Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Jet Tempur F-15 yang Berpotensi Dijual AS ke Indonesia: Sistem Radar hingga Senjatanya

Baca di App
Lihat Foto
1st Fighter Wing Public Affairs
Pesawat tenpur F-15 milik Skadron Udara 1 AU AS.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menyetujui penjualan 36 unit jet tempur F-15ID beserta dukungan peralatannya kepada Indonesia dengan nilai 13,9 miliar dollar AS atau setara Rp 199 triliun lebih.

AS mengumumkan persetujuan penjualan 36 unit F-15 dilakukan pada hari yang sama ketika Indonesia resmi membeli enam jet Dassault Rafale asal Perancis, Kamis (10/2/2022).

Mengutip siaran pers Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS, Indonesia disebut telah meminta 36 jet F-15.

"Paket itu akan mencakup 36 jet, mesin cadangan, radar, pelatihan kacamata penglihatan malam dan dukungan teknis," kata Pentagon, dikutip dari Reuters, Jumat (11/2/2022).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nantinya, Boeing menjadi kontraktor utama untuk jet F-15. Kendati telah mengumumkan potensi penjualan 36 F-15ID ke Indonesia, keputusan tersebut bukan berarti negosiasi telah rampung.

"Meskipun disetujui oleh Departemen Luar Negeri, pemberitahuan tersebut tidak menunjukkan bahwa sebuah kontrak telah ditandatangani atau bahwa negosiasi telah selesai," tulis Reuters.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi Jet Tempur Sukhoi Su-27 dan Su-30

Lantas, seperti apa spesifikasi jet tempur F-15?

Spesifikasi F-15

Dilansir dari Air Force Military, jet tempur F-15 disebut memiliki keunggulan udara yang dicapai melalui perpaduan kemampuan manuver dan akselerasi, jangkauan, senjata, dan avionik.

F-15 dibekali sistem elektronik dan persenjataan untuk mendeteksi, memperoleh, melacak, serta menyerang pesawat lain saat beroperasi di wilayah udara yang dikendalikan musuh.

Senjata dan sistem kontrol penerbangan dirancang agar pertempuran udara-ke-udara yang efektif dapat dilakukan meski hanya dengan satu orang awak.

Baca juga: Sederet Alutsista Andalan TNI: Jet Tempur, Tank, hingga Peluncur Roket


Adanya sistem avionik multi-misi disebut menjadi salah satu keunggulan F-15 dan membedakan dari pesawat tempur lainnya.

Sistem tersebut meliputi tampilan head-up, radar canggih, sistem navigasi inersia, instrumen penerbangan, komunikasi frekuensi ultra tinggi, sistem navigasi taktis dan sistem pendaratan instrumen.

Selain itu, F-15 juga memiliki sistem perang elektronik taktis yang dipasang secara internal, sistem "identifikasi teman atau musuh", perangkat penanggulangan elektronik, dan komputer digital pusat.

Baca juga: Spesifikasi KRI Dewaruci, Kapal Layar Latih Legendaris yang Lahirkan Orang-orang Besar TNI AL

Sistem radar jet tempur F-15

Kemudian sistem radar pulse-Doppler F-15 yang serbaguna dapat melihat ke atas untuk memantau target yang terbang tinggi dan ke bawah untuk memantau target terbang rendah tanpa terganggu kondisi di daratan.

Jet tempur F-15 juga dapat mendeteksi dan melacak pesawat serta target kecil berkecepatan tinggi pada jarak di luar jangkauan visual.

Radar memasukkan informasi target ke komputer pusat dan memproyeksikannya pada tampilan head-up, termasuk informasi jenis pesawat musuh.

Sistem elektronik F-15 disebut dapat memberikan peringatan ancaman dan penanggulangan otomatis terhadap ancaman tertentu.

Baca juga: Mengenal Pesawat Airbus A400M, Diandalkan untuk Terjun Payung dan Transportasi Kargo Berat

Berbagai persenjataan udara-ke-udara dapat dibawa oleh F-15.

Sistem senjata otomatis memungkinkan pilot untuk melakukan pertempuran udara dengan aman dan efektif, menggunakan head-up display dan avionik serta kontrol senjata yang terletak di throttle engine atau control stick.

Saat pilot berganti dari satu sistem senjata ke sistem senjata lainnya, panduan visual untuk senjata yang diperlukan secara otomatis muncul di tampilan kepala.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Jet Tempur Rafale Perancis yang Akan Dibeli Indonesia

Komposisi persenjataan F-15

Dilansir dari laman Boeing, jet tempur F-15 memiliki panjang 19,45 meter, tinggi 5,65 meter, dan bentang sayap 13,05 meter.

F-15 memiliki berat 20,41 ton dengan kapasitas beban maksimum saat lepas landas 36,70 ton.

Lebih lanjut, F-15 mampu terbang dengan kecepatan maksimal 3.017 kilometer per jam dengan ketinggian maksimal 19.812 meter.

F-15 memiliki komposisi persenjataan yang berbeda tergantung jenisnya.

Baca juga: Profil Susi Air dan Insiden Pengusiran Pesawat dari Hanggar Malinau

Model F-15A/B/C/D untuk misi pertempuran udara-ke-udara dibekali meriam 20 milimeter, rudal AIM-120 (AMRAAM), rudal AIM-9 (Sidewinder), dan rudal AIM-7 (Sparrow)

Sementara itu, F-15E untuk misi udara-ke-darat dibekali amunisi berpemandu serta berbagai rudal dan bom. Selanjutnya, F-15E untuk misi udara-ke-udara dibekali dengan meriam dan 8 rudal jarak dekat dan menengah.

Lalu yang terakhir, model Advanced F-15 dibekali dengan 12 rudal udara-ke-udara dan 24 amunisi udara-ke-darat.

Baca juga: Spesifikasi F-16 Viper, Jet Tempur dengan Sistem Peperangan Canggih

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi