Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Gejala Terinfeksi Varian Omicron dan Apakah Terdeteksi PCR?

Baca di App
Lihat Foto
AP PHOTO/ SHIRAAZ MOHAMED
Seorang pekerja rumah sakit memastikan orang-orang menerapkan jarak sosial saat mereka mengantre untuk mendapatkan vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Lenasia South, dekat Johannesburg, Afrika Selatan, Rabu (1/12/2021). Terlepas dari kekhawatiran global, para dokter di Afrika Selatan tetap waspada. Pasien terinfeksi Covid-19 varian Omicron sebagian besar menderita gejala ringan sejauh ini. Tetapi para dokter memperingatkan bahwa masih terlalu dini untuk mengambil kesimpulan.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Varian Omicron yang merupakan varian baru virus corona menjadi perhatian banyak negara.

Data awal menunjukkan bahwa Omicron dapat memiliki transmisibilitas yang lebih tinggi dan juga kemampuan yang lebih besar untuk menghindari respons imun yang dihasilkan, baik melalui infeksi sebelumnya atau melalui vaksin.

Varian ini pertama kali terdeteksi di Botswana dan diberi kode B.1.1.529.

Adapun jumlah mutasinya luar biasa tinggi, yakni 32 mutasi pada protein spike.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Peringatan Epidemiolog soal Varian Baru Virus Corona B.1.1.529

Apakah varian Omicron terdeteksi PCR?

Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 26 November 2021, beberapa laboratorium telah menunjukkan bahwa untuk satu tes PCR yang banyak digunakan, salah satu dari tiga gen target tidak terdeteksi atau disebut dropout gen S.

Oleh karena itu tes PCR dapat digunakan untuk mendeteksi adanya varian Omicron sambil menunggu hasil sequencing atau metode untuk mengetahui penyebaran mutasi Covid-19.

WHO mengungkapkan dengan menggunakan pendekatan ini, varian Omicron telah terdeteksi pada tingkat yang lebih cepat daripada lonjakan infeksi sebelumnya, menunjukkan bahwa varian ini mungkin memiliki keunggulan pertumbuhan.

Baca juga: Saat WHO dan UNICEF Desak Indonesia Segera Gelar Sekolah Tatap Muka...

Dengan adanya bukti-bukti tersebut, WHO pun menetapkan Omicron sebagai Variant of Concern (VOC) atau varian virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan peningkatan penularan dan kematian serta dapat memengaruhi efektivitas vaksin.

Sementara itu, melansir Indian Express, Rabu (1/12/2021), tes RT-PCR hanya dapat memastikan seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak.

RT-PCR tidak dirancang untuk menemukan varian tertentu yang telah menginfeksi orang tersebut. Untuk itu perlu dilakukan studi sekuensing genom.

Baca juga: Alasan WHO Menamai Varian B.1.617.2 Jadi Omicron, Bukan Nu atau Xi

Apa saja gejala Omicron?

Mengutip BBC, Rabu (1/12/2021), sejauh ini, di Afrika Selatan, kebanyakan orang yang terinfeksi masih muda dan gejalanya ringan.

WHO mengatakan, tidak ada bukti bahwa gejala Omicron berbeda dengan varian lainnya.

Itu berarti batuk, demam, dan kehilangan rasa atau penciuman masih merupakan tiga gejala utama yang harus diwaspadai.

Baca juga: Apa Itu Anosmia, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Rumah sakit di Afrika Selatan melihat lebih banyak orang muda dirawat dengan gejala yang lebih serius. Tetapi banyak dari mereka yang tidak divaksinasi atau baru divaksinasi satu dosis.

Hal ini menunjukkan bahwa mendapatkan dua dosis dan dosis booster adalah cara yang baik untuk melindungi terhadap penyakit yang disebabkan oleh varian baru, serta semua varian lainnya.

Sementara itu Ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan Dr Angelique Coetzee mengatakan bahwa dia mulai melihat pasien sekitar 18 November dengan “gejala yang tidak biasa” yang sedikit berbeda dari varian Delta.

“Ini sebenarnya dimulai dengan seorang pasien laki-laki yang berusia sekitar 33 tahun dan dia berkata kepada saya bahwa dia sangat lelah selama beberapa hari terakhir dan dia merasakan sakit dan nyeri di tubuhnya dengan sedikit sakit kepala," ujarnya, sebagaimana dikutip dari CNBC, 29 November 2021.

Baca juga: Amankah Vaksin Sinovac untuk Anak 6-11 Tahun? Ini Penjelasan Epidemiolog

Pasien tidak mengalami sakit tenggorokan, katanya, tetapi lebih seperti “tenggorokan gatal” tetapi tidak batuk atau kehilangan rasa atau bau.

Coetzee mengatakan, dia menguji pasien laki-laki yang terinfeksi Covid-19 dan dia melihat lebih banyak pasien hari itu dengan gejala serupa.

WHO mengatakan akan membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk memahami bagaimana varian tersebut dapat memengaruhi diagnostik, terapi, dan vaksin.

Pengamatan awal Coetzee hanya didasarkan pada jumlah kasus yang sangat kecil dan para ahli mengkhawatirkan jumlah mutasi omicron yang besar.

Bukti awal menunjukkan strain memiliki peningkatan risiko infeksi ulang, menurut WHO.

Baca juga: Kapan Vaksin Sinovac untuk Anak 6-11 Tahun Dimulai? Ini Penjelasan Kemenkes

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Mengenal Varian Corona B.1.1.529

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi