Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah 22 November: Presiden AS John F Kennedy Tewas Ditembak

Baca di App
Lihat Foto
Daily Mail
Presiden John F Kennedy bersama istrinya Jacqueline, Gubernur Texas John Connally dan istrinya Nellie Connally berkendara bersama di dalam Limousine kepresidenan di Dallas pada 23 November 1963, hari tertembaknya Kennedy.
Penulis: Mela Arnani
|
Editor: Rendika Ferri Kurniawan

KOMPAS.com - Hari ini dalam sejarah, tepatnya 22 November 1963, Presiden Amerika Serikat (AS) John F. Kennedy (JFK) tewas ditembak.

Presiden ke-35 AS itu menjadi satu dari beberapa penumpang dalam iring-iringan mobil lewat Dealey Plaza di pusat kota Dallas Texas.

Pada musim gugur 1963, JFK dan para penasihat politiknya tengah mempersiapkan kampanye pemilihan presiden periode berikutnya.

Meski belum resmi mengumumkan pencalonannya, terlihat jelas JFK akan kembali mencalonkan diri dan yakin atas peluangnya untuk terpilih lagi.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: John F Kennedy Terpilih sebagai Presiden Termuda AS

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi kejadian

Melansir Jfklibrary.org, pada akhir September 1963, John melakukan perjalanan ke barat untuk berbicara di sembilan negara bagian selama kurang dari seminggu.

Perjalanan tersebut menyoroti sumber daya alam dan upaya konservasi, serta menyuarakan tema pendidikan, keamanan nasional, dan perdamaian dunia.

Pada 21 November 1963, Kennedy dan istrinya berangkat dengan Air Force One untuk melaksanakan tur selama dua hari di lima kota di Texas.

Hujan gerimis turun pada 22 November 1963 pagi hari, tapi ribuan orang berdiri di tempat parkir di luar Hotel Texas yang digunakan sebagai tempat keluarga Kennedy bermalam.

Presiden termuda AS yang menjabat sejak Januari 1961 ini, beserta istrinya memberikan pernyataan singkat.

Kehangatan respons penonton begitu terasa saat Kennedy mengulurkan tangan untuk berjabat tangan di tengah lautan wajah yang tersenyum.

Setelah itu, rombongan presiden kembali ke dalam hotel dan kemudian bertolak ke Pangkalan Angkatan Udara Carswell untuk penerbangan 13 menit ke Dallas.

Sesampainya di Love Field, Kennedy dan istrinya turun dan langsung berjalan menuju pagar tempat berkumpulnya pada simpatisan, dan melakukan jabat tangan yang singkat.

Ibu negara menerima buket bunga mawar merah, lalu keluarga Kennedy duduk di mobil terbuka yang telah disiapkan.

Rombongan melakukan perjalanan darat sepanjang sepuluh mil yang melintasi pusat Kota Dallas, dalam perjalanan ke Trade Mart.

Kerumunan orang berbaris di jalan-jalan dan melambaikan tangan ke keluarga Kennedy.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Presiden AS John F Kennedy Tewas Ditembak

Peristiwa penembakan JFK

Sekitar pukul 12.30 waktu setempat, saat melewati Texas School Book Depository, tiba-tiba terdengar tembakan yang bergema di alun-alun.

Peluru mengenai leher dan kepala Kennedy. Sempat dibawa ke Parkland Memorial Hospital, tapi tidak banyak yang bisa dilakukan. 

John F Kennedy dinyatakan meninggal dunia pada pukul 01.00 siang.

Jenazahnya kemudian dibawa ke Love Field dan ditempatkan di Air Force One.

Kurang dari satu jam sebelum pesawat lepas landas, polisi telah menangkap Lee Harvey Oswald, seorang pegawai baru di Texas School Book Depository, yang ditahan karena pembunuhan Kennedy dan penembakan fatal.

Pada 24 November 1963, peti mati Presiden Kennedy dipindahkan dari Gedung Putih dengan kereta kuda yang ditarik enam kuda abu-abu, didampingi oleh satu kuda hitam tanpa penunggang.

Atas permintaan sang istri, iring-iringan dan detail upacara lainnya dimodelkan seperti saat pemakaman Abraham Lincoln.

Jenazah disemayamkan di Capital Rotunda selama 21 jam, dan sekitar 250.000 orang datang untuk memberikan penghormatan.

Pada 25 November 1963, Kennedy dimakamkan di Pemakaman Nasional Arlington. Pemakaman ini dihadiri oleh kepala negara dan perwakilan dari lebih 100 negara lainnya.

Proses pemakaman juga disiarkan melalui siaran televisi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi