Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Tombol "Upvote" dan "Downvote" di Twitter, Ini Cara Pakainya

Baca di App
Lihat Foto
Twitter
Twitter Upvote dan Downvote
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Bagi sebagian pemilik akun Twitter ada tampilan berbeda dalam timeline Twitter akhir-akhir ini. 

Ya, ada dua tombol tambahan selain komentar, re-tweet, dan like di kolom status pengguna, yaitu fitur downvote dan upvote. 

Hal itu setelah twiiter memulai menguji coba secara global fitur 'downvote' yang sebelumnya sudah mereka mulai uji beberapa bulan yang lalu.

Baca juga: Heboh Muncul Pemberitahuan WhatsApp di Status Pengguna, Ada Apa?

Berbeda dengan dislike YouTube

Twitter melalui akun resminya memastikan bahwa uji coba tersebut akan membantu memahami tipe replies (balasan) yang menurut pengguna relevan dengan percakapan yang tengah terjadi, sehingga pihak Twitter bisa menampilkan lebih banyak reply semacam itu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Downvote memiliki kemiripan seperti fitur dislike pada Youtube, namun bedanya tidak menampilkan berapa jumlah downvote di twit-nya.

"Downvote yang Anda berikan tidak akan ditampilkan ke publik, sedangkan upvote akan muncul sebagai like," cuit Twitter.

Melansir slashgear.com, meskipun tombol downvote sudah diterapkan secara global, namun tidak ada perubahan berarti tentang cara kerjanya.

Jumlah downvote tidak akan dipublikasikan, jadi tidak ada yang benar-benar akan tahu berapa banyak posting Twitter tertentu yang telah di-downvote.

Baca juga: Twitter Uji Coba Tombol Upvote dan Downvote untuk Balasan Twit

 

Alasan setuju Downvote

Twitter Safety mengatakan bahwa "mayoritas" pengguna mengatakan alasan mereka menolak replies spesifik karena balasan itu dianggap menyinggung, tidak relevan dengan topik yang ada, atau keduanya.

Twitter mengungkapakan bahwa downvote dalam percobaannya sering digunakan pengguna untuk menandai konten yang tidak ingin mereka lihat.

Selain itu, sekelompok orang yang menjadi penguji tampak setuju bahwa downvote meningkatkan kualitas percakapan di twitter, itulah sebabnya pihak Twitter melanjutkan uji coba secara global.

Downvotes dapat membantu menenggelamkan replies yang tidak membantu atau menyinggung, tetapi tanpa pembacaan publik mengetahui.

Namun untuk saat ini, pengguna mesti bersabar untuk merasakan implementasi tombol downvote di seluruh platform Twitter, baik itu di web, iOS, maupun Android.

Baca juga: Ramai soal Twitter yang Sering Tiba-tiba Kembali ke Postingan Awal, Apa Penyebabnya?

Kritik soal downvote

Melansir usatoday.com, tidak semua orang meyakini fitur ini akan digunakan sebagaimana mestinya.

Beberapa pengguna mengungkapkan bahwa memungkinkan untuk downvote masal, hal ini berpotensi untuk membungkam kelompok-kelompok yang terpinggirkan seperti orang transgender.

Sebagian pihak memberikan respons sarkastik pada langkah terbaru yang diambil Twitter untuk memerangi ujaran kebencian di platformnya, yang selama ini telah berulangkali menuai kritik

Fitur Twitter lainnya

Downvote bukan satu-satunya peluncuran Twitter minggu ini. Pada hari Rabu (2/2/2022), Twitter mengumumkan semua pengguna web dan Android secara global akan dapat menambahkan peringatan satu kali ke foto dan video, bersama dengan beberapa pengguna iOS.

Beberapa pengguna iOS sekarang akan melihat ikon DM di tweet, hal ini untuk membantu mereka membalas langsung ke penulis.

Dan di Brasil, Twitter memperkenalkan fitur eksperimental yang mendorong pengguna untuk mempertimbangkan kembali balasan menggunakan bahasa berbahaya.

Perusahaan mengklaim bahwa pengguna mengubah atau menghapus replies hampir tiga kali setiap waktu.

Baca juga: Waspada, Sindikat Lowongan Kerja Palsu Catut Dinas Pendidikan Malang, Bandung hingga Batam

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi