Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mengolah Kepiting ala Chef Hotel: Bisa Direbus atau Digoreng

Baca di App
Lihat Foto
Unplash/Mae Mu
Salah satu cara aman merebus kepiting adalah dengan memasukkannya dulu ke dalam freezer agar kepiting lemas dan tak mencapit.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Penggemar sajian seafood pasti menyukai olahan kepiting, meski para penggemar seafood ini banyak yang tak tahu keribetan di balik pengolahan kepiting.

Karena mengolah kepiting cukup ribet dan terasa menakutkan bagi sebagian orang, maka banyak orang yang memilih untuk membelinya matang daripada mengolahnya sendiri dari kepiting yang masih hidup segar.

Mengolah kepiting hidup dinilai sulit karena ada risiko terkena capit kepiting.

Selain itu, jika salah mengolah dan membersihkan, maka ada risiko pula kepiting masih membawa zat-zat radikal bebas yang membahayakan tubuh.

Baca juga: 7 Cara Cepat Mengusir Bau Amis Ikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua metode pematangan kepiting

Ada banyak tips dalam mengolah dan membersihkan kepiting. Melansir dari Turntablekitchen, ada baiknya memasukkan kepiting hidup ke dalam freezer dulu selama beberapa menit sebelum memasukkannya ke dalam air rebusan.

Cara ini selain dirasa lebih manusiawi karena kepiting akan turun kesadarannya dulu sebelum direbus, juga menjaga agar kepiting tak berontak ketika diceburkan ke dalam air panas.

Setelah direbus selama beberapa menit, baru masukkan kepiting ke dalam semangkuk es batu untuk menghentikan proses pematangan karena suhu panas.

Perebusan kepiting memang bisa dilakukan dengan banyak cara. Namun menurut Chef Firmansyah, Cluster Executive Chef Neo dan Royal Malioboro Yogyakarta, kepiting bisa direbus atau digoreng tanpa dimasukkan ke dalam freezer terlebih dahulu.

Jika kepiting sudah masuk freezer, tekstur daging biasanya akan berubah, tak lagi sesegar kepiting yang tak dibekukan.

Baca juga: Bahaya Pestisida, Begini Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar

Untuk metode perebusan, didihkan air dalam panci besar kemudian baru masukkan kepiting ke dalamnya.

"Rebus kepiting dengan jahe untuk menghilangkan tekstur amis yang ada di daging kepiting," begitu papar Chef Firman kepada Kompas.com, Minggu (19/12/2021).

Setelah kepiting direbus selama beberapa menit, angkat dari api dan diamkan dulu hingga suhu kepiting dingin.

Baru kemudian buka cangkang kepiting, bersihkan kotoran kepiting yang ada di dalamnya dengan air bersih. Gunakan sikat untuk membersihkan kotoran yang menempel pada cangkang dan capit kepiting. Cuci dengan air mengalir.

Mengolah kepiting dengan cara direbus memang yang paling sering dipilih banyak orang, meski metode ini berisiko membuat daging kepiting mudah hancur.

Nah untuk mendapatkan daging kepiting yang utuh dan pulen, Anda bisa menggunakan metode goreng. Namun sebelum digoreng, bersihkan dulu cangkang kepiting dari debu dan kotoran yang menempel dengan menggunakan sikat dan air bersih.

Didihkan minyak dalam wajan, kemudian masukkan kepiting ke dalamnya. Bolak balik hingga beberapa menit, baru angkat dan dinginkan. Setelahnya, baru olah kepiting dengan bumbu sesuai selera masing-masing

Baca juga: Tips Mengolah Kentang Goreng Crunchy ala Kafe

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi