikan sebagai konsol entertainment serba ada dan tidak hanya untuk bermain gim.

Playstation 2 hadir dengan kemampuan tambahan sebagai pemutar DVD, musik, dan juga media-media digital lainnya.

Menjawab tantangan itu, Xbox menyematkan fitur konektivitas internet dengan menggunakan kabel Ethernet berkecepatan tinggi, yang memungkinkan konsol itu digunakan untuk bermain game secara online.

Tak lama setelah diluncurkan, Microsoft menghadirkan layanan Xbox Live, di mana gamer dari seluruh dunia dapat bermain bersama secara online, sesuatu yang sebelumnya hanya bisa dilakukan melalui PC desktop.

Game pertama Xbox

Apalah artinya sebuah konsol gaming berteknologi canggih tanpa game yang menarik untuk dimainkan, hal tersebut sangat disadari oleh Microsoft.

Sebelum Xbox diluncurkan, Microsoft mengakuisisi perusahaan pengembang gim Bungie, dan menggunakan gim first-person shooter buatan pengembang itu, Halo: Combat Evolved, sebagai gim yang rilis bersamaan dengan Xbox.

Halo mendapat sambutan positif oleh gamer berkat desain gimnya yang inovatif serta keberadaan fitur online yang memungkinkan para gamer dari berbagai belahan dunia untuk bermain bersama.

Kepopuleran Halo membuat karakter Master Chief dalam gim tersebut akhirnya menjadi ikon dari Xbox, sama seperti Crash menjadi ikon dari Sony Playstation dan Mario yang merupakan maskot dari Nintendo.

Microsoft rugi 4 miliar dollar AS

Microsoft mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk mengembangkan Xbox.

Selain itu, biaya yang harus dikeluarkan Microsoft untuk memproduksi setiap unit konsol Xbox melebihi harga jualnya, yang pada saat diluncurkan dijual dengan harga 299 dollar AS.

Microsoft dilaporkan menelan kerugian 4 miliar AS dari Xbox generasi pertama. Akan tetapi, penerus konsol tersebut, Xbox 360, sukses terjual hingga lebih dari 100 juta unit.

Fakta Xbox

Melansir IGN, Microsoft hingga saat ini tidak mengumumkan secara resmi total penjualan konsol Xbox generasi pertama.

Namun, sebuah unggahan yang diarsipkan dari situs web resmi Xbox menyatakan bahwa "lebih dari 24 juta konsol Xbox" telah terjual pada Mei 2006.

Menurut data GameIndustry.biz, total penjualan Xbox 360, konsol penerusnya, pada saat itu baru mencapai 3,3 juta unit.

Dari informasi itu, konsol Xbox generasi pertama diperkirakan terjual 24 juta unit.

Berikut daftar gim Xbox terpopuler:

  • Halo Combat Evolved
  • Halo 2
  • Tom Clancy's Splinter Cell
  • Fable
  • The Elder Scrolls III: Morrowind
  • Rockstar Games Double Pack: Grand Theft Auto III & Grand Theft Auto Vice City
  • Need for Speed Underground 2
  • Project Gotham Racing
  • Star Wars: Knight of the Old Republic
  • Dead or Alive 3
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi