Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan karena Penasaran, Ini Alasan Kucing Selalu Mengikuti Kita

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/Christin Hume
Ada banyak alasan mengapa kucing suka membuntuti kita, salah satunya karena kucing ingin berdekatan dengan kita.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Kucing suka mengikuti langkah kaki kita kemanapun kita pergi, tabiat kucing ini hampir mirip dengan tabiat anjing. 

Kucing memang memiliki hobi membuntuti pemiliknya kemana pun kaki pemiliknya melangkah.

Sambil berjalan mengiringi langkah kaki kita, kucing juga akan menggosok-gosokkan kepala dan tubuhnya ke kaki kita.

Mengapa kucing selalu mengikuti kita?

Kucing membuntuti kita ke dapur dan ke kamar mandi tak hanya dipicu oleh rasa penasaran saja. Ada banyak penyebab mengapa kucing tak pernah bosan mengikuti kita kemana-mana.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Beberapa Kucing Tak Tertarik Berburu Tikus, Ternyata Ini Sebabnya

Berikut ini alasan kucing membuntuti kita:

1. Kucing senang berdekatan dengan kita

Jika kucing senang mengikuti Anda kemana pun Anda melangkah, bisa dipastikan kucing senang dan betah berada di dekat Anda.

Melansir Daily Paw, kebiasaan kucing mengikuti manusia ini karena kucing merasa aman dan senang berada di dekat manusia tersebut. Bisa jadi, kucing sudah jatuh cinta sehingga ingin selalu dekat.

Kebiasaan kucing ini hampir sama dengan kebiasaan manusia yang selalu ingin berdekatan dengan seseorang yang dicintainya.

2. Kucing mencari perhatian

Kucing juga bisa cari perhatian. Jika kita terlalu sibuk dengan pekerjaan rumah dan mengabaikan kucing, maka kucing akan mencari perhatian dengan mengikuti kita kemana-mana dan menggosok-gosokkan tubuhnya ke kaki kita.

Ketika kucing melakukan ini, segera beri perhatian yang mereka inginkan. Dengan cara membelainya atau mengajaknya bermain-main.

Baca juga: Pasir Kucing Habis? Gunakan 4 Bahan Pengganti Pasir Kemasan Ini

3. Tempat yang Anda datangi menarik perhatian

Insting kucing akan tergerak jika terstimulasi bau atau aroma. Nah alasan kucing mengikuti kita ke kamar mandi atau ke dapur bisa jadi karena kedua tempat itu penuh berisi aroma khas yang menarik bagi cuping hidung kucing.

Beberapa aroma membuat mereka betah berdiam berlama-lama. Itu sebabnya kucing betah menemani kita di dalam kamar mandi.

4. Minta makan

Ini adalah alasan yang paling sering dilakukan kucing. Kucing mengikuti kita kemana-mana adalah cara kucing berkomunikasi ke kita kalau mereka lapar dan meminta makan.

Jika kucing tetap mengeong dan mengikuti kaki Anda padahal sudah diberi makan, bisa jadi kucing bosan dengan menu makanan yang ada sehingga Anda perlu mengganti menu makanannya.

5. Kucing tengah sakit

Jika kucing lebih sering mengikuti Anda daripada biasanya, atau tak mau ditinggal sendirian, bisa jadi kucing tengah sakit dan meminta pertolongan dari Anda.

Kucing yang sakit sering menampakkan perilaku yang berbeda. Dan mengikuti Anda kemana pun Anda pergi adalah cara kucing meminta bantuan. Mengingat kucing sering menganggap manusia sebagai induknya yang akan melindungi mereka.

Jadi ketika kucing sering mengikuti langkah kaki kita, cermati dan pelajari apa kemauan mereka. Apakah hanya karena manja, meminta perhatian, meminta makan, atau tengah sakit dan gelisah.

Baca juga: Bukan Hanya Minta Makan, Ini Alasan Kucing Menatap Kita Berlama-lama

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi