Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Menarik tentang Pembuluh Darah Manusia

Baca di App
Lihat Foto
vitalrecord.tamhsc.edu
Ilustrasi pembuluh darah
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Salah satu keajaiban tubuh manusia yang sulit untuk ditiru adalah sistem pembuluh darah.

Sistem pembuluh darah merupakan bagian penting tubuh untuk melawan penyakit dan menjaga homeostasis (suhu yang tepat dan keseimbangan pH).

Fungsi utama pembuluh darah adalah untuk mengangkut darah, nutrisi, gas dan hormon ke dan dari sel-sel ke seluruh tubuh.

Selain itu, pembuluh darah manusia juga menyimpan fakta-fakta menakjubkan yang tak banyak diketahui. Berikut 7 fakta menakjubkan tentang sistem pembuluh darah:

Baca juga: 11 Fakta Unik tentang Tubuh Manusia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1. Panjangnya bisa mengelilingi dunia

Melansir Everyday Health, meskipun pembuluh darah relatif kecil, jaringannya luar biasa panjang.

Jika diletakkan dalam satu garis, panjangnya akan mencapai lebih dari 96.560 kilometer, menurut perhitungan Institut Nasional Penuaan AS (NIA).

Mengingat keliling Bumi adalah sekitar 40.233 km, itu berarti pembuluh darah bisa mengelilingi dunia lebih dari dua kali.

2. Membawa 1 juta barel darah seumur hidup

Darah dalam tubuh manusia terus mengalir tanpa henti. Setiap hari, jantung memompa sekitar 1.800 galon atau sekitar 6.813 liter darah melalui pembuluh darah.

Itu artinya, sistem pembulu darah ini membawa sekitar satu juta barel darah ke seluruh tubuh seumur hidup.

Baca juga: Panjang Pembuluh Darah Manusia 100.000 Km, Setara 2 Kali Keliling Bumi

 

3. Bekerja sebagai tim

Tiga jenis utama pembuluh darah, arteri, vena, dan kapiler semuanya bekerja bersama layaknya sebagai tim.

Ketika jantung berkontraksi, darah dipompa ke arteri yang membawanya menjauh dari jantung.

Arteri terhubung ke pembuluh darah kecil berdinding tipis yang disebut kapiler, sehingga memungkinkan oksigen bergerak dari darah ke sel-sel tubuh. Kemudian vena membawa darah terdeoksigenasi kembali ke jantung.

4. Semua jenis pembuluh darah terpengaruh saat kondisi serius

Kebanyakan orang menyadari adanya kondisi kesehatan yang mengganggu pembuluh darah lebih besar, mulai dari aterosklerosis (pengerasan arties) hingga varises.

Tetapi bahkan kapiler kecil pun dapat terpengaruh. Sindrom kebocoran kapiler adalah penyakit langka di mana dinding pembuluh darah kecil ini bocor, membanjiri jaringan di sekitarnya dengan darah.

Menurut National Institutes of Health, ini dapat menyebabkan pembengkakan parah dan tekanan darah rendah yang berbahaya.

Baca juga: Berapa Banyak Darah dalam Tubuh Manusia?

 

5. Bertindak sebagai medan gaya otak

Pembuluh darah adalah bagian dari sistem pertahanan penting yang dikenal sebagai sawar darah-otak.

Jaringan pembuluh darah dan jaringan yang terdiri dari sel-sel yang berjarak dekat membantu mencegah zat berbahaya mencapai otak.

Penghalang darah-otak memungkinkan beberapa zat penting, seperti air, oksigen, dan karbon dioksida, masuk ke otak, tetapi mencegah bakteri dan zat berbahaya lainnya keluar.

6. Dipengaruhi oleh cuaca

Sistem peredaran darah membantu menjaga suhu tubuh. Pembuluh darah mengembang untuk melepaskan panas, memungkinkan Anda untuk mendinginkan, dan menyempit untuk menghemat panas.

Dalam kasus ekstrim, seperti ketika kaki Anda terkena kondisi yang sangat dingin atau basah untuk waktu yang lama, penyempitan pembuluh darah dapat menutup sirkulasi, sehingga menyebabkan jaringan kulit mati.

Baca juga: Hati-hati, Waktu Makan yang Salah Bisa Menaikkan Tekanan Darah

7. Sel darah harus berubah bentuk saat lewat kapiler

Kapiler merupakan jenis pembuluh darah yang berdiameter rata-rata sekitar 8 mikron atau sepersepuluh diameter rambut manusia.

Sel darah merah berukuran kira-kira sama dengan kapiler yang dilaluinya, sehingga sel-sel ini harus bergerak dalam garis-garis tunggal.

Beberapa kapiler bahkan berdiameter sedikit lebih kecil daripada sel darah, sehingga memaksa sel untuk mengubah bentuknya untuk melewatinya, dikutip dari Live Science.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi