Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi KRI Dewaruci, Kapal Layar Latih Legendaris yang Lahirkan Orang-orang Besar TNI AL

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO
Personil KRI Dewaruci bermain bola saat kapal sandar di Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (21/1/2021). KRI Dewaruci adalah kapal pelatihan bagi taruna/kadet Akademi Angkatan Laut, TNI Angkatan Laut. Sejak tahun 1953 memperkuat jajaran TNI AL dan telah berlayar keliling dunia.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Salah satu kapal layar latih milik TNI AL, yakni KRI Dewaruci yang sudah pensiun layar keliling dunia, memasuki usia yang ke-69 tahun pada 24 Januari 2022.

KRI Dewaruci menjadi duta samudera dan maritim Indonesia selama puluhan tahun, dan telah melahirkan banyak pelaut andal TNI AL.

Semua kepala staf TNI AL setelah dasawarsa 1950-an bisa dibilang "terlahir" dari kapal layar tiang tinggi dengan motto Hree Dharma Shanti atau Malu Berlaku Cela itu.

Baca juga: Spesifikasi Tank Boat Antasena, Siap Menjaga Kedaulatan Perairan NKRI

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantas, seperti apa spesifikasi KRI Dewaruci?

Spesifikasi KRI Dewaruci

Dilansir dari kominfo.jatimprov.go.id, KRI Dewaruci memiliki spesifikasi di antaranya, 3 tiang utama (Bima, Arjuna, Yudhistira), 16 layar, dan memiliki panjang kapal 58,30 meter dan lebar 9,5 meter.

KRI Dewaruci dalam sejarahnya telah melaksanakan tugas operasi sebanyak 55 kali dan telah berhasil 2 kali keliling dunia pada 1964 dan 2012.

Selain itu, KRI Dewaruci juga telah menorehkan prestasi selama muhibah ke luar negeri, salah satunya meraih Cutty Shark Thropy saat mengikuti Tall Ship Race di Australia pada 1998.

KRI Dewaruci adalah kapal layar TNI AL yang berfungsi sebagai kapal latih bagi Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) dalam pembentukan dan pembinaan mental serta karakter.

Baca juga: Spesifikasi Pesawat Latih Tempur TNI AU T-50i Golden Eagle dari Korea Selatan

KRI Dewaruci merupakan kapal layar kelas Barquentine yang pembangunannya dimulai pada 1952 oleh galangan HC. Stulken & Sohn, Hamburg, Jerman.

Kapal ini pertama kali diluncurkan pada 1953, kemudian diseberangkan ke Indonesia oleh Komandan KRI Dewaruci pertama, yaitu Kapten Alfred H. Rosenow bersama personel Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI), sekarang TNI AL, sebagai pengawaknya.

Selanjutnya, pada 2 Oktober 1953, KRI Dewaruci diserahterimakan kepada ALRI dan mulai bertugas sebagai kapal layar latih TNI AL.

Kini, KRI Dewaruci pada tugas-tugasnya tidak lagi berlayar ke luar negeri dan hanya akan melakukan pelayaran di dalam negeri saja.

Baca juga: Spesifikasi Rantis Komodo 4x4 Buatan Pindad, Dioperasikan PBB untuk Misi Penjaga Perdamaian

Baca juga: Spesifikasi Helikopter Bell 505 Asal Kanada, Digunakan TNI AL untuk Kualifikasi Penerbang

KRI Dewaruci lahirkan orang-orang besar di TNI AL

Dilansir dari laman Antara, 14 Maret 2020, KRI Dewaruci yang memiliki bobot mati 847 ton ini merupakan satu-satunya kapal layar tiang tinggi di kelas Barkentin tiga tiang produk galangan kapal Stulcken & Sohns dari tiga kapal kembarannya yang pernah diproduksi.

Adapun galangan kapal Stulcken & Sohns di Hamburg itu sudah tidak ada lagi.

KRI Dewaruci pernah "pulang kampung" pada 2003, ke seberang lokasi galangan kapal di mana dia dibangun dalam pelayaran sejauh 28.860 mil laut saat acara puncak di Rouen, Provinsi Normandy, Perancis, yaitu L'Armada Rouen pada 2003.

KRI Dewaruci menjadi duta samudera dan duta maritim Indonesia selama puluhan tahun, dan telah melahirkan ribuan pelaut TNI AL.

Baca juga: Spesifikasi Sniper SPR 2 Buatan Pindad, Bisa Menembus Baja dari Jarak 900 Meter

Diberitakan Kompas.id, 15 September 2019, KRI Dewaruci juga telah melahirkan orang-orang besar di TNI AL.

Mantan KSAL Laksamana Soebiakto pernah menjadi komandan KRI Dewaruci. Demikian pula Laksamana Madya Soesatyo Mardhi, mantan Panglima Armada RI Laksamana Madya Rudy Purwana, mantan Pangdaeral IV Laksamana Madya Soeparno, hingga mantan Kepala Staf Armada RI Laksamana Pertama JH Salu.

"Ada semacam janji tidak tertulis di Dewaruci," ujar salah seorang perwira laut.

Mereka yang berhasil di KRI Dewaruci umumnya punya masa depan gemilang. "Dewaruci" sendiri adalah tokoh dunia pewayangan pengajar keberanian dan kebijakan untuk kebenaran.

Baca juga: Spesifikasi Kapal Cepat Rudal KRI Kapak-625 Buatan PT PAL, Dibekali Persenjataan Canggih

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi