Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan
Bergabung sejak: 24 Mar 2020

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Nama-nama Calon Presiden 2024 Menurut Saya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS
Ilustrasi
Editor: Heru Margianto

LAYAK disimpulkan Albert Einstein tidak terlalu keliru dalam menggagas teori kenisbian sebab pada hakikatnya jagad raya memang serba nisbi.

Meski menurut pendapat berbagai pihak 2024 masih lama namun menurut pendapat berbagai pihak pula 2024 sudah tidak lama lagi akan tiba.

Maka wajar ada yang sudah sibuk mengajukan calon menjadi calon presiden untuk maju pada pemilihan presiden yang akan diselenggarakan pada tahun 2024.

Selama aturan main dalam bentuk presidential threshold masih dipertahankan oleh para pihak yang merasa diuntungkan maka para calon-calon-presiden itu akan terseleksi dengan sendirinya sehingga yang muncul hanya terbatas para calon-calon yang mau dan mampu memenuhi syarat-syarat presidential threshold.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putra-putri terbaik 

Namun tidak ada salahnya demi mengisi waktu yang tersisa menjelang pilpres 2024 mari kita simak bersama para putra-putri terbaik berdasar dua kriteria yaitu mereka yang potensial dapat memenuhi syarat presidential threshold dan mereka yang sulit memenuhi syarat presidential threshold kecuali ada partai politik yang mau mendukung.

Para calon presiden yang dapat dianggap mampu memenuhi syarat-syarat terkandung di dalam presidential threshold, Insya Allah adalah:

Sementara Insya Allah, para calon presiden yang menghadapi kesulitan dalam memenuhi syarat-syarat presidential threshold apalagi jika dikaitkan dengan unsur keuangan adalah:

Insya Alah

Para relawan yang berfungsi sebagai buzzer berbayar tidak perlu memubazirkan energi untuk repot menanggapi sebab naskah saya mubazir ibarat anjing menggonggong kafilah tetap berlalu maka mustahil berdaya mempengaruhi kebijakan penguasa.

Apalagi penggolongan calon presiden di dalam naskah ini dibuat berdasar terawang subjektif fokus terbatas pada kriteria presidential threshold sehingga tentu saja jauh dari kesempurnaan sebab panggung politik Indonesia jauh lebih luar biasa multi kompleks dan multi dimensional sehingga bukan saja sulit namun bahkan mustahil akurat diperhitungkan apalagi diprediksi ibarat kuantum metakosmos.

Apalagi hanya sebagai seorang insan rakyat jelata awam politik tanpa kepentingan kekuasaan, saya selalu mengucapkan Insya Allah dalam menampilkan para putra-putri terbaik yang menurut pendapat saya layak menjadi calon presiden 2024.

Maka mengingat kenyataan bahwa di atas langit masih ada langit maka serta merta secara kodrati di atas presidential threshold masih ada kekuasaan yang lebih berkuasa maka adalah hukumnya wajib bahwa akhirnya kita semua termasuk para penguasa harus ikhlas menyerahkan segala sesuatu kepada kehendak Yang Maha Kuasa. Amin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi