Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Hanya Minta Makan, Ini Alasan Kucing Menatap Kita Berlama-lama

Baca di App
Lihat Foto
Unplash/Pacto Visual
Kucing menatap manusia sebagai alat untuk berkomunikasi.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Kucing berkomunikasi lewat berbagai cara. Mulai lewat suara meongnya, lewat kibasan ekornya, hingga lewat tatapan matanya.

Semua pemilik kucing pasti pernah merasa terintimidasi dengan tatapan kucing-kucing milik mereka.

Seperti tengah tidur dan terbangun karena merasa ada yang tengah mengamati dan ternyata memang kucing kita tengah menatap tajam dari sudut ruangan sana.

Atau ketika kita tengah memasak dan kucing menatap kita sambil mengeong tanpa henti di bawah kaki kita.

Apa sebenarnya yang kucing mau ketika mereka menatap kita berlama-lama seperti itu? Apakah mereka lapar dan meminta makan? 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Bukan karena Kotor, Kucing Membersihkan Diri dengan Alasan Ini

Alasan kucing menatap kita

Ada banyak alasan mengapa kucing menatap kita tanpa berlama-lama.

Untuk mengetahui alasannya, kita harus melihat bahasa tubuh kucing secara keseluruhan, dari ujung mata hingga ujung ekornya.

1. Kucing tengah bahagia

Ketika kucing menatap kita, perhatikan ekornya. Apakah ekornya berdiri tegak atau santai, atau malah menekuk ke bawah tubuhnya?

Melansir Pet MD, ketika kucing menatap kita dengan gestur tubuh santai dan sekali-kali mengedipkan matanya perlahan, itu tandanya kucing tengah bahagia dan menyatakan rasa sayangnya ke kita dan ingin berdekatan dengan kita.

Jika kucing tidur di dada Anda di pagi hari dengan gestur seperti ini, bisa jadi kucing lapar atau hanya ingin Anda terbangun dan menemani mereka bermain.

Baca juga: Selain Paracetamol, Ini 5 Jenis Obat Manusia yang Bisa Meracuni Kucing

2. Kucing tengah marah

Ketika kucing menatap tajam dengan duduk atau berdiri kaku, telinga sedikit turun, pupil mengecil, dan ekor yang mengibas cepat ke kanan dan ke kiri, itu bisa jadi kucing Anda tengah marah karena terganggu privasinya.

Sebaiknya alihkan perhatian kucing agar kemarahannya tak menjadi-jadi. Anda bisa melemparkan mainan agar kucing mau mengejarnya sehingga kemarahannya teralihkan.

3. Kucing takut

Jika ketika menatap kita kucing menekuk ekornya ke dalam, atau sambil bersembunyi di balik kardus, itu pertanda kucing merasa takut dan terintimidasi oleh kedatangan kita.

Bisa jadi kucing takut karena kita habis melakukan gerakan dan teriakan yang menakutinya. Atau, kucing ketakutan dengan suara-suara dari luar rumah dan dia mengalihkan ketakutannya dengan menatap siapapun yang tengah berdekatan dengan mereka.

Kucing bisa mempelajari trik apa yang paling bisa menarik perhatian pemiliknya atau manusia-manusia lain di sekelilingnya.

Jika dengan menatap sambil berkedip pelan bisa mendapatkan apa yang mereka mau, mereka akan menggunakan terus trik tersebut ketika menginginkan makanan, kudapan, atau teman bermain.

Menatap adalah hal yang kurang sopan di dunia manusia. Tapi di dunia kucing, ini adalah jalan paling mudah untuk berkomunikasi.

Baca juga: Beberapa Bahaya Tidur dengan Kucing dan Cara Mengatasinya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi