Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan
Bergabung sejak: 24 Mar 2020

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Tiga Spider-Man Tiga Jaman

Baca di App
Lihat Foto
SONY PICTURES via BBC INDONESIA
Film 'Spider-Man: No Way Home'.
Editor: Sandro Gatra

MELUNCURKAN film pada masa pandemi lazimnya dianggap stupid. Maka peluncuran Spider-Man: No Way Home sebagai lanjutan Spider-Man: Far From Home tanpa disertai optimisme menggebu.

Namun ternyata film ke 27 dari serial Marvel Cinematic Universe itu secara tidak lazim menepis segenap praduga serba pesimis.

Laris manis

Pergelaran Perdana Spider-Man: No Way Home diselenggarakan pada tanggal 13 Desember 2021, di Fox Village Theater, Los Angeles, Amerika Serikat.

SMNWH dibanjiri komentar positif memuji alur kisah, bobot emosional, kesutradaraan, sekuensa action, musik, teknik visual serta chemistry para pemeran.

SMNWH mengungguli para pendahulunya sebagai film terlaris-manis yang pernah dirilis Sony Pictures di samping menjadi film terlaris sepanjang tahun 2021.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahkan juga film terlaris urutan ke enam sepanjang masa sejarah perfilman dunia di bawah nomor 5: Avengers Infinity War, nomor 4: Star Wars The Force Awakens, nomor 3: Titanic, nomor 2: Avengers End Game, dan nomor wahid: Avatar.

Seru

Terlepas dari kesuksesan Box Ofice yang bisa direkayasa dengan jurus How To Lie With Statistics, harus diakui bahwa film SMNWH digarap secara seru oleh sutradara Jon Watts.

Alur kisah film dipadati adegan action perlagaan heboh dahsyat dengan teknik sinematik termutakhir tanpa meninggalkan humor mau pun sentuhan iptek dengan bobot khayalan kredibel maka meyakinkan.

Menarik bahwa kali ini Spider-Man didukung secara tidak terlalu serius oleh DR Strange untuk strangely simpang-siur bermain maju-mundur dengan dimensi waktu seirama senada dengan Avengers: Endgame mau pun trilogi Back To The future.

Jika di dalam Far From Home, Spider-Man dikecoh Mysterio mempermainkan multiverse dengan teknologi holografi, maka di dalam No Way Home, tiga Spider-Man dari tiga jaman bermain-main dengan dimensi waktu asyik mengarungi jalur metaverse. (Mohon dimaafkan saya sengaja tidak menggunakan istilah Men tetapi Man sebagai sebutan untuk tiga Spider Man yang secara gramatis seharusnya Men)

Keren

Alhasil para tokoh antagonis dari film-film Spider terdahulu kembali muncul menyemarakkan suasana.

Bahkan sang tokoh utama protagonis Tom Holland sebagai pemeran Spider-Man yang bergabung dengan Avengers kini didampingi oleh dua pemeran Spider-Man terdahulu, yaitu Tobey Maguire dan Andrew Garfield.

Maka dalam lelakon Spider-Man No Way Home tampil sekaligus tiga Spider-Man dari tiga jaman bersatupadu bergotong-royong rame-rame melawan angkara murka Green Goblin, Sandmann, Electro, Lizard, Doctor Octopus.

Semua perpaduan serba amazing & awesome itu membuat film Spider-Man No Way Home memang keren maka seru untuk ditonton!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi