Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diubah Lagi, Apa Alasan Warna Seragam Satpam Dulu Dibuat Mirip Polisi?

Baca di App
Lihat Foto
via Situs Asosiasi Profesi Satpam Indonesia
Seragam satpam yang terlihat seperti seragam polisi, baik dari warna coklat serta tanda kepangkatan.
|
Editor: Sari Hardiyanto

 

KOMPAS.com – Seragam satuan pengamanan (satpam) dikabarkan akan diubah lagi, dari sebelumnya coklat muda yang senada dengan polisi menjadi warna krem.

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berencana memperkenalkan seragam baru satpam warna krem tersebut pada HUT ke-41 Satpam.

“Tanggal 31 Januari ini rencananya akan digelar Hari Ulang Tahun Satpam ke-41 dan pada saat Hari Ulang Tahun Satpam tersebut akan diperkenalkan,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Analisis Ahli soal Video Viral Satpam yang Tersambar Petir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurutnya, perubahan warna seragam satpam tersebut dilakukan karena dinilai seragam satpam yang saat ini (coklat muda) mirip dengan seragam kepolisian.

“Sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan masyarakat. Jadi yang bingung masyarakat untuk membedakan mana polisi dan satpam,” kata dia.

Alasan lainnya adalah satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Oleh karena itu, satpam perlu memiliki identitas sendiri.

 

Sebagaimana diketahui, sebelum menjadi warna coklat muda seperti sekarang, seragam satpam awalnya berwarna putih biru.

Baca juga: Belajar dari Satpam di Serpong, Ini yang Harus Dilakukan Ketika Melihat Ular

Alasan perubahan seragam satpam

Perlu diketahui, dasar aturan penggunaan seragam coklat pada satpam berdasarkan aturan tentang Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Aturan tersebut menjelaskan mengenai seragam bagi satpam pria dan wanita yakni mengenakan baju atasan coklat muda dan bawahan coklat tua.

Seragam satpam baru juga disertai dengan tanda pangkat dari kain dan logam yang dipasang di pundak kanan dan kiri layaknya polisi.

Baca juga: Viral, Video Kecelakaan antara Fortuner dan Truk di Tol Ngawi-Solo, Ini Penjelasan Polisi

Menurut Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono ada sejumlah alasan mengapa seragam satpam yang semula biru putih menjadi coklat muda.

Di antaranya yakni untuk menumbuhkan kebanggaan satpam terhadap profesi mereka serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri.

"Terjalin kedekatan emosional antara Polri dan satpam, menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengembang fungsi kepolisian terbatas. Memuliakan profesi satpam, dan menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat," ujarnya sebagaimana dikutip dari pemberitaan Kompas.com, 15 September 2020.

Selain itu, warna coklat juga dipilih lantaran warna tersebut dinilai netral dan identik dengan warna-warna elemen bumi, seperti tanah, kayu, dan batu.

Warna coklat juga melambangkan kebersahajaan, kehangatan, kejujuran dan keanggunan.

Baca juga: Penjelasan Polda Jateng soal Polantas yang Disebut Dorong Pengendara Motor hingga Jatuh

Komentar netizen

Beragam komentar terkait perubahan kembali warna seragam satpam pun ramai di media sosial.

Berikut di antaranya:

"Iya ih masih bagusan juga baju satpam yg dulu, putih biru tua, Pramuka aja warna cokelat tua tapi bajunya bagus tebal," tulis @Oby_siti.

Baca juga: Viral, Video Polisi di Medan Diamuk Warga Usai Diduga Meminta Uang Rp 200 Ribu ke Pengendara Motor

"Jiaaah polri mau ganti warna seragam satpam lagi biar nggak mirip sama seragam polisi, katanya bikin bingung.

padahal bedainnya gampang banget; kalo sopan, ramah, mau bantu apa aja, nggak mintain duit, itu udah pasti satpam. nah kalo selain itu berart," tulis @ikramarki.

“Bring back the old seragam satpam kadang tiap nyetir motor terus lewat jalan gede suka ngeliat seragam cokelat pake rompi ijo udah auto overthinking duluan, kirain polisi lg razia ternyata satpam,” tulis akun @NileTilapio.

“Bapakku yg satpam pdhl udah seneng bgt ganti seragam berasa naik derajat katanya ahahhaha,” tulis akun @peaceymone.

Baca juga: Mengapa Satpam Kini Berseragam Coklat Mirip Polisi?

(Sumber: Kompas.com/Rahel Narda Chaterine, Devina Halim, Ahmad Naufal Dzulfaroh | Editor Bayu Galih, Diamanty Meiliana, Sari Hardiyanto)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi