Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Menempelkan Bawang Putih di Telinga Bisa Obati Pusing

Baca di App
Lihat Foto
Akun Facebook
Tangkapan layar hoaks menempelkan bawang putih untuk mengobati pusing oleh sebuah akun Facebook.
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Narasi yang menyebut bahwa menempelkan bawang putih di telinga bisa mengatasi pusing dan telinga sakit, beredar di media sosial Facebook.

Dalam narasi yang beredar disebutkan bahwa metode menempelkan bawang putih ke lubang telinga itu dilakukan selama tidur.

Dari konfirmasi yang dilakukan Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi itu hoaks.

Dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) Prof. Dr. dr. Delfitri Munir, Sp.T.H.T.K.L(K), mengatakan, belum ada penelitian yang membuktikan penanggualan penyakit dengan metode menempel bawang putih di liang telinga.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Narasi yang beredar

Informasi tentang khasiat bawang putih yang ditempelkan di telinga dibagikan akun Facebook ini dan ini.

Berikut narasi lengkapnya:

Obat herbal jika sakit kepala tak tertahankan
Ambil satu bawang putih besar lalu buang kulitnya trus potong 2 tempel di lubang telinga jgn sampe masuk ke telinga yahh trus tidur insyaallah sakitnya akan reda
Selamat mencoba

Sementara, narasi yang menyebut bahwa metode ini bisa menyembuhkan penyakit telinga diunggah oleh akun ini.

Ketiga akun tersebut sama-sama menyebut metode menempelkan bawang putih di lubang telinga ini dilakukan selama tidur.

Konfirmasi Kompas.com

Berdasarkan konfirmasi yang dilakukan Kompas.com, tidak benar bahwa menempelkan bawang putih di telinga bisa mengobati pusing atau telinga sakit.

Dokter spesialis THT yang berpraktik di Rumah Sakit RS Columbia Asia (RSCA) Medan, Prof. Dr. dr. Delfitri Munir, Sp.T.H.T.K.L(K) mengatakan, belum ada penelitian yang bisa membuktikan kebenaran metode tersebut.

"Belum ada penelitian tentang penyerapan bawang putih langsung melalui kulit. Demikian juga belum ada bukti penelitian mengenai penanggulangan penyakit telinga dengan menempelkan bawang putih di liang telinga," kata Delfitri kepada Kompas.com, Senin (29/11/2021).

Delfitri menjelaskan, bawang putih memang bermanfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, penggunaannya bukan dengan ditempelkan di liang telinga.

"Bawang putih mengandung beberapa vitamin dan antioksidan seperti flavonoid, oligosakarida, dan asam amino yang bermanfaat bagi kesehatan," jelas dia.

Untuk memanfaatkan kandungan bawang putih sebagai pengobatan, Delfitri menyebutkan, butuh bahan tambahan seperti salep atau krim agar bahan aktifnya bisa terserap oleh kulit.

"Bahan aktif ini kemudian dilepaskan berpenetrasi ke lapisan kulit yang lebih dalam dan akhirnya menembus pembuluh darah kapiler sehingga bahan aktif masuk ke dalam aliran darah. Melalui pembuluh darah bahan aktif akan dihantarkan ke bagian tubuh yang sedang sakit," terang Delfitri.

Kesimpulan

Informasi yang menyebut bahwa menempelkan bawang putih di telinga bisa mengatasi pusing dan telinga sakit, adalah hoaks.

Belum ada penelitian yang membuktikan penanggualan penyakit dengan metode menempel bawang putih di liang telinga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi