Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KLARIFIKASI] Presiden Jokowi Hadiahkan Rp 12 Miliar jika Indonesia Menang di AFF

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Ilustrasi Klarifikasi
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Unggahan potongan video Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjanjikan hadiah atau bonus Rp 12 miliar kepada Timnas Indonesia jika menang melawan Thailand beredar luas di media sosial.

Akan tetapi dalam video itu tidak dijelaskan kapan hadiah akan diberikan dan dalam rangka momen apa hadiah itu diberikan.

Pengunggah meng-upload video itu pada Rabu (29/12/2021), tepat di hari akan dilangsungkannya final leg pertama Indonesia-Thailand di Piala AFF 2020.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, ada yang perlu diluruskan terkait informasi tersebut.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Narasi yang beredar

Akun yang membagikan tentang klaim Jokowi akan memberi hadiah Rp 12 miliar adalah akun ini dan ini.

Dalam video tersebut Jokowi mengatakan akan memberi hadiah Rp 12 miliar jika Indonesia menang melawan Thailand nanti malam.

Akun pertama membagikan video dengan narasi adanya bonus Rp 12 miliar dari negara untuk timnas Indonesia disertai hashtag AFF Suzuki Cup 2020 dan dibagikan hari ini, Rabu (29/12/2021).

Berikut narasi lengkapnya:

"Bonus 12M dari negara buat timnas Indonesia.... Semangat ya buat timnas Indonesia kalian harus semangat bertarung habis habisan .. kerja mati matian...buat Indonesia....
#AFFSuzukiCup2020
#timnasindonesia
#TimnasDay"

Kemudian narasi akun kedua seperti ini:

"TIMNAS menang bonus 12m kata pak Jokowi"

Klaim kedua akun tersebut sama yakni:

Jokowi akan memberikan bonus sebesar Rp 12 miliar bagi timnas Indonesia jika menang melawan Thailand malam ini.

Berikut ini tangkapan layar salah satu unggahan tersebut:

Sementara itu arsip salah satu unggahan tersebut bisa dilihat di .

Penelusuran Kompas.com

Tim Cek Fakta Kompas.com menelusuri potongan gambar video menggunakan Yandex.

Hasilnya, potongan video itu diambil dari pemberitaan Kompas TV dengan judul Presiden Siapkan Bonus Rp 12 Miliar Bagi Timnas Indonesia.

Untuk mengetahui video aslinya, Tim Cek Fakta Kompas.com mencari di channel Youtube Kompas TV dan menemukan bahwa berita itu diunggah pada 17 Desember 2016.

Berikut ini deskripsi videonya:

"Tim nasional Indonesia mendapat suntikan semangat dari Presiden Joko Widodo. Selain doa agar bisa juara Piala AFF, Presiden Jokowi ternyata sudah mempersiapkan bonus miliaran rupiah untuk tim nasional."

Pada pemberitaan Kompas.com, 17 Desember 2016, tim nasional Indonesia kembali berlaga dalam final leg kedua Piala AFF 2016 melawan Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, pada 17 Desember 2016.

"Kita semua berharap kitalah yang menjadi pemenang, menjadi juara. Kami juga siapkan bonus Rp 12 miliar untuk seluruh pemain. Ini untuk menambah semangat para pemain," terang Presiden ketika ditemui para jurnalis saat berolahraga bersama warga di Kebun Raya Bogor pada 17 Desember 2016 pagi.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, klaim tentang Jokowi akan memberikan hadiah Rp 12 miliar pada timnas Indonesia jika menang melawan Thailand perlu diluruskan.

Pernyataan itu memang pernah disampaikan oleh Joko Widodo, namun saat itu ditujukan untuk Indonesia yang sedang mengikuti AFF 2016, bukan AFF 2020.

Jika pernyataan itu disebarkan saat ini bisa menyebabkan misleading.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi