Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minuman Pagi untuk Menurunkan Berat Badan

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/Brooke Lark
Ada beberapa minuman pagi hari yang cocok digunakan mendukung program diet.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Minuman di pagi hari jangan sembarangan, Anda harus tepat memilihnya disesuaikan dengan kondisi dan kesehatan tubuh.

Karena ada minuman yang sebaiknya tak dikonsumsi di pagi hari karena bisa memicu asam lambung dan menaikkan tekanan darah.

Ada pula minuman yang baik dikonsumsi di pagi hari karena bisa menstabilkan tekanan darah dan membantu program diet Anda.

Beberapa jenis minuman pagi, memang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Entah karena senyawa dalam minumannya yang berkhasiat meluruhkan lemak, atau properti di dalam minuman tersebut bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Jadi untuk Anda yang sedang dalam program diet, Anda bisa mencoba mengonsumsi beberapa minuman ini untuk membantu Anda mengurangi timbunan lemak di tubuh Anda.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 6 Rutinitas Harian yang Bisa Melangsingkan Perut Buncit

Minuman pagi untuk menurunkan berat badan

Berikut ini adalah jenis minuman pagi yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat:

1. Teh hijau

Menurut Lauren Manaker, MS, RDN, penulis The First Time Mom's Pregnancy Cookbook,  teh hijau selain aman untuk penderita hipertensi juga berkhasiat mencegah diabetes, menyehatkan otak dan jantung, juga efektif menurunkan berat badan.

Teh hijau mengandung EGCG, komponen yang bisa mendukung pembakaran lemak dan mencegah pembentukan tumpukan lemak baru.

Jadi untuk menurunkan berat badan, minumlah teh hijau dan menu-menu diet yang seimbang di pagi hari.

2. Kopi

Melansir dari Eatthis, kafein di dalam kopi adalah senyawa yang efektif membakar lemak. Tapi, kafein dalam kopi juga bisa menyebabkan anxiety, asam lambung, dan menganggu tekanan darah.

Jadi selama Anda tak memiliki beberapa gangguan kesehatan di atas, Anda bisa menyesap kopi di pagi hari untuk membantu program diet Anda.

Dengan syarat, Anda tak menambahkan krimer, susu dan gula yang mengandung banyak kalori.

Baca juga: 6 Jenis Teh yang Berkhasiat Mengecilkan Perut Buncit

3. Infused water

Air putih adalah minuman terbaik untuk menurunkan berat badan, karena tak mengandung kalori sedikit pun.

Nah infused water, atau menambahkan irisan lemon dan buah-buahan lain ke dalam air putih, bisa membuat air putih beraroma lebih segar dan mengundang selera.

Infused water dengan irisan lemon adalah minuman pagi terbaik. Kandungan lemon dalam infused water ini bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan melancarkan proses metabolisme tubuh.

4. Jus orange

Pure orange juice atau sari jeruk asli yang tak ditambah zat pemanis sama sekali, adalah minuman yang efektif digunakan menurunkan berat badan.

Studi menyatakan bahwa mereka yang rutin meminum orange juice setiap pagi memiliki berat badan lebih seimbang daripada mereka yang tak pernah meminum orange juice di pagi hari.

Dalam penelitian tersebut disebutkan juga bahwa minuman ini bisa menurunkan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sistem imun.

Keempat minuman di atas adalah minuman yang bisa Anda pilih untuk memulai hari di pagi hari ketika Anda tengah menjalani program diet.

Jika dikonsumsi rutin, minuman-minuman tersebut bisa sangat membantu Anda menurunkan dan menstabilkan berat badan.

Baca juga: Rekomendasi dan Tips Diet untuk Usia 40 Tahun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi