Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Semeru Meletus Jadi Trending Topik di Twitter

Baca di App
Lihat Foto
TWITTER
Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi pada hari ini, Sabtu (4/12/2021) siang.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Gunung Semeru di Jawa Timur meletus pada Sabtu (4/12/2021) pukul 13.30 WIB dan memuntahkan awan guguran panas.

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (4/12/2021) erupsi Gunung Semeru dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Andiani.

"Erupsi Semeru berupa awan panas guguran, tanggal 4 Desember 2021 pukul 13:30 WIB, diawali dengan laharan. Tercatat di seismogram Amplitudo maksimum 25 mm durasi masih berlangsung," kara Andiani saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi Muntahkan Awan Panas Guguran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andiani mengatakan, guguran awan panas akibat erupsi Semeru mengarah ke daerah Besuk Kobokan.

Ia mengatakan, pihaknya saat ini masih terus memantau situasi di lapangan. PVMBG juga dalam proses pengecekan jarak luncur awan panas.

Trending di Twitter

Erupsi Gunung Semeru segera menduduki posisi teratas trending topic Twitter Indonesia pada Sabtu (4/12/2021).

Dari pantauan Kompas.com, hingga pukul 16.50 WIB, lebih dari 30 ribu twit menggunakan kata kunci "Semeru" telah dicuitkan oleh warganet.

Warganet juga membagikan video serta foto yang memperlihatkan kedahsyatan erupsi Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Salah satu video dibagikan oleh akun Twitter Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono @DaryonoBMKG.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, Ini Penjelasan PVMBG

Video itu memperlihatkan salah satu rumah warga yang rusak parah akibat dampak muntahan material yang dikeluarkan erupsi Semeru.

Sementara itu, video lain yang diunggah Daryono memperlihatkan momen ketika guguran awan panas terekam dari daerah pemukiman warga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi