Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tel Aviv Jadi Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia

Baca di App
Lihat Foto
Pixabay
Kota Tel Aviv di Israel
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Kota Tel Aviv di Israel menjadi kota dengan biaya hidup termahal di dunia versi Economist Itelligence Unit (EIU) 2021.

Melansir AFP, Rabu (1/12/2021) Tel Aviv naik lima peringkat dan untuk pertama kalinya menduduki tempat teratas dalam daftar peringkat yang disusun EIU.

Pemeringkatan tersebut merupakan bagian dari Indeks Biaya Hidup Sedunia, yang disusun EIU dengan membandingkan harga barang dan jasa dalam satuan dollar Amerika Serikat di 173 kota di seluruh dunia.

Baca juga: Daftar UMK 35 Kabupaten/Kota di Jateng 2022: Semarang Tertinggi, Banjarnegara Terendah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenaikan ongkos transportasi dan bahan makanan

Beberapa faktor yang menyebabkan Tel Aviv naik peringkat antara lain kekuatan mata uang Israel, shekel, terhadap dollar AS, serta kenaikan harga transportasi dan bahan makanan.

Paris dan Singapura berada di urutan kedua dan ketiga, diikuti oleh Zurich dan Hong Kong. New York berada di urutan keenam, dengan Jenewa di urutan ketujuh.

Kota-kota lain yang masuk 10 besar adalah Kopenhagen di peringkat kedelapan, Los Angeles, AS di peringkat kesembilan dan Osaka di peringkat kesepuluh.

10 kota dengan biaya hidup tertinggi

Berikut adalah peringkat kota dengan biaya hidup tertinggi:

  1. Tel Aviv, Israel
  2. Paris, Perancis
  3. Singapura
  4. Zurich, Swiss
  5. Hong Kong, China
  6. New York, AS
  7. Jenewa, Swiss
  8. Kopenhagen, Denmark
  9. Los Angeles, AS
  10. Osaka, Jepang.

Baca juga: Update Besaran UMP 2022 di 33 Provinsi di Indonesia

 

Faktor Tel Aviv jadi peringkat pertama

Melansir CNBC, 30 November 2021, EIU mengatakan bahwa alasan utama Tel Aviv bisa naik ke peringkat pertama adalah penguatan mata uang Israel, shekel, terhadap dollar AS.

Menurut EIU, hal tersebut didorong oleh kesuksesan program vaksinasi Covid-19 Israel, yang merupakan salah satu negara dengan program vaksinasi tercepat di dunia.

Menurut data dari Our World in Data, 62 persen populasi Israel telah mendapatkan dua dosis vaksin atau divaksinasi penuh per 29 November 2021.

Sementara itu, menurut Reuters, pada awal November, shekel Israel naik 4 persen terhadap dolar AS tahun ini, meski sejak itu turun kembali.

EIU juga menyebutkan kenaikan sekitar sepersepuluh harga barang dan jasa di Tel Aviv, dari pengamatan terhadap 200 jenis barang dan jasa.

Secara lebih luas, EIU mengatakan bahwa tingkat inflasi dari harga barang dan jasa yang mereka teliti telah meningkat sebesar 3,5 persen year-on-year (yoy) dalam mata uang lokal hingga September 2021, naik dari hanya 1,9 persen pada tahun 2020.

Baca juga: Viral Tantangan Masturbasi DDD Challenge di Medsos, Apa Itu?

 

Menurut EIU, ini mewakili laju inflasi tercepat dalam indeksnya selama lima tahun terakhir.

EIU menyebutkan, masalah rantai pasokan, fluktuasi nilai tukar mata uang dan perubahan permintaan konsumen menyebabkan kenaikan harga komoditas dan barang lainnya.

Adapun sektor transportasi mengalami kenaikan biaya terbesar, dengan harga bensin per liter naik rata-rata 21 persen pada 2021.

Upasana Dutt, kepala Biaya Hidup di Seluruh Dunia di EIU, mengatakan bahwa harga-harga diperkirakan akan naik lebih jauh di banyak kota dalam tahun-tahun mendatang.

Menurut Dutt, hal ini disebabkan gaji pekerja yang meningkat.

"Namun, kami juga memperkirakan bank sentral menaikkan suku bunga, dengan hati-hati, untuk membendung inflasi," kata Dutt.

Ia menambahkan bahwa kenaikan harga mulai meningkat secara moderat dari level sekarang.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Daftar UMP 2022 di 31 Provinsi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi