Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Sepekan Erupsi Semeru: 45 Tewas, 9 Hilang, 6.573 Mengungsi

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Gunung Semeru mengeluarkan lava pijar terlihat dari Desa Sumber Mujur, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (11/12/2021). Hasil pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) laporan per 6 jam tanggal 10 desember pukul 12.00 - 18.00 Wib terjadi 2 kali gempa hembusan dengan amplitudo 2 mm yang berdurasi 30-35 detik.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

 

KOMPAS.com - Sepekan pasca Gunung Semeru di Jawa Timur erupsi dan mengeluarkan awan panas guguran (APG) pada 4 Desember 2021, berikut ini update jumlah korban. 

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat (10/12/2021) malam, Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhar menyebut korban tewas kini berjumlah 45 orang.

Pada Jumat (10/12/2021) tim pencari kembali menemukan 2 jenazah di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Sementara itu, untuk korban hilang jumlah terakhir yang dilaporkan adalah sebanyak 9 orang dan jumlah korban luka dilaporkan ada 19 orang dengan luka berat dan 19 lainnya luka ringan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Korban Meninggal Bencana Erupsi Gunung Semeru Jadi 45 Orang, 9 Masih Hilang

Jumlah pengungsi

Mayoritas korban luka tersebut mengalami luka bakar akibat terkena awan panas guguran.

Sementara itu, untuk jumlah pengungsi jumlahnya mencapai 6.573 orang yang tersebar di 126 titik pengungsian.

Dari 126 titik pengungsian itu, hanya 24 titik yang merupakan pengungsuan terpusat, sisanya adalah pengungsian mandiri maupun rumah kerabat dari warga yang terdampak.

Dampak kerusakan bangunan

Sementara itu data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Jumat (10/12/2021), berikut adalah data kerusakan bangunan dan fasilitas umum akibat APG Semeru adalah sebagai berikut:

Baca juga: Curi Barang dari Rumah Korban Letusan Semeru, Pria Ini Diamuk Massa

 

Kebutuhan mendesak

Di tengah kondisi darurat erupsi Semeru, Abdul Muhari merinci jenis bantuan apa saja yang masih sangat dibutuhkan dan bantuan apa yang jumlahnya sudah mencukupi.

Bantuan yang masih dibutuhkan warga misalnya air bersih, peralatan tidur, perlengkapan mandi hingga pakaian dalam dewasa.

Meski pemerintah akan mengupayakan bantuan untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi yang belum tersedia, namun jika ada masyarakat atau pihak lain yang ingin turut menyalurkan bantuannya dapat menghubungi pihak terkait.

Di antaranya kontak Call Centre Posko: 0812-3457-0077 atau Posko Logistik atas nama Ibu Lusi: 0821-3229-4146.

Perkembangan lebih lanjut terkait korban dan dampak APG Semeru akan disampaikan setiap hari baik oleh BPBD Kabupaten Lumajang maupun BNPB pada sore atau malam harinya.

 
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi