Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TREN] Galaksi Alcyoneus yang Membingungkan Ilmuwan | Kandidat Non Partai Kepala Otorita IKN

Baca di App
Lihat Foto
Screenshoot
Berita terpopuler Tren, Rabu (23/2/2022), dari Galaksi Alcyoneus hingga cara membuat BPJS untuk janin belum lahir.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Sederet pemberitaan menarik menghiasi kanal Tren sepanjang Rabu (23/2/2022).

Pemberitaan mengenai penemuan galaksi terbesar yaitu galaksi Alcyoneus, mendominasi laman Tren.

Kemudian menyoal panduan cara pendaftaran BPJS Kesehatan juga menarik banyak minat pembaca. Hal ini karena BPJS akan dijadikan syarat jual beli tanah, pembuatan SIM, hingga syarat ibadah umrah.

Segala tentang BPJS tengah menarik minat masyarakat, termasuk panduan mendaftarkan bayi yang masih dalam kandungan ke BPJS Kesehatan.

Berikut ini adalah berita terpopuler di laman Tren sepanjang Rabu (23/2/2022) hingga Kamis (24/2/2022) pagi:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1. Galaksi Alcyoneus, galaksi terbesar yang membingungkan ilmuwan

Ilmuwan bingung dengan ditemukannya Alcyoneus, karena ilmuwan belum mengetahui alasan mengapa galaksi tersebut bisa begitu besar.

Galaksi Alcyoneus diperkirakan memiliki lebar sekitar 16,3 juta tahun cahaya dan diameter 160 kali lebih lebar dari Bima Sakti, galaksi yang ditinggali manusia.

Dikutip BBC, 19 Februari 2022, letak Alcyoneous berjarak 3 miliar tahun cahaya dari Bumi. Jadi meski berukuran besar, galaksi ini hanya bisa dilihat menggunakan peralatan khusus.

Raksasa yang baru ditemukan ini adalah jenis galaksi radio. Artinya, galaksi itu memiliki lubang hitam supermasif di tengahnya yang berkemampuan menarik materi, cahaya, gas, dan energi ke arahnya, melahap dan memuntahkannya kembali.

Ilmuwan menemukan galaksi ini melalui gelombang radio. Para ilmuwan mencari melalui data yang dikumpulkan oleh sesuatu yang disebut Low Frequency Array (LOFAR).

Galaksi Alcyoneus, Galaksi Terbesar yang Ditemukan, Membuat Ilmuwan Bingung

2. Cara daftar BPJS untuk syarat jual beli tanah

Presiden Jokowi sudah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Beberapa hal yang diintruksikan presiden adalah meminta agar kementerian dan lembaga terkait untuk menjadikan kepesertaan BPJS Kesehatan sebagai syarat wajib bagi masyarakat yang ingin mengakses fasilitas publik.

Salah satunya, yakni terkait dengan jual beli tanah yang wajib melampirkan bukti kepesertaan BPJS Kesehatan.

Untuk mendaftar BPJS Kesehatan mandiri masyarakat bisa menyiapkan fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi halaman pertama buku tabungan, formulir surat kuasa autodebet pembayaran iuran BPJS Kesehatan bermeterai Rp 10.000 yang ditanda tangani pemilik rekening yang bersangkutan, surat kuasa wajib ditandatangani oleh pemilik rekening walaupun calon peserta yang mendaftar bukan pemilik rekening, fotokopi paspor, juga surat izin kerja yang diterbitkan instansi berwenang bagi Warga Negara Asing (WNA).

Panduan mendaftar BPJS Kesehatan selangkapnya bisa dibaca di artikel ini:

Cara Daftar BPJS Kesehatan yang Akan Jadi Syarat Jual Beli Tanah, Umrah-Haji, hingga Buat SIM 

3. Cara bayar pajak kendaraan secara online

Demi memudahkan masyarakat, kini membayar pajak kendaraan bermotor bisa dilakukan secara online.

Korlantas Polri telah mengeluarkan aplikasi Signal (Samsat Digital Nasional) yang dapat digunakan untuk melakukan kewajiban membayar pajak secara online.

Aplikasi Signal khusus dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus pembayaran pajak mobil dan motor. Selain itu, aplikasi ini juga diluncurkan di masa pandemi agar masyarakat bisa mengurangi aktivitas fisik tatap muka. 

Aplikasi Signal tersedia di Play Store untuk ponsel Android dan App Store untuk ponsel iPhone.

Untuk menggunakan aplikasi Signal Anda perlu mendaftar terlebih dahulu, dengan cara pilih opsi daftar akun lalu masukkan data diri dengan lengkap.

Langkah selanjutnya untuk mendaftar akun di Signal dan membayar pajak melalui online bisa disimak dalam artikel berikut:

Cara Mudah Bayar Pajak Kendaraan secara Online Melalui Aplikasi Signal

4. Tiga kandidat Kepala Otorita IKN dari non partai

Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan  bocoran terkait calon pemimpin yang akan menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kendati tidak menyebutkan nama, namun Jokowi menyebut bahwa calon Kepala Otorita IKN ini akan datang dari kalangan non-partai politik.

"Kepala Otorita IKN akan dijabat oleh seseorang dari kalangan non-partai politik," kata Jokowi, melalui unggahan di akun Instagram-nya, @jokowi, Selasa (22/2/2022).

Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) rencananya akan dilantik dalam waktu dekat. Pelantikan bisa saja dilakukan pada minggu-minggu yang akan datang. "Ya mungkin ini minggu-minggu depan sudah kita lantik," ujar Jokowi, dikutip dari Kompas.com, Selasa (22/2/2022).

Nama yang sempat mencuat adalah mantan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, mantan Direktur Utama Wijaya Karya (WIKA) Tumiyana, mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Annas, hingga mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). 

Kepala Otorita IKN dari Non-partai, Ini 3 Kandidat yang Berpotensi

5. Cara daftar BPJS Kesehatan untuk bayi dalam kandungan

Bayi yang belum lahir alias masih dalam kandungan juga bisa mendapatkan jaminan kesehatan.

Masyarakat bisa mendapatkan jaminan kesehatan bagi calon anaknya ini dengan mendaftarkan bayi yang masih dalam kandungan ke dalam kepesertaan BPJS Kesehatan.

Khusus untuk ibu hamil yang berusia 7-8 bulan, dan kebetulan sudah menjadi peserta BPJS Mandiri dan bukan peserta BPJS Kesehatan yang ditanggung oleh perusahaan, bisa secara langsung mendaftarkan bayi yang masih dalam kandungannya sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Keuntungan dari kepersertaan ini sangat banyak. Salah satunya adalah, nanti semua biaya perawatan bayi pasca melahirkan akan ditanggung oleh BPJS. 

Mengenai syarat dan panduan lengkapnya bisa dibaca di artikel berikut:

Baca juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk Bayi yang Masih dalam Kandungan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi