Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Semeru Naik Jadi Siaga, Ini Daftar Gunung Api Berstatus Siaga

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Gunung Semeru mengeluarkan lava pijar terlihat dari Desa Sumber Mujur, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (10/12/2021). Hasil pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) laporan per 6 jam tanggal 10 desember pukul 12.00 - 18.00 Wib terjadi 2 kali gempa hembusan dengan amplitudo 2 mm yang berdurasi 30-35 detik.
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, naik status dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga).

Melansir laman ESDM, 17 Desember 2021, kenaikan status Semeru menjadi siaga terhitung mulai 16 Desember 2021 pukul 23.00.

"Mengingat kegiatan Gunung Api Semeru masih tinggi dan telah terjadi peningkatan jarak luncur awan panas guguran serta aliran lava maka Badan Geologi menyatakan Tingkat Aktivitas Gunung Api Semeru dinaikkan dari level WASPADA (Level II) menjadi SIAGA (Level III) terhitung mulai tanggal 16 Desember 2021 pukul 23.00 WIB," ujar Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono.

Level III (Siaga) artinya, dari hasil pengamatan visual dan instrumental memperlihatkan peningkatan aktivitas yang semakin nyata atau gunung api mengalami erupsi.

Dengan meningkatnya status Semeru, jumlah gunung api yang berstatus Siaga menjadi 4 buah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Gunung Semeru Naik Status Menjadi Siaga

Gunung mana saja yang saat ini berstatus siaga?

1. Gunung Merapi

Melansir laman Magma ESDM, Gunung Merapi terletak di Kabupaten Sleman, Magelang, Boyolali, dan Klaten.

Potensi bahaya di Semeru saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 km ke arah sungai Woro dan sejauh 5 km ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Sedangkan lontaran material vulkanik jika terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak. Masyarakat diimbau tidak melakukan kegiatan apa pun di daerah potensi bahaya.

Selain itu, perlu mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.

Penambangan di alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan.

Bagi pelaku wisata direkomendasikan tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh 5 km dari puncak Gunung Merapi.

2. Gunung Ili Lewotolok

Gunung Ili Lewotolok yang berada di Lembata, Nusa Tenggara Timur, juga berstatus siaga.

Masyarakat di sekitar Gunung Ili Lewotolok maupun pengunjung/pendaki/wisatawan direkomendasikan tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak/kawah Gunung Ili Lewotolok.

Bagi masyarakat Desa Jontona diimbau selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya longsoran material lapuk yang dapat disertai oleh awan panas dari bagian tenggara puncak/kawah Gunung Ili Lewotolok.

Mengingat potensi bahaya abu vulkanik yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya, maka masyarakat yang berada di sekitar Gunung Ili Lewotolok agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut maupun perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit.

Masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Ili Lewotolok juga diingatkan untuk mewaspadai ancaman lahar terutama saat musim hujan karena abu vulkanik hingga saat ini jatuh di beberapa sektor di sekeliling Gunung Ili Lewotolok.

3. Gunung Sinabung

Gunung api Sinabung terletak di Karo, Sumatera Utara. Status Gunung Sinabung juga siaga. Dengan status ini, masyarakat dan pengunjung/wisatawan diimbau tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.

Selain itu, direkomendasikan tidak melakukan kegiatan di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara dan barat.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.

Masyarakat juga diimbau untuk mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung diimbau tetap waspada terhadap bahaya lahar.

4. Gunung Semeru

Bagi masyarakat/pengunjung/wisatawan direkomendasikan tidak beraktivitas dalam radius satu km dari kawah/puncak Gunung Semeru dan jarak 5 km arah bukaan kawah di sektor tenggara-selatan.

Selain itu, perlu mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru.

Terkait status gunung api, tidak ada yang berada di Level IV (Awas). Sementara itu untuk gunung berstatus Level II (Waspada) ada 17 buah.

Gunung api berstatus Level I (Normal) jumlahnya lebih banyak lagi, yakni 47 buah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi