Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Tanda Jantung Tidak Sehat: Dada Sesak, Pusing hingga Mudah Lelah

Baca di App
Lihat Foto
Dok. iStockPhoto
Ilustrasi jantung.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Tanda-tanda jantung tidak sehat atau penyakit jantung perlu Anda waspadai. Sebab datangnya serangan jantung biasanya tiba-tiba dan tidak disadari.

Tidak semua masalah jantung datang dengan tanda peringatan yang jelas. Tidak selalu penyakit jantung diikuti dengan jatuh ke lantai seperti yang Anda lihat di film.

Beberapa gejala masalah jantung bahkan tidak terjadi di dada Anda, dan tidak selalu mudah untuk mengetahui apa yang terjadi.

Baca juga: Anak Nurul Arifin Meninggal, Ini Risiko Penyakit Jantung di Usia Muda

Direktur Laboratorium Kateterisasi Jantung di Penn State Hershey Heart and Vascular Institute Charles Chambers mengatakan, jika Anda ragu dan mungkin memiliki tanda-tanda masalah jantung sebaiknya segera diperiksa.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juru bicara American Heart Association Vincent Bufalino menyebut, terutama apabila gejala tersebut disertai beberapa faktor risiko seperti:

"Semakin banyak faktor risiko yang Anda miliki, semakin Anda harus khawatir tentang apa pun yang mungkin berhubungan dengan jantung," kata Vincent dikutip dari WebMD.

Berikut ini tanda-tanda jantung tidak sehat, sehingga Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter:

1. Sakit atau nyeri dada

Ini adalah tanda bahaya jantung yang paling umum. Jika Anda memiliki arteri yang tersumbat atau mengalami serangan jantung, Anda mungkin merasakan sakit, sesak, atau tekanan di dada Anda.

"Rasanya bisa berbeda-beda. Beberapa orang mengatakan itu seperti gajah sedang duduk di atasnya. Orang lain mengatakan itu seperti dicubit atau terbakar," kata Chambers.

Perasaan itu biasanya berlangsung lebih lama dari beberapa menit. Ini mungkin terjadi ketika Anda sedang istirahat atau ketika Anda sedang melakukan kegiatan fisik.

Juga, perlu diingat bahwa Anda dapat mengalami masalah atau serangan jantung tanpa nyeri dada. Itu sangat umum di kalangan wanita.

Baca juga: 8 Manfaat Kelapa untuk Kesehatan, Mengurangi Lemak Perut, Cegah Penyakit Jantung hingga Diabetes

 

2. Mual, gangguan pencernaan, mulas, atau sakit perut

Beberapa orang memiliki gejala ini selama serangan jantung. Mereka bahkan mungkin muntah, kata Chambers.

Wanita lebih mungkin melaporkan jenis gejala ini daripada pria.

Tentu saja, Anda dapat mengalami sakit perut karena berbagai alasan yang tidak ada hubungannya dengan jantung Anda.

Bagaimanapun, itu bisa saja sesuatu yang Anda makan. Tetapi Anda perlu menyadari bahwa itu juga bisa terjadi selama serangan jantung.

Jadi, jika Anda merasa seperti ini dan Anda berisiko mengalami masalah jantung, biarkan dokter mencari tahu apa yang terjadi, terutama jika Anda juga memiliki gejala lain dalam daftar ini.

Baca juga: Diduga Serangan Jantung, Pengemudi Taksi Online Meninggal Dalam Mobil

3. Nyeri yang menyebar ke lengan

Gejala serangan jantung klasik lainnya adalah rasa sakit yang menjalar ke sisi kiri tubuh.

"Hampir selalu dimulai dari dada dan bergerak ke luar," kata Chambers.

"Tetapi saya memiliki beberapa pasien yang terutama mengalami nyeri lengan yang ternyata merupakan serangan jantung," ungkap dia.

4. Pusing

Jika Anda tiba-tiba merasa pusing dan Anda juga mengalami sakit atau nyeri dada atau sesak napas, segera hubungi dokter.

"Itu bisa berarti tekanan darah Anda turun karena jantung Anda tidak mampu memompa sebagaimana mestinya," kata Bufalino.

5. Sakit tenggorokan atau rahang

Sakit tenggorokan atau rahang mungkin tidak berhubungan dengan jantung. Kemungkinan besar, ini disebabkan oleh masalah otot, pilek, atau masalah sinus.

Tetapi jika Anda mengalami rasa sakit atau tekanan di bagian tengah dada yang menyebar ke tenggorokan atau rahang, itu bisa menjadi tanda serangan jantung.

Baca juga: Mengenal Penyakit Jantung: Gejala, Faktor Risiko, dan Pencegahannya...

 

6. Mudah lelah

Jika Anda tiba-tiba merasa lelah atau lelah setelah melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak bermasalah, seperti menaiki tangga atau membawa barang belanjaan dari mobil, segera memeriksakan diri ke dokter.

"Jenis perubahan signifikan ini lebih penting bagi kami daripada setiap rasa sakit dan nyeri kecil yang mungkin Anda rasakan," kata Bufalino.

Kelelahan yang ekstrem atau kelemahan yang tidak dapat dijelaskan, terkadang selama berhari-hari, bisa menjadi gejala penyakit jantung, terutama bagi wanita.

7. Mendengkur

Mendengkur keras yang terdengar seperti terengah-engah atau tersedak bisa menjadi tanda sleep apnea.

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang berpotensi serius di mana pernapasan berulang kali berhenti dan berlanjut berulang kali.

Saat itulah Anda berhenti bernapas untuk saat-saat singkat beberapa kali di malam hari saat Anda masih tidur. Ini memberi tekanan ekstra pada jantung Anda.

Dokter Anda dapat memeriksa apakah Anda memerlukan studi tidur untuk melihat apakah Anda memiliki kondisi ini.

Jika ya, Anda mungkin memerlukan mesin CPAP untuk memperlancar pernapasan saat Anda tidur.

8. Keringat dingin

Berkeringat dingin tanpa alasan yang jelas bisa menandakan serangan jantung.

Jika ini terjadi bersamaan dengan gejala lain ini segera pergi ke rumah sakit. Jangan mencoba mengemudi sendiri.

9. Batuk tidak berhenti

Dalam kebanyakan kasus, ini bukan tanda masalah jantung. Tetapi jika Anda memiliki penyakit jantung atau tahu Anda berisiko, berikan perhatian khusus pada kemungkinannya.

Jika Anda mengalami batuk berkepanjangan yang menghasilkan lendir berwarna putih atau merah muda, itu bisa menjadi tanda gagal jantung.

Ini terjadi ketika jantung tidak dapat memenuhi tuntutan tubuh, menyebabkan darah bocor kembali ke paru-paru.

Baca juga: 4 Cara yang Harus Dilakukan untuk Cegah Penyakit Jantung

 

10. Pergelangan kaki bengkak

Ini bisa menjadi tanda bahwa jantung Anda tidak memompa darah seefektif yang seharusnya.

Ketika jantung tidak dapat memompa cukup cepat, darah kembali ke pembuluh darah dan menyebabkan kembung .

Gagal jantung juga dapat mempersulit ginjal untuk mengeluarkan air dan natrium ekstra dari tubuh, yang dapat menyebabkan kembung.

11. Detak jantung tidak teratur

Itu normal bagi jantung Anda untuk berpacu ketika Anda gugup atau bersemangat atau melompat atau menambah detak sesekali.

Tetapi jika Anda merasa jantung Anda berdetak lebih dari beberapa detik, atau jika itu sering terjadi, beri tahu dokter Anda.

"Dalam kebanyakan kasus, ini disebabkan oleh sesuatu yang mudah diperbaiki, seperti terlalu banyak kafein atau kurang tidur," kata Bufalino.

Tapi kadang-kadang, itu bisa menandakan suatu kondisi yang disebut fibrilasi atrium yang membutuhkan perawatan. Jadi mintalah dokter Anda untuk memeriksanya.

Nah, itulah tanda-tanda masalah jantung tidak sehat atau gejala penyakit jantung yang perlu diwaspadai.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: 5 Makanan yang Bisa Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi