Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Best New Asian Artist Indonesia MAMA 2021, Ini Sepak Terjang Lyodra

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Universal Music Indonesia
Penyanyi Lyodra Ginting
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Penyanyi asal Indonesia Lyodra Ginting membawa pulang penghargaan Best New Asian Artist Indonesia di ajang Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2021.

Ajang penghargaan musik MAMA 2021 merupakan ajang penghargaan yang pertama kali diselenggarakan pada 1999.

MAMA berawal dari penghargaan musik di Korea Selatan, kemudian merambah ke negara lainnnya, seperti Makau, Singapura, Hongkong, Jepang, Vietnam, dan menjadi ajang musik global terutama wilayah Asia.

Melalui akun Twitter @imlyodra, Lyodra berterima kasih karena bisa berada dalam jajaran penyanyi dan musisi pop di wilayah Asia lainnya.

Sepak terjang Lyodra

Perempuan kelahiran 21 Juni 2003 ini lahir dengan nama asli Lyodra Margareta Ginting. Semasa kecil, Lyodra sudah gemar menyanyi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diberitakan Kompas.com, 11 Februari 2020, gadis asal Medan ini memiliki bakat menyanyi Lyodra yangsudah terlihat saat dirinya berusia 2 tahun.

Ketika usianya menginjak 10 tahun, Lyodra latihan vokal dengan Derta Purba yang juga guru vokal dari penyanyi solo seriosa Putri Ayu Silaen.

Sebelumnya, Lyodra juga sempat berpartisipasi dalam ajang Indonesia Mencari Bakat 4 pada Agustus 2014. Namun, ia tereliminasi di babak enam besar.

Lyodra berkompetisi dengan Nuca yang kemudian kembali menjadi lawannya di Indonesian Idol X.

Lyodra sempat memenangkan kompetisi menyanyi solo internasional khusus anak-anak 6-15 tahun bertajuk Sanremo Junior 2017 di Kota Sanremo, Italia.

Saat itu, Lyodra berhasil menjadi juara, mengalahkan 22 peserta dari 18 negara, setelah membawakan lagu berjudul "Dear Dream" ciptaan Erwin dan Gita Gutawa.

Bakat Lyodra kali pertama ditemukan oleh Erwin Gutawa dan Gita Gutawa yang mengikutsertakannya dalam program bernama Di Atas Rata-rata 2 (DARR 2). Ini adalah program yang memiliki bakat dalam bermusik.

Sebelum tampil benyanyi, Lyodra memiliki kebiasaan untuk menjaga vokalnya dengan puasa es krim serta coklat dan ia memakan kencur atau buah-buahan.

Selain bernyanyi, gadis asal Medan ini memiliki hobi akting dan catwalk. Dia memilki impian untuk bisa bermain drama musikal atau film.

Bahkan, untuk mengasah kemampuan beraktingnya, Lyodra masuk ekstrakulikuler teater di sekolahnya.

Ia mengidolakan beberapa penyanyi internasional, di antaranya Beyonce, Mariah Carey, Ariana Grande, dan Bruno Mars.

Mengikuti Indonesian Idol X

Pada 2019, Lyodra mengikuti ajang Indonesian Idol X.

Diberitakan Kompas.com, 3 Mei 2020, pada tahap audisi, Lyodra menyanyikan lagu dari Lady Gaga yang berjudul "I’ll Never Love Again" dan berhasil membawa pulang Golden Ticket.

Berkat kemampuannya dalam olah vokal, di barhasil masuk ke babak final dan berhadapan dengan penyanyi asal Jember, Tiara Andini.

Saat final Indonesia Idol X, Lyodra telah tampil dengan lagi yang berjudul “And I’m Telling You” yang mendapat pujian lima juri.

Dia pun menjadi juara pertama ajang musik se-Indonesia ini.

Debut album dan penghargaan

Setelah menjadi juara Indonesian Idol, karier musik Lyodra terus melejit.

Dia bahkan meluncurkan debut albumnya yang diberi judul Lyodra, di bawah naungan label Universal Music Indonesia.

Lewat album ini, para pendengar bakal diajak untuk mengetahui kisah dari Lyodra meski tidak semua lagu-lagu bercerita tentangnya.

Lyodra memperkenalkan lagu jagoan untuk album tersebut yang berjudul “Kalau Bosan”.

Adapun lagu “Kalau Bosan” menjadi single utama dalam album tersebut. Dalam pembuatan lagu ini, Lyodra menggandeng Ade Govinda.

Dalam album ini, Lyodra juga bekerja sama dengan beberapa musisi andal Tanah Air, yakni Yovie Widianto, Laleilmannino, Anji, Dipha Barus, dan Mario G Klau.

Lyodra menyuguhkan 8 lagu dalam album debutnya. Berikut daftar lagu dalam album Lyodra:

  1. “Gemintang Hatiku”
  2. “Mengapa Kita #TerlanjurMencinta
  3. “Tentang Kamu”
  4. “Sabda Rindu”
  5. “Kalau Bosan”
  6. “Oee... Oee,,,, Oee”
  7. “Dibanding Dia”
  8. “Pesan Terakhir”

Melalui album "Lyodra", berhasil menyabet piala Album of The Year di ajang penghargaan Indonesian Music Awards yang digelar Senin (6/12/2021).

Mengutip Kompas.tv, Selasa (7/12/2021), penyanyi 18 tahun itu berhasil mengalahkan Arsy Widianto dan Tiara Andini (Arti Untuk Cinta), Iwan Fals (Pun Aku), Maliq & D'Essentials (Raya), dan Pamungkas (Solipsism).

Kini, Lyodra kembali meraih penghargaan atas prestasinya di ajang MAMA 2021.

(Sumber: KOMPAS.com/Revi C. Rantung, Azizah Pamugarwati | Editor: Kistyarini, Andi Muttya Keteng Pangerang KOMPAS.tv/Dian Nita | Editor: Desy Afrianti)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi