Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Jokowi Janjikan Bonus Rp 12 M untuk Timnas, Ini Faktanya

Baca di App
Lihat Foto
Screenshot
Video lama Jokowi janjikan bonus Rp 12 M untuk timnas beredar lagi di media sosial TikTok
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Sebuah video yang menampilkan Presiden Joko Widodo menjanjikan bonus Rp 12 miliar bagi tim nasional Indonesia jika menang melawan Thailand, viral di Tiktok.

Pada caption video yang diunggah di TikTok oleh akun ini, tercantum hashtag #affsuzukicup2020.

"Pertarungan nanti malam, antara timnas Indonesia dengan Thailand. Kita semua ingin, rakyat Indonesia ingin, agar nanti tim kita, tim Indonesia tarung habis-habisan, kerja mati-matian," kata Jokowi.

"Kita semua berharap kitalah yang menjadi pemenang, menjadi juara, dan sudah kita siapkan bonus Rp 12 M untuk pemain, seluruh pemain. Ini biar untuk menambah semangat para pemain," ucap Jokowi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Beredar Video Jokowi Janjikan Bonus Rp 12 M untuk Timnas

Seperti diketahui, malam ini, Rabu (29/12/2021) timnas Indonesia akan berhadapan dengan timnas Thailand pada final leg pertama Piala AFF 2020.

Namun, benarkah Jokowi menjanjikan bonus uang bagi para pemain timnas Indonesia jika berhasil menang melawan Thailand di final Piala AFF 2020?

Video tahun 2016

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, Rabu (29/12/2021) video tersebut merupakan video lama yang diunggah lagi.

Pernyataan Jokowi bahwa pemerintah akan memberikan bonus Rp 12 miliar itu disampaikan menjelang laga final leg kedua Piala AFF 2016.

"Kita semua berharap kitalah yang menjadi pemenang, menjadi juara, dan sudah kita siapkan bonus Rp 12 M untuk pemain, seluruh pemain. Ini biar untuk menambah semangat para pemain," ucap Jokowi, seperti diberitakan Kompas.com, 17 Desember 2016.

Pernyataan yang sama juga dapat disaksikan pada video yang diunggah di kanal YouTube KompasTV, 17 Desember 2016, berjudul "Presiden Siapkan Bonus Rp 12 Miliar Bagi Timnas Indonesia".

Baca juga: [KLARIFIKASI] Presiden Jokowi Hadiahkan Rp 12 Miliar jika Indonesia Menang di AFF

Kilas balik Piala AFF 2016

Diberitakan Kompas.com, 17 Desember 2016, pada gelaran AFF 2016, timnas Indonesia lolos ke final setelah memenangi semifinal kontra Vietnam. 

Pada partai final, skuad Merah Putih berhadapan dengan timnas Thailand yang lolos seusai menang atas Myanmar.

Indonesia berhasil memetik kemenangan pada final leg pertama kontra Thailand yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, 14 Desember 2016.

Kala itu, timnas Indonesia selaku tuan rumah mengalahkan Thailand dengan skor 2-1.

Namun, pada final leg kedua Piala AFF 2016 yang digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok pada 17 Desember 2016, Indonesia kalah 0-2 dari Thailand.

Hasil tersebut membuat timnas Indonesia tertinggal dengan agregat 2-3 dan harus merelakan trofi Piala AFF 2016 ke tangan Thailand.

Baca juga: Berapa Gaji Shin Tae-yong dan Kapan Kontraknya Berakhir?  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi