Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Lagu "Fly Me To The Moon" yang Dipopulerkan Frank Sinatra

Baca di App
Lihat Foto
DOK AFP
Legendary US singer Frank Sinatra in a picture taken 06 June 1962 in Paris performs on stage of the Lido Theater. (Photo by AFP)
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Fly me to the moon...Let me play among the stars...Let me see what spring is like...On a Jupiter and Mars

Demikian penggalan lirik lagu Fly Me to the Moon yang dibawakan oleh penyanyi legendaris, Frank Sinatra, yang lahir pada hari ini 106 tahun lalu.

Frank Sinatra lahir di Hoboken, New Jersey, Amerika Serikat, pada 12 Desember 1915 dengan nama lengkap Francis Albert Sinatra.

Ia meniti karier sebagai penyanyi dan aktor film, serta merupakan salah satu artis paling populer di abad ke-20.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fly Me to the Moon merupakan salah satu lagu yang identik dengan penyanyi yang kerap tampil dengan topi bowl ini, selain juga lagu hits lainnya seperti My Way, Love and Marriage, dan Strangers in The Night.

Fly Me to the Moon bukan diciptakan oleh Frank Sinatra, meski banyak orang lebih akrab dengan versi yang ia bawakan.

Baca juga: Kisah di Balik Lagu November Rain Karya Guns N Roses

Sejarah lagu Fly Me To The Moon

Melansir Song Hall, lagu Fly Me to the Moon ditulis oleh Bart Howard pada 1954. Judul asli lagu ini adalah In Other Words.

Penyanyi Kaye Ballard membuat rekaman komersial pertama lagu tersebut, yang dirilis oleh label rekaman Decca pada April 1954.

"In Other Words adalah lagu cinta yang dinyanyikan dengan penuh perasaan oleh Miss Ballard," demikian ulasan singkat tentang lagu ini, yang diterbitkan di Billboard pada 8 Mei 1954.

Selama beberapa tahun berikutnya, sejumlah penyanyi jazz dan kabaret merilis versi cover dari In Other Words dalam album rekaman mereka, termasuk Chris Connor, Johnny Mathis, Portia Nelson, dan Nancy Wilson.

Penyanyi Eydie Gorme juga membawakan lagu ini di albumnya Eydie In Love (1958), yang menduduki peringkat 20 di Cashbox Album Charts dan dinominasikan untuk Grammy Award.

Pada 1960, Peggy Lee merilis In Other Words di album Pretty Eyes. Ia membuat lagu ini semakin populer ketika menyanyikannya di depan banyak penonton televisi dalam acara The Ed Sullivan Show.

Ketika popularitas lagu itu semakin meningkat, banyak orang lebih mengenal In Other Words sebagai Fly Me to the Moon.

Pada 1963, Peggy Lee meyakinkan sang penulis lagu, Bart Howard, untuk mengubah nama lagu ini secara resmi menjadi Fly Me to the Moon.

Lagu tersebut juga dirilis dalam dua versi non-Inggris oleh Connie Francis pada 1963. Dalam bahasa Italia sebagai "Portami Con Te" dan dalam bahasa Spanyol sebagai "Llévame a la Luna".

Pada 1962, Joe Harnell mengaransemen dan merekam versi instrumental Fly Me to the Moon dengan gaya bossa nova. Album ini dirilis sebagai single pada akhir tahun 1962.

Fly Me to the Moon yang direkam Harnell itu membuatnya meraih Grammy Award di 5th Annual Grammy Awards for Best Performance by an Orchestra – for Dancing.

Paul Anka juga merilis Fly Me to the Moon versi rekamannya pada 1963.

Dibawakan Frank Sinatra

Melansir The Frank Sinatra, lagu Fly Me to the Moon dimasukkan oleh Frank Sinatra ke dalam albumnya It Might As Well Be Swing pada 1964 dengan aransemen Quincy Jones.

Lagu ini dibawakan oleh Frank Sinatra berkali-kali di konsernya dan di TV sehingga membuat popularitas Fly Me to the Moon semakin meningkat dan akrab di telinga banyak orang.

Lagu Fly Me to the Moon versi Frank Sinatra bahkan diputar di Bulan dan juga di luar angkasa selama misi antariksa Apollo 11 dan Apollo 10.

Pada 1973, ketika tampil di panggung White House Concert dan akan membawakan Fly Me to the Moon, Frank Sinatra mengungkapkan perasaannya ketika mendengar lagu ini diputar dari luar angkasa.

"Lagu berikut ini telah saya nyanyikan selama beberapa tahun, dan ketika misi luar angkasa kita sedang berlangsung, seperti semua orang di negara ini, saya sedang menonton laporan televisi. Dan di tengah-tengah liputan itu saya mendengar diri saya menyanyikan lagu ini dari atas sana," kata Frank Sinatra.

"Dan saya ingin memberi tahu Anda bahwa itu adalah sensasi yang luar biasa, itu benar-benar luar biasa. Saya pernah berada di ketinggian tetapi tidak pernah setinggi itu, tidak pernah setinggi itu. Suatu kehormatan besar karena mereka memilih lagu ini," ujar dia.

Fly Me to the Moon hadir di anime dan video game

Bart Howard memperkirakan bahwa saat Frank Sinatra mengcover lagu tersebut pada tahun 1964, lebih dari 100 versi lain telah direkam.

Sementara, pada tahun 1995, lagu tersebut telah direkam lebih dari 300 kali.

Lagu ini juga hadir di serial animasi Jepang Neon Genesis Evangelion, yang menggunakan beberapa versi Fly Me to the Moon yang dinyanyikan oleh Claire Littley, Yoko Takahashi, dan pemeran-pemeran wanita dari serial tersebut untuk musik penutup setiap episode.

Lagu tersebut juga hadir di dalam video game Bayonetta (2009) dalam bentuk remix berjudul Fly Me To The Moon (Climax Mix), yang dinyanyikan oleh Helena Noguerra, dan digunakan sebagai musik suasana saat player bertarung melawan monster.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi